BERANDA » FASHION » Cara menghilangkan noda membandel pada pakaian

Cara menghilangkan noda membandel pada pakaian

| LuviZhea Chandra

Mencuci bajuPakaian yang kita gunakan setiap hari akan sangat rentan terkena noda. Mulai dari sisa makeup, keringat yang kotor, bintik bintik hitam akibat jamur, hingga noda dari luar seperti noda akibat karat, cat, oli, tinta atau tumpahan makanan yang tidak sengaja. Membersihkannya pun biasanya cukup sulit, tetapi sekarang Anda bisa dengan mudah membersikan beberapa jenis noda tersebut melalui cara-cara jitu menghilangkan noda membandel pada pakaian yang Luvizhea.com sajikan berikut ini:

Menghilangkan Noda Tinta

Cara Pertama:

Teteskan aseton cairan penghapus cat kuku pada bagian yang terkena noda. Diamkan kurang lebih 30 menit setelah itu kucek-kuceklah sampai tinta benar-benar luntur dan bersih. Nah untuk menyempurnakannya, kita bisa mencuci pakaian tersebut seperti biasanya, yaitu dengan menggunakan detergen, kemudian bilaslah sampai bersih.

 Cara Kedua:

Untuk noda tinta yang sudah lama tidak bisa dihilangkan coba gunakan hairspray yang mengandung aerosol. Caranya, semprotkanlah pada lap kering, kemudian gosok-gosokkan pada tempat yang terkena noda. Zat aerosol mungkin saja dapat menghilangkan tinta. Hanya saja, kelemahannya bisa meninggalkan residu yang lengket pada pakaian. Tapi tidak semua jenis spray rambut ada yang mengandung aerosol jadi hati-hatilah ketika membeli.

Cara Ketiga:

Ada beberapa masukan lain yang lebih khusus, yang terkait dengan warna pakaian. Untuk pakaian berwarna, apabila terkena noda tinta, kita bisa membersihkannya dengan air susu. Zat laktosa di dalamnya dapat meluruhkan tinta sedikit demi sedikit. Kita hanya perlu ekstra bersabar sebelum semua nodanya hilang. Caranya, rendamlah pakaian yang terkena noda tinta dalam air susu selama beberapa menit. Kemudian, angkat dan kuceklah sebentar. Masukkan lagi ke dalam larutan susu, lalu cucilah dengan air dingin.

Menghilangkan Noda Akibat Kunyit

Noda yang diakibatkan kunyit akan membekas lama pada pakaian. Sebagaimana noda menguning pada tangan yang ditimbulkan saat memotong atau menyentuh kunyit. Untuk menghilangkannya cukup mudah, yaitu dengan menggosokannya segera setelah pakaian terkena kunyit. Lalu melunturkan warna kekuningan kunyit dengan menggunakan cuka atau jeruk nipis. Selain itu Anda bisa menggunakan kombinasi sabun dan boraks,

Menghilangkan Noda Minuman Berwarna

Noda minuman berwarna memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam pembersihannya. Tergantung pada jenis minuman yang diminum. Misalnya saja noda minuman sirup, tentu akan berbeda dengan noda minuman soda, apalagi minuman yang mengandung alkohol. Jika terkena, segera tuangkan garam ke pakaian yang terkena noda, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan berulang kali hingga noda luntur dengan sendirinya. Baru setelahnya pakaian bisa dicuci seperti biasa.

Menghilangkan Noda Darah Bekas Mentruasi

Bagi sebagian wanita, saat noda menstruasi membekas di “pakaian dalam” mungkin akan menjengkelkan. Apalagi bila noda darah terlanjur membekas dan sulit dihilangkan. Akhirnya, tidak sedikit perempuan yang membuang pakaian dalamnya. Sebenarnya caranya tidak begitu sulit, pertama-tama setelah pakaian dalam digunakan segera cuci dengan air yang mengalir sehingga noda darah tersebut hilang, bisa menggunakan sabun maupun sikat kain.

