Cara merawat dan membersihkan sepatu Suede

| Luvi Zhea

SuedeSeberapa mahal harga sepatu dan seberapa bagus kualitas sepatu yang Anda beli akan sama saja apabila Anda tidak bisa merawatnya dengan benar. Tentu saja perawatan sepatu akan berbeda tergantung dari jenis bahan dalam pembuatan sepatu tersebut. Untuk itu Luvizhea.com akan membahas cara merawat sepatu sesuai dengan jenisnya, tetapi akan kita mulai dari sepatu dari jenis Suede Leather.

Apa itu Suede Leather? Mungkin nama ini tidak asing bagi Anda pecinta fashion, Suede sebenarnya adalah bagian dari leather atau kulit itu sendiri yang dihasilkan dengan proses yang berbeda. Sepintas terlihat seperti bagian dalam kulit, sehingga orang menyebut Suede ini sebagai “kulit balik”.

Pada awalnya, Suede ini digunakan untuk bahan pembuatan sarung tangan wanita, sesuai arti kata dari bahasa Perancis “Gants de Suède” yang artinya “sarung tangan Swedia”. Dan ada juga yang menyebutkan bahwa sepatu Suede mulai dikenal oleh semua lapisan masyarakat setelah raja Rock and Roll – Elvis Presley menyanyikan syair lagunya yang berbunyi, “Kamu bisa melakukan apa saja, tapi jangan lakukan apapun pada sepatu Suede biru milikku.”

Suede ini juga lebih mahal dibandingkan dengan harga kulit biasa karena prosesnya yang terbilang rumit, untuk itu sepatu dari bahan Suede juga dijual dengan harga lebih tinggi dari sepatu kulit biasa. Namun tetap banyak orang tertarik memiliki sepatu dari bahan Suede karena memberikan penampilan yang lembut, feminin dan sekaligus elegan. Keunggulan lainnya dari sepatu dari bahan Suede ini adalah sepatu lebih tahan terhadap panas matahari langsung dibandingkan sepatu kulit biasa sehingga sehingga sangat nyaman ketika dipakai disiang hari.

Kekurangannya, seperti yang telah Luvizhea.com sebutkan diatas yaitu harganya relatif lebih mahal dibanding sepatu kulit biasa. Dan selain itu karena karakteristik Suede yang lembut, berserabut dan berpori membuatnya sangat rentan terhadap kotoran, sehingga memerlukan penanganan khusus dalam melakukan perawatan sepatu Anda yang berbahan Suede ini.

Karena harga yang mahal inilah, sekarang juga banyak ditawarkan sepatu Suede imitasi yang bahan dasarnya terbuat dari kain bludru dan bahan sintetis microfiber. Keduanya memiliki penampilan yang nyaris sama dengan Suede asli dengan harga yang lebih murah. Bahkan Suede imitasi dari microfiber katanya lebih tahan terhadap bermacam kotoran serta lebih mudah dibersihkan.

Baca juga: Mengatasi tumit kaki kering dan pecah-pecah.

Baiklah, sekarang kita kembali ke pembahasan semula, yaitu bagaimana cara merawat sepatu Suede ini dengan benar. Seperti yang kita ketahui bahwa sepatu Suede ini sangat rentan terhadap kotoran dan membutuhkan perawatan khusus sehingga sepatu Suede ini akan tahan lama, awet dan selalu tampak seperti baru.

Bagaimana membersihkan noda kotor pada sepatu Suede?

Memang memiliki sepatu Suede kita dituntut untuk tidak malas dalam membersihkan sepatu yang berbahan suede ini. Apabila ada sedikit noda langsung saja dibersihkan karena apabila tidak dibersihkan dengan segera noda tersebut akan semakin mengeras dan tentu akan lebih sulit untuk dibersihkan.

Bahan suede memiliki partikel yang halus dan paling baik dibersihkan dengan sikat atau lap khusus yang bisa dibeli di supermarket atau toko sepatu bersama dengan seperangkat pembersih khusus bahan Suede. Yang perlu diperhatikan, Suede ini sangat sensitif terhadap air, jadi noda kotor dan noda gores paling baik ditangani ketika sepatu dalam keadaan kering. Dalam menyikat noda kotor, sebaiknya jangan lakukan gerakan bolak-balik, sikatlah searah berulang-ulang.

Apabila noda tidak bisa dihilangkan dengan cara biasa, bubuhkan cuka secukupnya dan gosok dengan lap atau handuk lembut. Biarkan mengering, lalu sikat dengan sikat suede. Cara ini juga bagus untuk menyingkirkan noda salju ketika Anda sedang berlibur ke Eropa dengan memakai sepatu Suede.

Berikut Luvizhea.com berikan beberapa cara penangan noda lainnya yang biasa dialami pemilik sepatu Suede:

Cara menghilangkan noda minyak pada sepatu Suede

Saat sepatu Suede kesayangan Anda terkena noda minyak, selain noda sulit dihilangkan tentu membuat sepatu tersebut tidak akan terlihat menarik lagi. Cara menghilangkannya Anda bisa menggunakan tepung jagung (maizena) untuk menghilangkan noda minyak saat minyak tersebut masih basah. Taburkan tepung jagung pada noda dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, sikat tepung jagung dan uapkan dengan setrika.

