BERANDA » KECANTIKAN » Mengatasi bibir hitam dan kering serta bibir pecah-pecah

Mengatasi bibir hitam dan kering serta bibir pecah-pecah

| LuviZhea Chandra

Mengobati bibir pecah-pecahMemiliki bibir yang merah, lembab dan sehat adalah dambaan bagi setiap wanita. Bibir merupakan bagian tubuh yang cukup sensitif, baik terkena paparan sinar matahari maupun karena pengaruh bahan kimia dari kosmetik yang Anda pakai. Jika tidak dirawat dengan baik, besar kemungkinan terjadi masalah pada bibir dan tentunya akan berpengaruh pada penampilan Anda.

Masalah yang sering sekali dialami oleh wanita adalah kondisi bibir hitam atau bibir pecah-pecah serta tampak kering. Tidak hanya karena beberapa faktor yang sudah Luvizhea.com sebutkan diatas tadi, faktor-faktor lain seperti perubahaan suhu dan udara, kebiasaan merokok, kurang minum air putih juga merupakan penyebab yang melatarbelakangi permasalahan pada bibir ini.

Sebenarnya dari ketiga masalah yang sering terjadi, baik itu masalah bibir yang hitam, kering maupun pecah-pecah saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Lalu, bagaimana cara perawatan dan cara mengatasi permasalahan pada bibir ini? Berikut Luvizhea.com jelaskan untuk Anda:

Cara mengatasi bibir hitam

Bibir hitam menurut beberapa sumber yang Luvizhea.com dapatkan, bukanlah suatu penyakit. Seperti halnya masalah kulit kusam, kulit kering, dan perubahan yang dialami oleh kulit wajah atau pada bagian tubuh lainnya saja, ternyata kulit bibir juga bisa mengalami hal yang serupa. Bagi kebanyakan wanita, memiliki bibir hitam tentu akan membuat mereka merasa kurang percaya diri, karena bibir yang berwarna hitam akan memberikan efek kusam pada wajah.

Dalam menghindari bibir hitam ini, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah jangan merokok, kurangi mengkonsumsi kafein, hindari terlalu lama terkena sinar matahari langsung dan jangan biasakan menggigit-gigit atau menjilat bagian bibir.

Baca juga: Bagaimana cara mengatasi sariawan pada bayi?

Andapun bisa melakukan perawatan dengan memilih salah satu bahan alami yang tentunya aman dan efektif dalam mengatasi bibir hitam ini, di antaranya:

1. Madu

Madu atau cairan kental berasa manis yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga ini kaya akan manfaat termasuk dalam dunia kecantikan. Selain digunakan untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam bekas jerawat, madu juga dipercaya ampuh membuat bibir kembali merah merona. Cara pemakaiannyapun sangat mudah, ambil satu atau dua tetes madu kemudian oleskan pada bibir sebelum tidur dan bilas pada pagi harinya. Agar lebih maksimal, lakukan ini setiap hari.

Madu ini bisa juga di kombinasikan dengan bahan alami lainnya, bukan hanya untuk mengatasi masalah bibir hitam saja, madu juga bermanfaat dalam mengatasi bibir kering dan bibir pecah-pecah, tetapi yang perlu di ingat, gunakan madu yang murni dan asli. Karena madu merupakan campuran yang paling esensial , kaya manfaat, dan mudah untuk didapatkan, tentu saja ini mengkombinasikan madu dengan bahan lainnya tidak akan mengurangi manfaat yang dikandungnya.

2. Lidah Buaya

Satu lagi tumbuhan kaya manfaat yang tidak diragukan lagi keberadaanya adalah tanaman lidah buaya. Selain digunakan untuk memperindah rambut, gel lidah buaya ini ternyata juga bisa mengurangi warna hitam pada bibir. Cara pakai dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bibir dan lakukan ini secara rutin agar hasil yang maksimal.

3. Mentimun

Mentimun juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat lainnya, mentimun juga turut andil dalam dunia kecantikan, sebut saja dapat mengurangi bibir hitam. Cara pakainya adalah, Haluskan mentimun dan campur dengan air perasan jeruk nipis,kemudian oleskan pada bibir secara merata, setelah beberapa menit, bilas dengan air dingin.

