BERANDA » KECANTIKAN » Cara cepat menghilangkan Tahi Lalat secara alami

Cara cepat menghilangkan Tahi Lalat secara alami

| LuviZhea Chandra

Tahi lalatTahi lalat atau Nevus Pigmentosus dan dalam bahasa jawa disebut Andeng-Andeng sering dijumpai pada kulit manusia. Tahi lalat umumnya berwarna hitam gelap atau kecoklatan yang biasanya muncul sebagai tanda bawaan lahir dan juga bisa muncul disaat seseorang telah dewasa. Munculnya Tahi lalat saat dewasa umumnya dipicu oleh paparan sinar matahari, yang berdampak pada meningkatnya pigmen melanin. Pigmen melanin sendiri adalah pigmen penentu utama dari warna kulit seseorang. Selain itu, Tahi lalat juga dapat muncul karena faktor genetik (keturunan), obat-obatan atau krim pemutih kulit, makanan cepat saji, atau bahan-bahan yang mengandung arsen.

Rata-rata setiap orang memiliki 10 hingga 40 tahi lalat di tubuhnya, yang lokasinya beragam seperti pada area kepala, wajah, leher, tangan, kaki, dan bagian kulit tubuh lainnya. Bahkan beberapa mitos menyebutkan bahwa Tahi lalat yang muncul pada area tertentu memiliki arti, entah itu simbol sifat, maupun keberuntungan seseorang. Terlepas dari mitos tersebut, Tahi lalat yang muncul pada area wajah umumnya dapat mempermanis penampilan seseorang, akan tetapi tidak jarang banyak juga merasa terganggu akan munculnya tahi lalat ini.

Kenapa disebut Tahi lalat? Karena ukurannya lebih kecil dibandingkan tanda lahir jenis vascular maupun tanda lahir berpigmen seperti Spot Cafe-au-lait dan Spot Mongolia. Tahi lalat lebih berbentuk titik menempel rata pada kulit, namun ada juga yang sedikit menonjol. Umumnya untuk Tahi lalat yang menonjol merupakan Tahi lalat “hidup” yaitu tahi lalat yang bisa membesar seiring berjalannya waktu.

Tahi lalat pada dasarnya tidak berbahaya dan sebagian besar Tahi lalat bersifat jinak. Namun Tahi lalat juga dapat berubah menjadi ganas, yaitu berkembang menjadi kanker kulit yang dikenal dengan sebutan “Melanoma Maligna”. Jenis kulit dan paparan sinar ultra violet matahari merupakan dua hal yang sangat mempengaruhi kasus “Melanoma Maligna” ini. Untuk itu Anda juga perlu waspada terhadap Tahi lalat yang warna, bentuk dan ukurannya berubah dan sering terasa gatal, karena mengindikasikan adanya sesuatu yang tidak beres.

Bagaimana cara menyamarkan Tahi lalat dengan Makeup?

Apa bila Anda belum berencana untuk menghilangkan Tahi lalat tersebut karena berbagai alasan, mungkin menyamarkan Tahi lalat diwajah dengan makeup bisa dijadikan alternatif untuk menutupi Tahi lalat tersebut. Solusi terbaiknya yaitu dengan teknik makeup concealer termasuk concealer tato.

Flek hitam biasanya jauh lebih mudah untuk ditutupi dengan makeup dibandingkan tahi lalat. Agar Tahi lalat tertutupi, Anda mungkin perlu foundation heavy duty dan concelaer yang tepat (dengan warna hijau, kuning, atau ungu) untuk mengimbangi warna Tahi lalat Anda.

Mulailah dengan mengoleskan sedikit concealer pada area tahi lalat, campurkan dengan gerakan melingkar hingga sesuai dengan warna kulit Anda. Lanjutkan dengan mengaplikasikan foundation pada wajah dan leher Anda. Gunakan kuas foundation kecil yang memungkinkan Anda lebih bebas mencampur concealer dan foundation dengan benar.

