BERANDA » KESEHATAN » Makanan untuk melancarkan haid yang tidak teratur

Makanan untuk melancarkan haid yang tidak teratur

| LuviZhea Chandra

Makanan untuk melancarkan siklus menstruasiSebagian besar wanita mengalami masalah menstruasi (haid) yang tidak teratur. Ini biasanya terjadi ketika mereka memasuki tahap awal menstruasi (Menarche) dan masa menjelang menopause (Perimenopause). Apabila haid yang tidak teratur terjadi diluar masa tersebut, bisa jadi itu karena faktor medis seperti gangguan Kelenjar Tiroid ataupun gangguan pada organ reproduksi wanita seperti halnya Sindrom Ovarium Polikistik, Kista atau Mioma.

Selain itu, haid tidak teratur bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti faktor berat badan (obesitas atau terlalu kurus), kurangnya asupan nutrisi akibat diet ketat, emosional (stres atau depresi), terlalu capek, efek samping dari penggunaan kontrasepsi hormonal, atau yang paling umum adalah karena memasuki masa awal kehamilan atau ketika masa menyusui.

Dari semua faktor penyebab haid tidak teratur tersebut, cara mengatasinya telah dibahas pada artikel yang telah Luvizhea.com bahas sebelumnya. Lengkapnya, silahkan baca: Cara mengatasi haid (menstruasi) tidak teratur sesuai penyebabnya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang makanan atau ramuan alami yang dapat melancarkan haid. Sehingga bisa melengkapi dari solusi dalam mengatasi permasalahan haid yang tidak teratur yang mungkin saat ini sedang Anda alami.

Perbanyak minum air putih untuk melancarkan haid

Minum air putih minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air perhari bermanfaat untuk kesehatan dan kelancaran metabolisme dalam tubuh, sehingga memperlancar peredaran darah serta proses detoksifikasi (pembuangan racun) dari dalam tubuh. Dengan minum air putih yang cukup setiap harinya, tubuh kita tidak akan kekurangan cairan (mengalami dehidrasi). Seperti kita ketahui, dehidrasi dapat menyebabkan stres ringan dan mengganggu keseimbangan hormon sehingga menyebabkan haid menjadi tidak teratur.

Konsumsi buah Pepaya untuk melancarkan haid

Buah pepaya selain bagus dalam melancarkan Buang Air Besar atau mengatasi Sembelit, juga dikenal baik dalam melancarkan haid yang tidak teratur. Caranya dengan meminum jus pepaya selama seminggu sebelum datang bulan atau mengkonsumsi buahnya secara langsung sebanyak 150 gram setiap hari. Untuk menghilangkan nyeri haid, Anda bisa memanfaatkan daun pepaya. Siapkan beberapa lembar daun pepaya kemudian cuci bersih. Setelah itu rebus bersama air hingga mendidih dicampur asam jawa dan garam secukupnya. Minum ramuan ini selagi hangat. Niscaya nyeri haid yang Anda alami akan berangsur membaik.

Konsumsi Pare (Labu Pahit) untuk melancarkan haid

Walaupun pahit, dari dulu sayur pare atau buah labu pahit ini dikenal bermanfaat dalam mengatasi berbagai keluhan medis seperti gejala cacingan, Diabetes, dan masalah kesehatan lain sebagainya. Khasiat pare kini semakin lengkap dengan kemampuannya untuk melancarkan haid serta mengatasi nyeri ketika sedang haid. Caranya adalah dengan mengkonsumsi sayur pare baik itu ditumis, dikukus untuk sebagai lalapan atau dibuat jus pare.

Konsumsi Jus Wortel untuk melancarkan haid

Wortel juga termasuk dari kategori sayur atau umbi-umbian yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya melancarkan haid yang tidak teratur. Caranya adalah dengan menyiapkan 250 gram Wortel, lalu bersikan dan potong kecil-kecil. Tambahkan sedikit air matang lalu blender hingga halus (menjadi jus). Rajinlah minum jus Wortel ini minimal 2 kali sehari mulai seminggu sebelum haid datang. Dengan begitu, siklus haid Anda akan kembali normal, serta sekaligus ini dapat mengurangi nyeri haid yang mungkin timbul.

Konsumsi Jus Lidah Buaya untuk melancarkan haid

Banyak sekali senyawa yang terdapat di dalam tanaman Lidah Buaya. Hampir semua jenis vitamin dikandung di dalamnya, termasuk enzim anti peradangan dan 20 jenis asam amino. Untuk itu tanaman Lidah buaya memiliki berbagai manfaat diantaranya memperkuat sistem kekebalan tubuh, menunda proses penuaan, menyembuhkan dermatitis, meredakan masalah haid (haid tidak teratur dan nyeri haid), mengurangi nyeri artritis, menyembuhkan luka, mengurangi rasa mual, mengobati bisul, menurunkan kadar gula darah, mencegah diabetes, mengurangi tekanan oksidatif, menghambat pertumbuhan kanker, menyembuhkan efek samping dari perawatan radioterapi, mendorong pertumbuhan rambut, dan meringankan gejala refluks asam.

Ekstrak Lidah Buaya telah terbukti menjadi stimulan rahim yang sangat baik dan telah banyak tersedia dipasaran sebagai obat herbal. Anda juga bisa membuat dan mengkonsumsi jus Lidah Buaya secara rutin untuk mengatsi haid yang tidak teratur ataupun nyeri haid yang mungkin sedang Anda alami saat ini.

Konsumsi Asam Jawa untuk melancarkan haid

Buah Asam Jawa berguna untuk mengencerkan darah haid yang menggumpal, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri haid. Selain itu asam jawa tersebut dapat melancarkan haid, inilah alasan mengapa Asam Jawa sering menjadi salah satu campuran pada ramuan yang digunakan untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Obat haid yang menggunakan bahan dari Asam Jawa sekarang ini dapat Anda temui di supermarket, baik yang berupa minuman ataupun permen.

Atau apabila Anda ingin membuat ramuannya sendiri dirumah, caranya rendam buah Asam yang telah dikupas dalam air hangat lalu campur dengan satu sendok gula dan sedikit garam, proses perendaman selama satu jam. Kemudian minum ramuan tersebut dua kali sehari mulai dari seminggu sebelum haid. Ramuan Asam Jawa ini adalah ramuan efektif untuk mengatur periode haid agar menjadi lancar setiap bulannya.

Konsumsi Cuka Apel untuk melancarkan haid

Meminum sari Cuka Apel satu kali sehari dapat melancarkan periode haid secara alami. Cuka apel juga berperan untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Hal ini karena salah satu fungsi dari Cuka Apel adalah membantu mengurangi kadar insulin dan gula dalam darah serta mampu menyeimbangkan hormon. Peningkatan kadar insulin menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur.

Caranya, Cuka Apel ini dapat langsung diminum 1-2 sendok atau dengan cara menyeduhnya dengan air, atau dapat juga dicampur dengan buah-buahan sebagai saus salad. Cuka Apel aman dikonsumsi karena Cuka Apel juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Konsumsi Buah Anggur untuk melancarkan haid

Buah Anggur kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral penting yang baik untuk tubuh. Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, Buah Anggur juga punya kemampuan untuk memperlancar haid. Maka dari itu seringlah mengkonsumsi Buah Anggur baik itu Anggur merah maupun Anggur hijau agar siklus haid Anda menjadi normal kembali.

Konsumsi Biji Wijen untuk melancarkan haid

Biji Wijen bukan hanya digunakan sebagai penghias pada jajanan khas Indonesia seperti Onde-Onde, namun juga bisa digunakan untuk melancarkan haid. Hal ini karena Biji Wijen memiliki sifat memicu produksi hormon, selain itu minyak Wijen juga mampu menyeimbangkan hormon.

Cara untuk membuatnya juga sangat mudah hanya dengan mengambil satu genggam biji Wijen. Langkah selanjutnya, rendamlah biji Wijen tersebut ke dalam air panas secukupnya. Keesokan harinya minum air yang sudah direndam dengan biji Wijen tersebut. Atau pilihan lain yang lebih mudah adalah dengan sering makan jajanan Onde-Onde.

Konsumsi ramuan dari bahan Kunyit untuk melancarkan haid

Awet mudaKunyit apabila dicampurkan dengan Asam Jawa seperti yang telah dijelaskan Luvizhea.com sebelumnya, sangat ampuh untuk melancarkan haid secara tradisional. Ramuan tersebut biasa disebut dengan “Kunir Asem”.

Anda bisa membeli produk minuman Kunyit Asam yang sudah jadi (Kiranti) atau membuatnya sendiri dirumah, atau bisa juga memesan pada tukang jamu gendong. Anda bisa minum ramuan ini setiap hari, minumlah seminggu sebelum menstruasi sampai menstruasi selesai, khasiat dari kunyit asam adalah untuk membantu melancarkan haid yang tidak teratur, menghilangkan nyeri haid, dan bisa membantu melangsingkan tubuh secara alami, mengencilkan dan mengencangkan perut pasca melahirkan, menghilangkan bau badan, serta bisa menjaga kesehatan kulit.

