BERANDA » KEHAMILAN » Mengatasi beberapa keluhan saat hamil muda

Mengatasi beberapa keluhan saat hamil muda

| LuviZhea Chandra

Luvizhea (19)Keluhan selama kehamilan pada trimester pertama banyak dialami oleh kebanyakan wanita. Mual-mual, susah makan, sering mengantuk, capek, pusing, masih sering cemas dengan kehamilannya dan perut terkadang terasa kram.

Berikut Luvizhea.com akan berbagi cara mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada kehamilan trimester pertama yang mungkin sedang Ibu alami :

1. Mual-muntah

Dalam mengatasi mual-mual ini Ibu bisa selalu sedia permen jahe kemanapun Ibu pergi. Setiap terasa mau mual, langsung saja kunyah permen jahe sampai rasa mualnya reda. Cara lain yang jitu yaitu dengan minum madu sebanyak 2 sendok makan. Hal ini selain meredakan rasa mual pada Ibu hamil muda juga bisa menambah nafsu makan.

Apabila rasa mual masih sering terutama pada siang hari, Ibu bisa menggeser jam makan siang dari jam 12.30 menjadi jam 15.00. Sementara siang harinya Ibu bisa menggantinya dengan makan buah-buahan.

Sekedar mengingatkan, apabila Ibu melakukan sikat gigi juga jangan terlalu heboh ya? karena hal ini bisa memicu mual dan muntah.

Apabila intensitas mual-muntah terlalu sering, biasanya Ibu akan mengalami “muntah disertai darah saat hamil” seperti yang sempat saya alami kemarin. Awalnya saya sempat khawatir, setelah di periksa oleh dokter kandungan, ternyata itu dikarenakan infeksi saluran pencernaan yang luka dan biasanya di sertai maag. Hal ini terjadi karena makanan yang saya konsumsi akhir-akhir ini selalu saja keluar sehingga lambung menjadi kosong. Tetapi ini tidak ada hubungannya dengan keguguran janin, jadi jangan khawatir apabila Ibu juga mengalami hal yang serupa.

Sebaiknya Ibu harus menjaga dan mengubah pola makan yang sesuai dengan kondisi Ibu saat ini. Misalnya apabila Ibu masih sering muntah, makan sedikit-sedikit tetapi sering bisa menjadi solusi jitu. Sehingga selain mengurangi rasa mual dan ingin muntah juga membuat lambung tidak kosong.

Atau apabila muntah semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dan Ibu biasanya juga akan diberikan oleh dokter obat untuk penghilang rasa mual yang diminum sehari sekali.

Baca juga: Cara mengatasi perut kembung pada saat hamil.

2. Sering Mengantuk dan mudah Lelah (Capek)

Ini terjadi karena hormon Progesteron yang meningkat selama kehamilan. Jadi terimalah apa adanya, tidak usah merasa bersalah selama hamil Ibu lebih banyak tidur-tiduran. Pada awalnya memang terkadang kita merasa seperti orang malas yang tidak berguna, tetapi dilawan pun percuma. Jadi lebih baik kita mengikuti alam bergerak saja, asal tetap seimbang.

Baca juga: Cara mengatasi gatal gatal pada saat hamil.

3. Sering Pusing

Apabila merasa pusing atau kepala terasa berat, Ibu bisa minum air hangat dan tidur. Ada juga yang menyarankan dengan merendam kaki pakai air hangat bisa membantu mengatasi rasa pusing ini. Selanjutnya yang paling jitu adalah dengan meminta suami kita untuk pijatin kepala, dijamin langsung tidur pulas.

Baca juga: Cara efektif mengatasi sakit kepala tanpa obat saat hamil.

Selain itu yang perlu Ibu waspadai, hati-hati terhadap gejala pusing yang disebabkan oleh Anemia. Apabila hal ini terjadi, harus konsultasi ke dokter dan minum tablet penambah darah.

4. Sering Cemas

Saat hamil muda, kebanyakan semua wanita masih sering merasa cemas akan kehamilannya. Hal ini selain dikarenakan masih rawan keguguran juga terjadi akibat pengaruh hormon selama kehamilan.

Biasanya kebanyakan wanita yang baru hamil pertama kali juga sering ke kamar mandi untuk melihat celana dalamnya, takut apabila ada flek-flek, apalagi setelah berhubungan. Apabila memang keluar flek, Ibu harus hati-hati, karena itu merupakan tanda-tanda kearah keguguran. Untuk itu Ibu yang mengalami flek atau memiliki riwayat kandungan lemah akan diberikan obat penguat kandungan oleh Dokter.

Baca juga: Kapan waktu yang aman untuk berhubungan seks saat hamil?

Menurut salah satu penelitian pada sebuah artikel yang sempat saya baca, keguguran lebih dikarenakan oleh kelainan kromosom dan genetik bukan karena kita melakukan ini atau tidak melakukan itu. Jadi kecemasan kita tidak akan bisa menambah atau mengurangi takdir kehidupan anak kita, karena itu hak prerogatifnya Tuhan. Berserah saja.

5. Susah Makan

Paksa! Bagaimanapun susahnya makanan masuk, harus dipaksa karena nutrisi adalah faktor paling penting dalam tumbuh kembang janin. Nasib anak kita sudah kita bentuk dari kandungan melalui pola makan kita, jangan gara-gara mual sedikit menyesal seumur hidup. Hamil kan cuma 9 bulan, akan tetapi hidup anak kita puluhan tahun lamanya. Kita tidak mau punya anak bodoh dan sakit-sakitan di kemudian harikan?

Baca juga: Mencegah dan mengatasi gejala Autis pada anak sejak dalam kandungan.

6. Perut kram / Linu

Ini akibat otot rahim kita yang meregang karena janin yang kita kandung semakin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Jadi normal-normal saja. Kecuali kalau kram perut hebat seperti mau mensruasi disertai flek atau pendarahan, mungkin itu gejala keguguran.

Baca juga : Cara mengatasi kontraksi ‘kram perut’ saat hamil.

Intinya pada trimester pertama kehamilan ini Ibu memang harus berhati-hati menjaga kandungan, menjaga kondisi fisik dan psikis serta harus memperhatikan asupan makanan yang mengandung gizi yang seimbang. Lakukan apa yang bisa Ibu lakukan semaksimal mungkin. Selebihnya serahkan pada Tuhan.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.