Jangan menggunakan concealer yang terlalu terang, karena akan membuat daerah tersebut menonjol dan itu kebalikan dari apa yang ingin Anda capai. Apabila Anda tidak mendapatkan efek yang Anda inginkan, Anda bisa menambahkan lagi concealer tersebut, tetapi jangan menggunakan bedak dahulu. Setelah semua dirasa cukup, saatnya Anda menggunakan lapisan akhir dengan bedak untuk seluruh wajah Anda.

Bagaimana cara menghilangkan Tahi lalat dengan benar?

Dalam menghilangkan Tahi lalat sebaiknya Tahi lalat tersebut jangan dikorek atau dilukai dengan jarum, karena dapat memicu infeksi atau berkembang menjadi kanker kulit. Cara cepat dan efektif dalam menghilangkan Tahi lalat ini adalah dengan operasi bedah dan juga dengan menggunakan metode laser.

1. Menghilangkan Tahi lalat dengan Operasi atau Pembedahan

Cara paling efektif dalam menghilangkan Tahi lalat adalah dengan melakukan operasi. Walaupun operasi Tahi lalat tergolong operasi kecil, sekedar tips dari Luvizhea.com sebelum Anda melakukan operasi tahi lalat ini sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke beberapa dokter, baik itu dokter kulit maupun dokter onkologi untuk mendapatkan “Second Opinion”. Terutama apabila tahi lalat yang akan diangkat tersebut berada pada area wajah, karena sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri seseorang.

Akan tetapi Dokter spesialis bedah onkologi (tumor) adalah dokter yang dianggap paling tepat dalam menangani kasus Tahi lalat ini, karena Tahi lalat pada dasarnya masuk dalam kategori tumor jinak. Walaupun dokter kulit dan dokter bedah plastik juga bisa menangani hal tersebut, namun Dokter bedah onkologi dapat membantu Anda mengetahui jenis dan seberapa berbahayanya tahi lalat di kulit lebih dalam. Dan, umumnya dokter bedah onkologi juga memiliki alat-alat yang lebih praktis dalam mengangkat tahi lalat tersebut.

Dalam prakteknya, bedah ini relatif sederhana dan biasanya dilakukan di bawah bius lokal, sehingga kita tetap dalam kondisi sadar saat dilakukannya operasi. Cara kerja operasi yaitu dengan cara mengiris (bedah) dan mengangkat tahi lalat. Dalam beberapa kasus, bius total mungkin diperlukan apabila Tahi lalat tersebut berukuran sangat besar (Tompel) atau telah berkembang menjadi tumor ganas atau kanker kulit.

Kekurangannya dari menghilangkan Tahi lalat secara operasi bedah ini biasanya dapat meninggalkan bekas sayatan operasi permanen apalagi jika Anda memiliki bakat keloid. Beritahukan dokter Anda sebelumnya apabila Anda memiliki bakat keloid, sehingga dapat dilakukan suntikan pencegahan sebelum operasi kecil ini dilakukan. Selain itu biayanya juga terbilang mahal tergantung pada ukuran dan tingkat kerumitan operasi.

2. Menghilangkan Tahi lalat dengan Metode Laser

Tahi lalatSelain dengan bedah, menghilangkan Tahi lalat dengan laser juga merupakan metode yang paling efektif. Teknik yang dipakai teknologi laser dinamakan “Ablasi”, yaitu membakar kelainan atau permasalahan yang terjadi pada kulit. Dalam prakteknya untuk menghilangkan Tahi lalat ini, dibutuhkan tembakan laser 5 hingga 10 menit. Sedangkan untuk Tahi lalat yang akarnya tumbuh agak dalam di bawah lapisan kulit, maka harus dilakukan terapi laser hingga beberapa kali hingga akarnya mati secara tuntas. Apabila tidak, Tahi lalat tersebut dapat tumbuh kembali.

Sama halnya dengan metode bedah, biaya menghilangkan Tahi lalat dengan teknologi laser ini juga terbilang cukup mahal dan bervariasi tergantung dari jumlah dan ukuran tahi lalat yang diangkat. Umumnya metode laser ini juga memiliki efek samping setelah melakukan terapi, yaitu berupa kemerahan pada kulit sekitarnya.

Baca juga: Pengaruh Tanda Lahir Cafe-au-lait pada saraf.

Bagaimana cara menghilangkan Tahi lalat dengan alami?

Memang metode medis seperti bedah dan laser yang telah Luvizhea.com jelaskan diatas membutuhkan biaya yang relatif mahal tetapi tingkat efektifitas dan keamanannya lebih terjamin karena ditangani langsung oleh ahlinya. Apabila kita tetap ingin menghilangkan Tahi lalat tersebut dengan metode lain, dibandingkan dengan menggunakan produk kimia yang tentunya memiliki efek samping yang belum kita ketahui, tidak ada salahnya kita mencoba salah satu dari cara alami dibawah ini untuk menghilangkan Tahi lalat yang ada pada kulit kita. Cara-cara ini merupakan cara tradisional yang telah digunakan dari zaman dahulu sebelum metode laser ditemukan.

1. Menghilangkan Tahi lalat dengan Cuka Cider

Apa itu cuka Cider? Cuka Cider adalah cuka yang dibuat dari bubuk apel atau bisa juga disebut cuka apel. Cuka Cider memang memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu menghilangkan tahi lalat. Caranya, pertama oleskan cuka Cider ke daerah tahi lalat yang ingin dihilangkan dengan menggunakan kapas atau cuttonbud. Lalu diamkan sekitar 20 menit atau tunggu hingga hasil olesan tersebut mengering. Kemudian setelah itu Bilas dengan air dingin atau kompres dengan es batu setelah itu. Lakukan cara ini 10 hingga 15 kali dalam sehari selama satu minggu.

2. Menghilangkan Tahi lalat dengan Getah Jarak

Getah jarak selain digunakan untuk mengobati sakit gigi, juga bisa dimanfaatkan untuk menhilangkan Tahi lalat. Anda bisa menggunakan getah jarak atau bisa juga menggunakan minyak jarak (Castor oil) yang dicampur dengan baking soda. Kemudia oleskan pada bagian Tahi lalat yang diinginkan, kemudian diamkan semalam. Cara ini dapat dengan cepat memudarkan tahi lalat, untuk hasil maksimal lakukan cara ini setiap hari.

3. Menghilangkan Tahi lalat dengan Bawang Putih

Mungkin sebagian dari kita tidak menyangka bahwa Bawang putih bisa digunakan sebagai penghilang Tahi lalat. Hal ini dikarenakan kandungan sulfur yang ada dalam Bawang putih dipercaya efektif untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya adalah ambil satu siung Bawang putih atau seperlunya kemudian haluskan. Setelah halus Anda bisa menempelkan pada bagian tahi lalat yang ingin dihilangkan, usahakan supaya Bawang putih tersebut tetap menempel dengan cara di perban atau diplester. Dan diamkan selama semalaman, lakukan cara ini dengan rutin hingga tahi lalat tersebut benar-benar hilang.

4. Menghilangkan Tahi lalat dengan Kapur Sirih

Cara terakhir ini sebenarnya tidak kami rekomendasikan, karena ini bukan lagi menggunakan bahan alami melainkan sudah menggunakan “bahan kimia”. Namun karena banyaknya pendapat dan saran masyarakat mengenai ampuhnya menghilangkan Tahi lalat dengan cara ini, maka kami tetap menginformasikannya kepada Anda.

Caranya adalah dengan mencampurkan kapur sirih dengan sabun colek ke dalam satu wadah. Setelah tercampur rata, oleskan pada permukaan tahi lalat yang diinginkan dengan menggunakan kapas. Anda bisa melakukan ini ketika malam hari menjelang tidur, karena dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu olesan tadi mengering.

Setelah mengering, ramuan yang diolesi tadi jangan dulu dibersihkan. Biarkan saja tetap menempel sampai tahi lalat tersebut jatuh dengan sendirinya tanpa dikelupas, dan penghilangan Tahi lalat dengan cara ini tidak akan menimbulkan bekas luka.

Yang perlu Anda garis bawahi, cara ini akan mengakibatkan rasa panas dan perih pada area Tahi lalat. Rasa perih itu timbul karena akar-akar dalam tahi lalat itu seperti terangkat dan mati oleh ramuan tersebut.

Baca juga: Mengatasi iritasi pada wajah akibat kosmetik.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh @LuviZhea.