Cara pembuatan ramuan Kunir Asem apabila Anda ingin membuatnya sendiri dirumah yaitu dengan mencampurkan parutan kunyit dengan 3 gelas air dan diberi asam jawa secukupnya, kemudian rebus hingga mendidih. Agar rasanya lebih nikmat Anda bisa tambahkan juga gula jawa lalu aduk hingga merata. Setelah ramuan mendidih diamkan hingga dingin kemudian saring dan ramuan Kunir Asem ini siap diminum.

Konsumsi Wedang Jahe untuk melancarkan haid

Sama seperti halnya Kunyit, Jahe juga mempunyai khasiat yang sama dalam mengobati nyeri haid dan memperbaiki siklus haid yang tidak teratur. Jahe mempunyai kemampuan melebarkan pembuluh darah dengan merangsang pelepasan hormon Adrenalin sehingga dapat melancarkan peredaran darah. Didalam jahe terkandung enzim Protease dan Lipase yang bertugas untuk mencerna protein dan lemak dalam tubuh, karena seperti kita ketahui berat badan yang berlebih juga dapat membuat haid tidak teratur. Zat anti inflamasi dalam Jahe dapat meredakan peradangan pada ovarium sehingga dapat meredakan nyeri haid.

Untuk itu konsumsilah Jahe ini dalam bentuk Wedang Jahe yang dicampur dengan madu agar siklus haid kembali normal tanpa rasa nyeri.

Konsumsi Wedang Jeruk Nipis untuk melancarkan haid

Sebagai tanaman herbal alami, Jeruk Nipis berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (Mukolitik), peluruh kencing (Diuretik) dan keringat, membantu proses pencernaan, serta mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Hal ini karena Jeruk Nipis mengandung minyak terbang Limonene dan Linalool, Flavonoid, seperti Poncirin, Hesperidine, Rhoifolin dan Naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah Synephrine dan N-methyltyramine, Asam Sitrat, Kalsium, Fosfor, Zat Besi dan vitamin A, B1, dan C.

Caranya yaitu dengan memeras air Jeruk Nipis kemudian ditambahkan dengan Madu asli 1 sendok makan. Kemudian seduh dengan air yang hangat dan setelah itu aduklah sampai merata lalu minum selagi hangat. Apabila Wedang Jeruk Nipis ini diminum secara teratur terutama seminggu sebelum masa haid datang, maka gangguan menstruasi akan hilang.

Konsumsi Sayuran hijau untuk melancarkan haid

Sayuran hijau memang dikenal bermanfaat bagi tubuh kita, untuk itu sangat disarankan memasukan Sayuran hijau dalam menu makanan kita sehari-hari. Tidak hanya mereka kaya Zat Besi dan vitamin B, sayuran hijau juga kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan masalah pencernaan (sembelit) yang sering dikaitkan dengan siklus Menstruasi.

Untuk itu bagi Anda agar siklus haid selalu berjalan normal (teratur) untuk selalu mengkonsumsi sayuran hijau, baik itu sayur Bayam, Brokoli, dan lain sebagainya. Seperti yang telah dijelaskan diatas, sayuran hijau kaya akan Zat Besi. Zat Besi membantu metabolisme protein, berperan dalam produksi hemoglobin dan sel darah merah, meningkatkan daya tahanan tubuh yang menjadikannya tangguh dalam melawan infeksi, hingga membantu untuk melancarkan haid yang terlambat karena membantu lapisan dinding rahim (Endometrium) yang menebal luruh dengan cepat tanpa hambatan karena tidak adanya pembuahan sel telur.

Konsumsi Kacang-kacangan untuk melancarkan haid

Kacangan-kacangan seperti kacang almond, kedelai, kenari, atau kacang tanah dapat menjadi cemilan sehat yang juga bermanfaat memperlancar haid, hal ini karena kacang-kacangan kaya lemak baik atau omega-3 serta vitamin E. Selain kacang-kacangan omega-3 juga banyak terkandung pada ikan atau minyak ikan atau juga buah Alpukat. Jadi untuk melancarkan haid yang tidak teratur selain mengkonsumsi kacang-kacangan, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3 seperti yang telah Luvizhea.com sebutkan tadi. Hal ini karena Omega-3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda siklus haid (menstruasi).

Baca selanjutnya: Pantangan makanan saat haid, agar haid teratur dan tidak nyeri.

Loading...
Berbagi informasi di: