BERANDA » KESEHATAN » Buah yang tidak boleh dikonsumsi saat minum obat

Buah yang tidak boleh dikonsumsi saat minum obat

| LuviZhea Chandra

Memilih obat terbaikSering kita mendengar larangan dari orangtua kita dulu untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu saat kita sedang minum obat, seperti halnya buah semangka, nanas, manggis, durian, minuman bersoda, susu, kopi, tape dan lain sebagainya.

Dari larangan-larangan tersebut, memang ada benarnya. Karena memang ada beberapa makanan dan minuman yang apabila di konsumsi sesaat sebelum atau sesudah minum obat akan mempengaruhi efek dari penyerapan obat tersebut, dan bahkan ada yang bisa membahayakan tubuh.

Bagaimana dengan buah-buahan? Yang notabennya sangat baik untuk kesehatan. Apakah benar ada buah-buahan yang pantang dikonsumsi saat minum obat?

Sekedar tambahan pengetahuan, berikut Luvizhea.com berikan beberapa jenis buah-buahan yang sebaiknya jangan dikonsumsi saat minum obat yang Luvizhea.com kumpulkan dari berbagai sumber, diantaranya:

Alasan menghindari buah Jeruk saat minum obat

Buah GrapefruitJeruk adalah buah yang menyehatkan karena kaya akan vitamin C, serat dan Kalium serta zat penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun apabila Anda sedang sakit dan harus minum obat sebaiknya hindari dulu buah jeruk, terutama jeruk jenis Grapefuit yang bentuknya hampir sama dengan “Jeruk Bali”.

Beberapa penelitian menunjukan buah jeruk ini dapat memberi efek buruk apabila dikonsumsi bersama dengan 50 jenis obat termasuk diantaranya obat batuk, Obat pereda demam, Fexofenadine (obat alergi), Statin (obat penurun kolesterol dalam darah), Estrogen (hormon yang ada di dalam pil KB), Calcium Channel Blockers (obat tekanan darah tinggi) dan obat penenang Benzodiazepine , dan lainnya. Karena akan meningkatkan efek samping obat, menyebabkan halusinasi, kerusakan otot, serta rasa kantuk yang berlebihan.

Bukan hanya itu saja, sejumlah senyawa organik yang terkandung dalam jeruk terutama pada Grapefuit, diidentifikasi sebagai turunan Furanokumarin yang dapat mengganggu fungsi hati dan menyerap enzim Sitokrom P450 Isoform CYP3A4 di dinding usus kecil sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan (bisa menyebabkan iritasi). Penelitian dari University of Western Ontario juga menunjukkan bahwa jus Grapefruit yang dikonsumsi bersamaan dengan obat dapat meningkatkan absorpsi (penyerapan) obat-obatan tertentu serta mengubah dosis normal menjadi dosis berlebihan sehingga dapat menyebabkan over dosis.

Alasan menghindari buah Apel saat minum obat

Buah apelTernyata bukan hanya jeruk yang harus dihindari saat minum obat. Buah Apel juga disarankan sebaiknya dihindari saat minum obat terutama untuk obat yang mengandung Fexofenadine (obat alergi), pereda demam, Antibiotik, obat asma, serta obat Tiroid setidaknya dalam jedah waktu 4 jam sebelum atau setelah minum obat.

Karena zat pada buah apel akan menghalangi peptida membawa obat dari usus ke aliran darah, sehingga efek obat akan menurun hingga 70%.

Hal yang perlu diperhatikan juga dalam mengkonsumsi buah Apel ini adalah sebaiknya jangan mengkonsumsi dengan bijinya. Sama seperti biji ceri, biji apel mengandung Glikosida Sianogen menyebabkan Sianida. Biji yang ada di dalam satu buah apel memang tidak akan menyebabkan efek apapun, namun ada beberapa kasus orang yang tewas karena mengonsumsi biji apel berlebihan.

Alasan menghindari buah Anggur saat minum obat

Manfaat buah anggur untuk kulitEfek yang diberikan Anggur saat kita minum obat sama halnya dengan buah Jeruk dan buah Apel yang telah Luvizhea.com sebutkan diatas. Buah Anggur mengandung senyawa yang bisa memblokir hancurnya obat dalam usus. Sehingga akan berpengaruh pada penyerapan obat terutama pada Statin (obat penurun kolesterol), Antidepresan, obat Migrain, pengencer darah, obat tekanan darah, dan obat Diabetes.

Baca juga: Makanan sehat untuk Diabetes.