Cara menghilangkan noda lumpur pada sepatu Suede

Saat musim hujan, sepatu Suede riskan terkena lumpur. Sebelum Anda membersihkannya sebaiknya Anda biarkan noda lumpur mengering terlebih dahulu. Setelah lumpur mongering dan mengeras cungkil bongkahan lumpur yang lebih besar menggunakan jari. Lalu gunakan sikat suede untuk membersihkan kotoran yang tersisa.

Cara menghilangkan permen karet pada sepatu Suede

Apabila sepatu Suede Anda terkena permen karet, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan sepatu ke dalam freezer (lemari es) selama beberapa jam. Karena dingin, permen karet akan menjadi keras sehingga Anda bisa melepaskannya dengan mudah. Setelah itu, sikat dengan sikat khusus Suede. Cara ini berlaku juga apabila sepatu Suede Anda terkena lilin.

Cara menghilangkan noda darah pada sepatu Suede

Anda bisa menghilangkan noda darah dengan bola kapas dan peroksida. Usapkan bola kapas yang telah dicelup dengan peroksida (senyawa yang dijual sebagai disinfektan atau pemutih) pada noda dengan lembut sampai noda darah tersebut benar-benar lenyap.

Cara menghilangkan noda tinta pada sepatu Suede

Apabila sepatu Suede Anda terkena noda tinta, segera ambil handuk dan serap noda itu dengan cepat sebelum noda tinta tersebut benar-benar menempel. Apabila terlanjur menempel, gosok noda tersebut dengan kertas ampelas. Atau Anda juga bisa membuat bola kapas kemudian dicelup ke alkohol dan digosokkan pada noda tinta tersebut.

Bagaimana menghilangkan noda gores pada sepatu Suede?

Ketika sepatu Suede tergores, maka partikelnya akan tertekan dalam satu arah. Angkat kembali partikel itu dengan menggosok bagian yang tergores sedikit keras secara bolak-balik. Untuk goresan yang warnanya pudar dan susah disikat, cobalah mencungkil bagian itu menggunakan pisau untuk mengangkat bulu-bulu halusnya, tetapi tetap harus hati-hati jangan sampai merusaknya.

Goresan dan noda yang tidak bisa disikat seringkali dapat dihilangkan dengan cara digosok menggunakan penghapus pensil, atau Anda juga bisa membeli penghapus khusus suede yang dirancang untuk membersihkan noda seperti ini.

Baca juga: Tips mencegah dan mengatasi bau pada kaki.

Bagaimana menghilangkan noda air pada sepatu Suede?

Suede LeatherMenghilangkan bercak noda pada sepatu berbahan Suede memang gampang-gampang susah, tidak bisa hanya dengan cara membersihkan bagian bercak itu saja, terutama apabila sepatu tersebut terkena air. Air bisa jadi meninggalkan noda tersendiri atau membuat perubahan warna yang tidak merata pada sepatu Suede apabila yang terkana air hanya sebagian.

Untuk itu gunakan spons atau tisu atau lap kering untuk menyerap air yang berlebih pada sepatu. Gosok sepatu secara merata sehingga noda air tidak terlihat.

Apabila Anda menggunakan banyak air untuk membersihkan noda pada sepatu Suede, masukkan Shoe tree atau kertas kering ke dalam sepatu untuk menyerap air yang berlebihan di bagian dalam sepatu serta ini juga akan membantu menjaga bentuk sepatu. Tetapi perlu di ingat, jangan gunakan kertas koran karena tinta tulisan pada koran akan terserap ke dalam sepatu.

Kemudian letakkan sepatu di ruangan yang kering dan berventilasi baik dan biarkan airnya menguap dan mengering semalaman. Apabila sudah kering, sikat sepatu pelan-pelan menggunakan sikat suede. Hal ini akan membantu mengembalikan partikel suede ke posisi semula.

Baca juga: Cara merawat aksesoris terbuat dari bahan kulit.

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar sepatu Suede bisa awet

Selain melakukan pembersihan dengan benar, tergantung dari jenis nodanya tadi, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut untuk melindungi sepatu Suede yang Anda miliki:

  • Ketika sepatu tersebut sudah bersih atau ketika masih baru, semprotkan obat pelindung Suede pada sepatu. Hal ini akan membantu mencegah dan memperkecil terjadinya noda dan goresan. Ikuti petunjuk pada kemasan obat tersebut dalam menggunakannya, dan sebaiknya dilakukan pada ruangan terbuka atau berventilasi.
  • Jangan menggunakan detergen ataupun dry clean yang mengandung bahan kimia dalam membersihkan sepatu Suede, karena dapat merusak pemukaan dari sepatu itu sendiri.
  • Apabila Anda tidak ingin memakai sepatu Suede dalam waktu yang lama, bungkuslah dengan kertas tisu dan masukkan ke dalam kotak sepatu. Jauhkan dari kelembapan dan cahaya, karena bahan Suede bisa berjamur pada kondisi lembap sedangkan cahaya terang bisa memudarkan warnanya.

Baca juga: Resiko menggunakan high heels bagi kesehatan wanita.

Share:
Loading...