4. Wortel

Kadar air dan zat warna pada wortel bermanfaat mengatasi bibir kering serta mengembalikan warna alami bibir. Cara pakainya dengan memarut wortel segar yang telah dibersihkan, kemudian peras wortel dan minum airnya, Sedangkan ampasnya aplikasikan pada permukaan bibir

Cara mengatasi bibir kering

Saat bibir kering, memakai lip balm mungkin membantu, namun itu hanya bersifat sementara dan hanya efektif jika masalah bibir kering tidak terlalu parah. Jadi bagaimana penanganan bibir kering yang tepat?

Sama seperti halnya bibir hitam, berbagai cara alami juga dapat dilakukan untuk mengatasi bibir kering ini, diantaranya adalah dengan memperbanyak minum air putih, Pintar dalam memilih kosmetik, Hindari penggunaan lipstick yang mengandung pewarna sintetis dan juga pewangi yang berpotensi menimbulkan iritasi, hindari minuman beralkohol, dan juga melakukan perawatan dengan menggunakan bahan yang alami seperti:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan yang ampuh dalam mengatasi bibir kering maupun pecah-pecah, karena salah satu manfaat minyak zaitun berfungsi untuk melembutkan bibir. Cara yang dapat dilakukan sangatlah praktis, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada bagian bibir, kemudian lakukan sedikit pemijatan agar nutrisi dapat terserap dengan baik. Penggunaan minyak zaitun untuk perawatan ini sebaiknya dilakukan sebelum tidur dimalam hari. Sedangkan jenis minyak zaitun yang bagus untuk digunakan adalah extra virgin atau unrefine.

2. Jeruk

 Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Selain menyegarkan, vitamin C pada jeruk dapat melembabkan bibir. Caranya dengan mengkonsumsi 2 gelas juice jeruk setiap hari sebelum dan sesudah makan.

3. Tomat

Selain bisa membantu menurunkan berat badan dan mengobati sariawan,buah yang memiliki rasa asam ini juga berkhasiat untuk melembabkan bibir. Cara pemakaiannya, ambil irisan tomat dan tambahkan dengan sedikit madu, kemudian oleskan pada bibir secara teratur.

Dan perlu di ingat, jika ditemui bibir kering, jangan langsung mengelupasnya, gunakan handuk basah untuk membersihkan bibir dalam mengelupas sel kulit mati tersebut, setelah bersih gunakan lip glass, hal ini untuk mengurangi rasa perih karena luka robek kecil pada bagian bibir yang tentunya bisa memperparah keadaan, dan menjadikan bibir pecah-pecah.

Cara mengatasi bibir pecah pecah

Bibir pecah-pecah tentu akan membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman karena rasa perih yang ditimbulkannya. Hal ini salah satunya bisa jadi di akibatkan oleh sariawan, panas dalam maupun faktor iritasi karena tidak cocok pada lipstick yang Anda pakai maupun obat kumur. Selain itu Anda juga di anjurkan jangan keseringan mengkonsumsi makanan yang terlalu panas dan pedas. Dan bagi beberapa orang yang sensitif, hindari makanan yang mengandung garam tinggi seperti kuaci dan juga buah yang bergetah misalnya duku.

Selain memperbanyak minum air putih, dan mencukupi asupan berupa sayur dan buah, berikut beberapa bahan alami yang dapat dipilih dalam mengatasi bibir pecah-pecah:

1. Minyak Almond

Salah satu pengobatan yang efektif dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan mengolesinya dengan minyak almond yang dicampur dengan madu. Minyak almond seperti yang Anda ketahui selain merupakan sumber antioksidan juga memiliki Kandungan serat, protein, vitamin A, E, asam oleat, kalsium, zat besi, dan lain sebagainya yang bermanfaat untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Oleh karena itu, akan sangat baik mengembalikan kelembaban bibir Anda yang kering dan pecah-pecah dengan menggunakan minyak almond. Anda tidak perlu khawatir merasakan pedih saat mengolesikannya pada bibir yang pecah-pecah, karena nutrisi minyak almond ini akan sekaligus menyembuhkan dan membantu mempercepat menutupnya luka.

2. Lemon

Selain digunakan sebagai minuman penyegar dan penyedap masakan, lemon juga dipercaya ampuh untuk mengatasi bibir pecah-pecah karena kaya akan vitamin C. Cara pakainya, dengan mencampur perasan jeruk lemon dengan madu secukupnya, kemudian oleskan pada bibir secara merata 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Mentega

Belum banyak diketahui bahwa asam lemak yang ada pada mentega akan menyembuhkan bibir pecah-pecah dan mengembalikan kelembaban alami pada bibir. Cara pakainyapun sangat mudah, oleskan mentega pada bibir secara merata dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga: Manfaat dan resiko tanam benang di wajah.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.