Alasan menghindari buah Nanas saat minum obat

Buah nanasEfek mengkonsumsi buah Nanas saat minum obat tidak jauh beda dengan mengkonsumsi buah Jeruk dan Apel. Selain menghalangi efek penyembuhan obat, buah Nanas juga menghapus semua nilai kebaikannya terhadap pasien.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari University of Western Ontario mengatakan selain jus Jeruk dan Apel, jus Nanas juga ampuh mengurangi daya serap obat Antikanker Etoposide. Selain itu juga menghambat penyerapan obat darah tinggi Cyclosporine dan beberapa jenis Antibiotik hingga 50%.

Menurut Dr. David Bailey, menelan obat dengan bantuan jus Nanas malah berbahaya, karena akan meningkatkan konsentrasi darah. Dan masih menurut Dr. David Bailey ada sekitar 50 obat termasuk Viagra juga tidak boleh diminum dengan jus Nanas.

Alasan menghindari buah Delima saat minum obat

Buah delimaMenurut beberapa pakar jus Delima tidak boleh digunakan untuk meminum obat. Zat enzim yang ditemukan dalam jus delima dapat memecah efek dari obat penekan darah. Jus Delima bisa memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah.

Pada obat antidepresan, efeknya adalah menyebabkan penurunan dari efektivitas obat.

Baca juga: Pantangan makanan bagi penderita Tipes.

Alasan menghindari buah Cranberry saat minum obat

Buah CranberryBuah Cranberry disebut-sebut sebagai obat alami pereda infeksi saluran kencing. Namun menurut hasil penelitian, mengkonsumsi buah atau jus Cranberry serta minum Warfarin (obat pengencer darah) dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan. Begitupun sama berbahaya mengkonsumsi Cranberry dengan Lipitor dan Statin (penurun kolesterol dalam darah).

Oleh karena itu, hindari meminum jus Cranberry saat Anda sedang mengunakan obat-obatan tersebut.

Alasan menghindari buah Pisang saat minum obat

Buah pisangPisang mengandung kalium tinggi yang mampu menurunkan risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Namun, bagi Anda yang mengkonsumsi ACE inhibitor (obat untuk Hipertensi dan gagal jantung) justru akan memperburuk kondisi jantungnya. Bukan hanya itu, Tyramine pada pisang juga dapat menganggu fungsi obat Antidepresan yang sebenarnya berusaha meredakan stres pada pasien. Untuk itu bagi Anda yang terbiasa minum obat bersamaan dengan makan pisang sebaiknya beralih dengan sarana lainnya yaitu dengan menggunakan nasi atau kembali menggunakan air putih saat meminum obat.

Alasan menghindari buah Durian saat minum obat

Buah durianBuah Durian (termasuk makanan olahan dari buah durian seperti tempoyak) sebaiknya juga dihindari saat Anda sedang minum obat. Hal ini karena saat Anda mengkonsumsi buah Durian akan menimbulkan rasa panas diperut karena kadungan alkohol yang tinggi pada buah Durian tersebut. Selain itu didalam buah Durian juga terdapat beberapa zat Ethanol, Methanol dan juga Ethyl Metacrylate serta senyawa Sulfur yang tentu akan bereaksi keras terhadap obat-obatan tertentu.

Selain itu buah Durian juga dikenal dapat meningkatkan risiko Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi), Diabetes, Penyakit Jantung, Ginjal, Kencing Manis, Radang Usus, Maag, Asam Urat serta Kolesterol Tinggi. Sehingga apabila Anda meminum obat untuk meredakan salah satu gejala dari beberapa penyakit yang telah disebutkan tersebut, maka akan menjadi sia-sia.

Alasan menghindari buah Semangka saat minum obat

Buah semangkaPengaruh buah semangka terhadap seseorang yang sedang minum obat mungkin belum diteliti lebih dalam. Mungkin masih ada pro dan kontra. Bagi yang pro, beralasan bahwa buah Semangka tidak terasa asam dan tidak bergas berbeda dengan beberapa buah yang telah disebut diatas yang kebanyakan memiliki rasa asam. Namun alasan bagi yang kontra adalah karena buah Semangka kaya akan kandung kalium sama halnya seperti buah pisang. Kalium pada Semangka berguna bagi penderita Hipertensi karena bisa menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi apabila asupan kalium berlebihan maka dikhawatirkan akan membahayakan si penderita. Jadi sebaiknya hindari mengkonsumsi buah semangka saat minum obat untuk gagal jantung dan obat-obatan untuk Hipertensi.

Baca juga: Buah-buahan yang menjadi pantangan Ibu hamil.

Sebenarnya bukan hanya beberapa jenis buah-buahan yang telah Luvizhea.com sebutkan diatas sebagai pantangan saat minum obat. Masih banyak jenis makanan dan minuman lainnya yang juga tidak boleh dikonsumsi saat kita sedang minum obat. Dan semua itu akan dibahas Luvizhea.com pada artikel selanjutnya.

Baca juga: Makanan dan minuman yang harus dihindari saat minum obat.

Loading...
Berbagi informasi di: