Mengecilkan dan mengencangkan otot perut pasca melahirkan

| Luvi Zhea

Langsing pasca melahirkanSeramping apapun tubuh kita sebelum menikah, tentu saja kita akan mengalami fase dimana tubuh akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, terutama setelah kita mempunyai anak nantinya.

Seperti yang kita ketahui, tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan secara drastis ketika wanita tersebut sedang hamil. Hal ini tentu wajar mengingat janin yang dikandung oleh seorang ibu dari hari ke hari semakin berkembang, sehingga membuat perut ibu tampak semakin membesar serta diikuti dengan meningkatnya berat badan ibu selama masa kehamilan tersebut.

Tetapi yang menjadi masalahnya adalah sulitnya mengembalikan bentuk tubuh kembali seperti semula pasca melahirkan, terutama pada bagian perut, karena bagian perut tersebut mengalami perubahan paling besar.

Walaupun perut wanita bersifat elastis, dengan kata lain perut itu seperti balon bisa membesar dan bisa mengecil kembali. Tetapi apabila ditiup terus, walaupun mengempes ia juga akan mengendur dan tidak bisa kencang lagi.

Untuk itu ibu jangan sampai melakukan perawatan yang salah pasca melahirkan, apalagi malah ibu biarkan begitu saja. Bisa-bisa perut ibu akan tetap tampak buncit seperti ketika ibu masih mengandung empat bulanan dengan guratan stretch mark yang tentunya kurang sedap dipandang mata, walupun saat itu sebenarnya berat badan ibu telah turun. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi ibu yang ingin memiliki perut ramping seperti sebelum mereka hamil. Dan jangan sampai perut buncit tersebut meninggalkan kesan bagaikan ibu hamil sepanjang masa.

Baca juga: Mengatasi Stretch Mark saat hamil dan setelah melahirkan.

Tetapi ibu juga jangan terburu-buru mengkonsumsi obat diet tertentu untuk merampingkan perut buncit tersebut pasca melahirkan, karena efek sampingnya bisa saja berbahaya baik bagi ibu maupun bagi anak terutama apabila ibu dalam masa menyusui.

Berikut beberapa tips yang bisa ibu pilih dalam mengecilkan perut buncit pasca melahirkan yang sempat Luvizhea.com rangkum dari berbagai sumber. Sebenarnya secara garis besar sebagian cara-cara berikut ini sudah pernah Luvizhea.com bahas dalam artikel Pengembalian bentuk tubuh pasca melahirkan, akan tetapi pada artikel kali ini akan Luvizhea.com berikan tips lebih mendalam dalam mengecilkan bagian perut sehingga perut menjadi ideal kembali.

Mengecilkan perut buncit pasca melahirkan dengan menyusui bayi

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa aktifitas menyusui bayi bisa membantu ibu untuk menurunkan berat badannya secara bertahap, setidaknya selama 6 bulan pasca kelahiran.

Menyusui dapat membuat jaringan-jaringan tubuh ibu berkontraksi, dan sejumlah hormon juga akan dilepaskan dari dalam tubuh saat ibu menyusui. Proses inilah yang akan membantu tubuh ibu kembali ke bentuk semula seperti sebelum hamil. Kenapa demikian? karena dengan menyusui rahim akan berkontraksi sehingga dapat memperkuat otot-otot pada bagian perut.

Berdasarkan hasil penelitian, ketika Ibu menyusui, itu berarti sama dengan ibu membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari. Jumlah kalori yang sama apabila ibu berenang selama beberapa jam atau bersepeda selama satu jam.

Mengecilkan perut buncit pasca melahirkan dengan Mengatur Pola makan dan banyak minum air putih

Perut buncitSeorang wanita yang baru melahirkan tentu membutuhkan lebih banyak energi dalam 6 bulan pertamanya sebagai seorang ibu, karena mereka harus sering menyusui bayinya. Sehingga ibu menyusui membutuhkan kalori ekstra untuk memproduksi ASI, jadi ibu tidak perlu untuk mengurangi asupan kalori secara drastis.

Baca juga: Cara meningkatkan produksi ASI saat menyusui.

Disini banyak disarankan untuk ibu makan dalam porsi sedikit namun sering (bisa makan 4 sampai 5 kali sehari dengan porsi kecil). Cara seperti ini sangat efektif apabila ibu jalankan dengan rutin, serta tujuan yang paling utama adalah untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak serta kalori di dalam tubuh. Dengan demikian berat badan ibu dapat terkontrol dengan sangat baik pasca melahirkan.

Tetapi perlu diingat, Jangan pernah tidak makan pada waktunya atau menahan lapar hanya untuk mengecilkan perut, karena proses metabolisme tubuh akan melambat apabila ibu tidak makan. Selain itu saat dalam kondisi lapar, orang cenderung untuk memakan hidangan yang mengandung banyak kalori dan gula serta makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya.

Ibu juga bisa mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, kale, kubis, kembang kol, bayam, dan buah-buahan seperti jeruk, lemon, mangga, dan pepaya, karena sayuran dan buah tersebut banyak mengandung fitronutrien yang dapat membantu mengurangi lemak pada perut.

Atau untuk lebih jelasnya, ibu juga bisa berkonsultasi kepada ahli gizi atau dokter untuk mengatur menu sehat yang dapat membantu diet Anda.

Selain dari segi makanan, sebaiknya ibu juga banyak minum air putih, dengan demikian ini dapat membantu program ibu dalam mengecilkan perut pasca melahirkan bisa berjalan lebih efektif. Air putih bermanfaat dalam memperlancar metabolisme dalam tubuh, melarutkan racun dan penyakit pada usus dan organ tubuh lainnya, sehingga pencernaan akan berfungsi lebih maksimal.

Dan dengan banyak minum air, selain dapat menahan rasa lapar, minum air putih sebelum makan juga akan membantu para ibu makan lebih sedikit, karena perut telah terasa kenyang.

Mengecilkan perut buncit pasca melahirkan dengan Menggunakan ramuan alami

Seperti yang telah Luvizhea.com jelaskan diatas, sebaiknya ibu jangan terburu-buru mengkonsumsi obat diet untuk melangsingkan perut. Sebagai alternatif ibu bisa membuat sendiri ramuan tradisonal yang telah sejak lama digunakan dan menjadi tradisi orang Jawa dalam mengecilkan perut mereka pasca melahirkan. Tentu saja ini lebih aman karena kita tahu bahan-bahan yang diracik adalah bahan-bahan alami tanpa bahan kimia sedikitpun. Berikut beberapa ramuan herbal yang bisa ibu pilih dalam mengecilkan perut pasca melahirkan:

Kunir Asem (Kunyit Asam)

Bahan-bahan yang ibu butuhkan untuk membuat ramuan Kunir Asem ini adalah adalah 3 ruas kunyit yang telah dicuci bersih kemudian diparut hingga halus, asam jawa secukupnya, dan 3 gram gula jawa.

Cara pembuatannya yaitu dengan mencampurkan parutan kunyit dengan 3 gelas air dan diberi asam jawa secukupnya, kemudian rebus hingga mendidih. Agar rasanya lebih nikmat ibu bisa tambahkan juga gula jawa lalu aduk hingga merata. Setelah ramuan mendidih diamkan hingga dingin kemudian saring dan ramuan Kunir Asem ini siap diminum.

Ramuan ini bermanfaat bagi ibu pasca melahirkan yaitu untuk mengembalikan kesehatan tubuh sekaligus mengencangkan perut. Selain bermanfaat untuk wanita yang habis melahirkan, ramuan jamu ini juga bisa dikonsumsi wanita yang sedang datang bulan. Jamu Kunir Asem ini telah terbukti berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, melancarkan datang bulan, dan mengatasi nyeri saat haid.

Beras kencur

Ramuan tradisional lain yang bisa dipilih dalam mengecilkan perut buncit pasca melahirkan selain Kunir Asem yang telah dijelaskan Luvizhea.com diatas adalah ramuan beras kencur. Selain bisa mengecilkan perut, Beras Kencur bisa mengurangi kemungkinan infeksi pada rahim, melegakan tenggorokan serta menghilangkan rasa sebah atau mual diperut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu, 3 sendok makan beras, kencur, jahe, kunyit, gula jawa 125 gram, 1 sendok makan asam jawa dan garam, 1 butir jeruk nipis; dan sedikit daun pandan.

Caranya: Pertama beras direndam selama 3 jam. Gula jawa, kunyit, jahe, asam, dan daun pandan direbus dengan 3 gelas air. Lalu, saring airnya.

Kencur, jahe, dan, kunyit yang diambil setelah direbus digiling dengan beras. Setelah halus, air rebusan, sedikit demi sedikit dicampurkan pada gilingan rempah-rempah tadi. Kemudia saring dengan kain bersih sehingga ampasnya terpisah. Terakhir tambahkan perasan air jeruk nipis dan bubuhi garam secukupnya, dan ramuan Beras Kencur ini siap diminum

Kayu manis

Dari kedua cara tersebut diatas ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan merebus 3 gelas air yang dicampur dengan 6 cm kayu manis dan 2-3 butir cengkeh selama 10 menit . Minumlah air rebusan ini ketika suhunya sudah suam-suam kuku. Ibu juga dapat menambahkan madu untuk menambahkan rasa pada ramuan ini. Khasiat kayu manis ini telah diterbukti lebih baik dan cepat untuk mengatasi masalah lemak perut secara alami. Untuk hasil maksimal minumlah ramuan ini secara rutin.

Teh Pahit dan Jeruk Nipis

Ibu juga bisa memanfaatkan teh dan juga sebuah jeruk nipis. Caranya tentu sangat mudah sekali, buatlah segelas teh pahit tanpa campuran gula sedikitpun. Hal ini karena gula adalah bahan yang bisa membuat perut ibu akan tampak semakin buncit. Setelah itu, campurkan sedikit perasan jeruk nipis. Minuman ini juga dipercaya dapat mengecilkan perut buncit. Untuk hasil yang maksimal, usahakan untuk mengkonsumsinya setiap pagi hari secara rutin.

Mengecilkan perut buncit pasca melahirkan dengan menggunakan korset

Agar perutnya tidak terasa menggelambir, orang-orang zaman dahulu biasanya menggunakan kain korset atau stagen yang dililitkan mengelilingi perut. Dengan demikian selain perut tidak terasa besar, wanita tersebut bisa beraktivitas dengan leluasa tentunya.

Namun, wanita zaman sekarang tidak lagi melakukan apa yang dilakukan oleh nenek mereka dahulu. Cara seperti ini banyak ditinggalkan karena dirasa kurang praktis dan ribet. Padahal cara tradisional seperti ini tentu lebih aman dan tidak ada efek sampingnya. Apabila dilakukan dengan kesabaran, hasilnya juga akan bertahan lama.

Teknik mengikat perut setelah melahirkan dengan menggunakan korset ini membantu untuk mengurangi pembengkakan dan mendorong otot pada jaringan perut kembali seperti semula. Cara ini bahkan sangat penting dan menjadi tradisi masyarakat Jawa terutama pada minggu-minggu awal setelah melahirkan hingga biasanya digunakan sampai 3 bulan pasca melahirkan.

Apabila ibu tidak ingin repot dalam menggunakan korset, mungkin ibu juga bisa menggunakn “Sliming Suit” atau pakaian pelangsing yang sekarang banyak beredar dengan cara kerja yang sebenarnya hampir sama dengan kain korset.

Satu lagi, untuk hasil yang cepat dalam mengecilkan perut pasca melahirkan dengan menggunakan kain korset ini, yaitu dengan menambahkan ramuan yang digunakan dari luar, jadi bukan hanya ramuan alami yang diminum seperti yang telah dijelaskan Luvizhea.com diatas tadi.

Langkah-langkahnya adalah oleskan getah dari tanaman jarak, jeruk nipis, air kapur sirih, dan minyak kayu putih ke seluruh bagian perut. Lalu lapisi dengan daun pisang muda yang telah dikukus dan kemudian tutupi dengan kain korset tersebut. Lakukan cara ini selama masa nifas secara teratur pagi dan sore. Apabila habis masa nifas, lakukan pada waktu pagi hari saja. Niscaya ibu akan segera mendapatkan perut rata dan ideal seperti sebelum hamil.

Baca juga: Sedot lemak dan tummy tuck pasca melahirkan.

Mengecilkan perut buncit pasca melahirkan dengan Olahraga

Sit Up untuk otot perutDengan berolahraga secara teratur pasca melahirkan, selain menyehatkan tentu dapat mengencangkan kembali otot-otot yang kendor. Tetapi kenapa olahraga ini Luvizhea.com tempatkan dipoin terakhir dalam tips mengecilkan perut buncit pasca melahirkan?

Perlu diketahui bahwa pendapat yang mengatakan olahraga seperti Sit Up, Shoulder Lift, Pelvic Tilts untuk mengecilkan perut pasca melahirkan adalah kurang tepat. Sit Up bukan untuk mengecilkan perut, melainkan untuk mengencangkan otot perut dan membuat perut kencang serta rata karena pada dasarnya Sit Up tidak dapat membakar lemak. Jadi, apabila kondisi perut masih buncit, langkah pertama adalah mengecilkan perutnya terlebih dahulu. Cara agar perut menjadi singset dengan tepat adalah dengan menghilangkan lemak di perut yang telah Luvizhea.com disebutkan pada poin-poin sebelumnya, baru kemudian membentuk perut dengan olahraga seperti Sit Up, Shoulder Lift, Pelvic Tilts untuk mengencangkan otot-otot pada perut. Kalaupun harus sit up segera setelah melahirkan juga tidak mungkin apalagi bagi ibu pasca melahirkan Ceasar.

Memang olahraga untuk mengencangkan otot perut bukan hanya Sit Up saja. Jenis olahraga seperti olahraga Aerobik, seperti berjalan jogging, bersepeda, berenang, senam, dan olahraga lainnya dari yang intensitasnya ringan hingga sedang bisa ibu lakukan untuk membakar lemak dalam tubuh. Tetapi ingat lakukan secara bertahap dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Dengan bercengkrama dengan bayi maupun beraktifitas seperti biasa sebenarnya itu juga bisa dikatakan berolahraga dan bisa membakar lemak dalam tubuh tanpa kita sadari.

Bagi ibu yang melahirkan dengan metode Ceasar, sebaiknya sebelum melakukan aneka olahraga tersebut berkonsultasilah dengan Dokter Anda untuk memperoleh rekomendasi olahraga yang paling sesuai dengan kondisi ibu saat ini, walaupun luka bekas operasi tersebut telah dirasa sembuh. Jadi jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri untuk mengembalikan bentuk tubuh ibu seperti semula dengan berolahraga.

Tetapi sekedar pengetahuan untuk ibu, berikut beberapa gerakan dalam mengencangkan otot perut pasca melahirkan seperti yang telah disebutkan diatas:

Sit Up

Langkah awal, tekuk lutut dengan bola kaki dan tumit ditempatkan rata dengan lantai. Letakkan tangan di atas bahu yang berlawanan, sehingga kedua lengan ibu bersilangan di atas dada. Kencangkan otot perut secara lembut dengan menarik pusar ke arah tulang belakang ibu. Kemudian dengan tetap menjaga agar tumit tetap di atas lantai dan jari-jari kaki rata dengan lantai, secara perlahan dan lembut angkat terlebih dahulu kepala, diikuti oleh tulang belikat. Fokuskan mata ibu pada lutut yang ditekuk, sambil mengontraksi otot-otot perut dengan lembut. Tarik tubuh dari lantai sampai ibu mencapai sudut Sembilan puluh derajat, atau ketika siku Anda berada di atas, atau melewati lutut. Tetaplah dalam posisi ini sejenak. Dengan perlahan turunkan kembali tubuh Anda ke atas lantai tetapi cobalah untuk tidak menempelkan punggung ke lantai tetapi sedikit melengkung dengan jarak beberapa centimeter diatas lantai. Dan ulangi gerakan ini hingga beberapa kali.

Pelvic Tilts

Salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang cukup simpel dan mudah untuk dicoba di rumah adalah Pelvic Tilts, gerakan ini diizinkan oleh dokter, tentunya setelah melihat kondisi kesehatan ibu, awali dengan berbaring terlentang di lantai dengan telapak tangan mengahadap ke bawah tegak lurus di samping tubuh ibu, kemudian tekuk kaki dan angkat bokong ibu hingga sejajar dengan lutut, hitung 1-10 detik dan ulangi selama beberapa kali. Latihan ini akan membantu mengencangkan otot perut yang buncit pasca melahirkan.

Shoulder Lift

Ibu bisa melatih otot perut menggunakan “Shoulder Lift”. Latihan ini dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu ibu hanya perlu menggunakan matras kemudian berbaring terlentang. Tekuk kaki ibu dengantelapak kaki menyentuh lantai. Kemudian hembuskan nafas dengan di kontraksikan pada otot perut, angkat kepala serta pundak ibu. Tahan posisi seperti ini dalam beberapa detik lalu kembali turunkan kepala serta pundak ibu secara perlahan. Lakukan hal ini secara rutin maka otot perut ibu yang kendor akan kembali kencang.

Baca juga: Menyembuhkan bekas jahitan saat melahirkan normal.

Share:
Loading...