BERANDA » KESEHATAN » Cara cepat mengatasi mata Bintitan atau Timbilen

Cara cepat mengatasi mata Bintitan atau Timbilen

| LuviZhea Chandra

BintitanBintitan atau Timbilen yang dalam istilah kedokteran disebut Hordeolum merupakan suatu infeksi atau peradangan pada bagian kelopak mata. Gejala yang muncul adalah tumbuhnya benjolan merah mirip bisul kecil pada kelopak mata disertai rasa sakit atau nyeri ketika mata berkedip maupun ketika disentuh.

Mitos yang menyatakan bahwa Bintitan disebabkan karena seseorang yang suka mengintip adalah tidak benar, karena pada dasarnya Bintitan lebih disebabkan oleh bakteri “Staphylococcus Aureus”. Pasalnya juga semua orang baik laki-laki maupun wanita, dari bayi, anak-anak hingga dewasa juga bisa terkena Bintitan atau Timbilan ini. Penularan atau terjangkitnya bakteri penyebab Bintitan juga beragam, diantaranya dikarenakan kebersihan di daerah sekitar mata yang kurang terjaga, karena debu dan kotoran, penggunaan kosmetik (eyeliner) yang telah kadaluarsa, terlalu sering mengucek mata dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengatasi iritasi pada wajah akibat kosmetik.

Apabila dilihat dari jenis mata Bintitan, sesuai dengan kondisinya Bintitan atau Timbilen ini dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Hordeolum Eksternum

Hordeolum Eksternum merupakan Bintitan yang terjadi pada bagian luar kelopak mata tepatnya disekitar bulu mata. Biasanya disebabkan oleh bakteri yang menempel di bulu mata, masuk melalui pori-pori kemudian menginfeksi kelenjar zeiss dan kelenjar moll yang letaknya memang berdekatan dengan pangkal bulu mata, sehingga membentuk bisul kecil.

2. Hordeolum Internum

Hordeolum Internum merupakan Bintitan yang terjadi di dalam kelopak mata. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi kelenjar lemak diarea kelopak mata sehingga bagian dalam kelopak mata akan membengkak dan terasa mengganjal pada mata.

3. Herdeolum Kalazion

Herdeolum Kalazion merupakan Bintitan yang masih terlihat membesar tetapi sudah tidak aktif lagi (tidak terasa sakit) setelah beberapa minggu sejak awal Anda mengalami Bintitan. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun diduga ini karena gangguan sekresi kelenjar meibom sehingga menyebabkan penyumbatan dan menimbulkan reaksi jaringan sekitarnya terhadap bahan-bahan yang tertahan, sehingga benjolan tersebut tidak mengecil melainkan “mengeras”.

Bagaimana cara mengobati mata Bintitan atau Timbilen secara alami?

Sebenarnya, hampir semua dari kasus Bintitan tidak membutuhkan penanganan medis khusus dan bisa sembuh sendiri antara 7-20 hari, tentunya setelah benjolan semakin membesar dan pecah dengan mengeluarkan “mata nanah”. Untuk itu sebaiknya Anda tunggu sampai benjolan tersebut pecah dengan sendirinya.

Perlu di ingat, jangan pernah memencet atau memecahkan benjolan Bintitan tersebut karena akan memperparah infeksi yang ada dan resiko komplikasi akan semakin besar. Terutama, apabila lokasinya di kelopak atas, sebab pembuluh darah di area tersebut berukuran besar. Dan apabila dipencet, nanah bisa masuk ke dalam pembuluh darah sehingga beresiko terjadi penyebaran yang bisa menyebabkan komplikasi sepertii phlebitis (radang pembuluh darah). Bahkan bisa menyebar ke jaringan sekitar mata sebagai Periorbital Cellulitis.

Baca juga: Cara tepat mengatasi sakit mata merah pada bayi.

Tetapi ada baiknya ketika ada indikasi Anda akan mengalami Bintitan yaitu sebelum benjolan akibat bintitan tumbuh semakin membesar dan rasa sakitnya semakin menjadi, Anda melakukan beberapa cara agar benjolan awal akibat Bintitan tersebut tidak semakin menjadi dan bisa segera mengecil kembali sehingga Anda tidak jadi mengalami Bintitan. Tetapi bagaimana caranya? Beredar kabar antara mitos dan fakta disekitar kita (umumnya orang Jawa) bahwa “kotoran telinganya sendiri” dapat mengatasi benjolan akibat Bintitan sehingga Anda tidak jadi mengalami Bintitan tersebut. Caranya tinggal Anda oleskan “kotoran telinga” tersebut pada bagian yang terasa sakit yang akan mengalami Bintitan. Memang kedengaranya aneh dan jijik. Tetapi sudah banyak yang mempraktekan dan berhasil. Entah ini secara kebetulan ataupun tidak, tetapi bisa dijelaskan bahwa memang berdasarkan penelitian “kotoran telinga” mengandung bahan pelindung antibakteri yang berfungsi dapat menjaga telinga dari infeksi. Ini juga yang menjadi alasan kotoran telinga tidak perlu terlalu sering di bersihkan.

Namun seperti yang Luvizhea.com dapatkan dari berbagai sumber, terdapat beberapa cara yang sering dianjurkan dalam mengatasi mata Bintitan atau Timbilen ini yang bisa Anda coba, diantaranya:

1. Mengatasi Bintitan pada kelopak mata dengan Kompres hangat

Langkah awal yang biasanya disarankan dokter untuk mengobati mata Bintitan adalah dengan rutin melakukan kompres hangat pada area benjolan yang terasa sakit. Hal ini bertujuan untuk mempercepat keluarnya nanah, atau bisa jadi mengempeskan area benjolan (bengkak) dan meredakan rasa sakit yang timbul akibat Bintitan tersebut. Caranya ambil 2-3 lembar kapas kosmetik yang dibasahi air hangat, peras lalu kemudian tempelkan pada area kelopak mata yang Bintitan selama 3-5 menit, lakukan secara berulang.

Baca juga: Cara menghilangkan kantung mata.

2. Mengobati Bintitan pada kelopak mata dengan Bawang Putih 

Selain dengan cara dikompres dengan air hangat yang Luvizhea.com sebutkan diatas, Anda juga dapat menyembuhkan mata Bintitan dengan bawang putih. Ini karena bawang putih mengandung senyawa antibakteri, yang diyakini juga dapat membasmi bakteri penyebab mata Bintitan. Caranya bawang putih yang telah ditumbuk dioleskan pada area yang mengalami Bintitan, tetapi harus hati-hati jangan sampai terkena mata. Cara ini dinilai efektif tetapi akan menimbulkan rasa panas perih pada bagian benjolan akibat Bintitan tersebut ketika dioleskan.

3. Mengobati Bintitan pada kelopak mata dengan daun sirih

Tips selanjutnya untuk mengobati mata bintitan adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih ini sudah terbukti dapat mengobati berbagai jenis sakit mata, termasuk untuk mata Bintitan. Hal ini karena daun siri juga mengandung antibakteri sama halnya seperti bawang putih. Caranya dengan mengoleskan getah dari tangkai daun sirih secara langsung pada area kelopak mata yang Bintitan. Atau bisa juga dengan merebus 1-3 lembar daun sirih dengan 1-2 gelas air hingga mendidih, setelah dingin air tersebut bisa digunakan untuk membersikan area mata yang sakit atau Bintitan.

4. Mengobati Bintitan pada kelopak mata dengan Kunyit

Khasiat kunyit sebagai pembunuh bakteri sudah pernah Luvizhea.com bahas, salah satunya pada artikel Cara mengobati Suleten “Impetigo” pada bayi. Kunyit mengandung antiseptik (antibakteri), anti-inflamasi , antijamur, antialergi alami yang tentunya aman digunakan dan bermanfaat dalam mengatasi berbagai penyakit kulit, termasuk Suleten maupun Bintitan yang disebabkan oleh bakteri. Caranya satu ruas kunyit bisa Ibu parut dan kemudian oleskan pada kelopak mata yang mengalami Bintitan. Hal ini tentu akan mempercepat penyembuhan dan meredakan bengkak yang timbul karena infeksi dan peradangan akibat Bintitan.

Kapan gejala Bintitan atau Timbilen harus ditangani secara medis?

TimbilenWalaupun sudah dijelaskan diatas bahwa Bintitan tidak memerlukan penanganan medis khusus dan bisa sembuh dengan sendirinya tetapi kemungkinan mengalami komplikasi tetap ada. Membawa ke Dokter lebih dini adalah hal yang terbaik untuk mencegah komplikasi tersebut. Atau Anda bisa memeriksakan diri ke Dokter apabila Bintitan yang Anda alami tidak menunjukkan tanda-tanda membaik setelah 3-4 hari dan pembengkakan menyebar hingga seluruh kelopak mata (terjadinya pembesaran kelenjar aurikel) atau ke bagian lain wajah seperti pada pipi, sebaiknya memang harus diberi antibiotik lokal, Eritromisin 250 mg atau 125-250 mg Diklosasilin 4 kali sehari, dan dapat juga diberi Tetrasiklin sesuai resep Dokter.

Bagaimana mengatasi Herdeolum Kalazion (Benjolan pada kelopak mata “Bintitan” yang sulit hilang)

Untuk Herdeolum Kalazion membutuhkan penaganan yang berbeda dibanding Herdeolum pada umumnya, yaitu tidak memerlukan antibiotik. Melainkan bisa langsung diadakan penyayatan berupa insisi dan kuretase oleh Dokter untuk mengeluarkan isi kelenjar yang menyebabkan benjolan tersebut tetap ada. Tindakan ini tidak meninggalkan bekas karena luka sayatannya hanya sekitar 2-3 mm saja.

Atau Anda juga dapat mengatasi Kalozion dengan melakukan pengurutan pada benjolan dikelopakmata ke arah muara kelenjar meibom, dalam hal ini pengompresan dengan air hangat juga dibutuhkan untuk bisa mempercepat kesembuhan dan pengempesan dari benjolan yang mengeras pada kasus Kalozion ini.

Tindakan Pencegahan agar terhindar dari Bintitan

Menjaga kebersihan mata adalah langkah terpenting agar terhindar dari bintitan. Proses tersebut dapat kita lakukan melalui langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  • Jangan terlalu sering mengucek mata, tindakan ini dapat memicu iritasi dan berpindahnya bakteri ke mata.
  • Lindungi mata Anda dengan senantiasa mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau memakai kacamata pelindung saat melakukan perjalanan dengan sepeda motor agar terhindar dari debu dan polusi.
  • Jika Anda menggunakan lensa kontak, cuci dan sterilkan sebelum digunakan. Pastikan Anda tidak lupa mencuci tangan sebelum memasangnya.
  • Perhatikan kosmetik yang Anda gunakan. Hindari kosmetik yang kadaluarsa, bersihkan makeup Anda sebelum tidur, dan buanglah kosmetik untuk mata yang pernah Anda gunakan sebelum dan sewaktu mengidap bintitan.

Baca juga: Mengatasi masalah jerawat akibat hormon.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh @LuviZhea.