Apabila noda tersebut sulit dihilangkan, jangan khawatir. Anda bisa menggunakan Hidrogen peroksida, dimana senyawa ini sangat efektif untuk menghilangkan noda darah saat menstruasi. Tapi ingat, hidrogen peroksida dapat menyebabkan warna pakaian memudar. Atau solusi terakhir dari Luvizhea.com, Anda bisa menggunakan bubuk aspirin. Aspirin adalah obat umum yang dijual diapotek sebagai pereda nyeri dan pereda demam. Jadi gunakan bubuk aspirin ini hingga mengental dan letakkan pada noda. Selain aspirin, campuran garam dan beberapa sendok baking soda juga bekerja dengan baik menghilangkan noda bekas darah ini.

Menghilangkan Noda Bintik-Bintik Hitam akibat jamur

Noda bintik-bintik akibat jamur akan sangat sulit dihilangkan dan seringnya merusak tampilan pakaian. Sekalipun begitu, sebenarnya noda tersebut juga bisa hilang dengan menggunakan Citrid Acid (Sitrun), untuk membuat rasa asam pada makanan (dapat dibeli di toko-toko bahan makanan).Sifat asam kuat pada citric acid ini sangat ampuh untuk membersihkan noda yang bersifat basa. Sehingga noda-noda basa dapat dihilangkan. Untuk proses atau tata caranya, pertama siapkan air mendidih dalam ember secukupnya masukan cittic acid (sitrun) ke dalamnya secukupnya. Untuk satu baju Sekitar 2 sendok makan. Lalu aduk sampai larut semuanya dalam air panas. Masukan pakaian berjamur ke dalam larutan tersebut, hingga terendam semua, rendam beberapa saat sekitar 10 menit. Kemudian setelah agak dingin baju dikucek secara keseluruhan. Setelah dirasa cukup, pakaian langsung dibilas dengan air bersih beberapa kali. Silahkan coba dan lihat hasilnya. Telah dicoba dan terbukti membersihkan bintik-bintik hitam akibat jamur dan membuatnya lebih terlihat baru.

Menghilangkan Noda Keringat Ketiak

Noda yang diakibatkan oleh keringat umum berada pada bagian belakang leher, ataupun ketiak. Khusus untuk ketiak, karena seringnya penggunaan deodoran, tidak jarang juga sisa keringat yang menempel pada baju berwarna kekuningan dan akan semakin mengeras setelah melewati proses pencucian. Untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan dua buah aspirin yang dihancurkan bersama setengah air hangat. Lalu rendam semalaman, baru dicuci.

Menghilangkan Noda Permen Karet

Noda permen karet akan sulit dihilangkan dari pakaian. Apalagi jika sudah mengering dan menempel. Cara paling mudah adalah dengan memasukkan pakaian ke dalam kulkas atau memberi cuka pada bagian yang ternoda. Keduanya bisa melembekkan lagi permen karet, agar lebih mudah dikerik dengan pisau.

Menghilangkan Noda Karat

Ketika Anda menggantung pakaian, Untuk gantungan yang terbuat dari kawat besi tidak jarang gantungannya berkarat dan meninggalkan noda karat pada pakaian Anda. Cara membersikannya adalah Masaklah air di ketel, lalu pakaian yang terkena noda karat dijerang ke uap panas ketel sambil diberi perasan air jeruk nipis/lemon. Kucek beberapa saat dan setelah itu, cuci seperti biasa. Atau Anda bisa menetesi bagaian yang berkarat dengan cuka dan garam. Gosok sampai bersih. Setelah itu, cuci pakaian dengan sabun. Ulangi cara ini sampai noda karatnya hilang.

Menghilangkan Noda Cat dan Oli

Ketika kita sedang mengecat rumah tidak sering pakaian kita terkena cat yang belum kering, atau ketika suami sedang memperbaiki kendaraan ketika mogok juga pakaiannya bisa terkena noda oli, Cara membersihkannya, Anda bisa menggunakan sebutir telur, pecahkan. Oleskan putih telur ke noda terkena cat atau oli tersebut. Gosok pakaian yang ada nodanya berulang-ulang dan rendam semalaman. Kemudian bilas dan cuci seperti biasa.

Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju

Jika kita mencuci baju, terutama baju baru yang berbeda warna, terkadang baju kita yang lain terkena lunturan dari warna baju yang lain, cara mengatasinya adalah Ambil asam cuka lalu campur dan larutkan dalam air bersama diterjen, lalu rendam pakaian yang terkena luntur tersebut selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Selain itu Anda juga bisa manfaatkan garam dapur secukupnya caranya sama seperti yang di atas.

Nah, tidak sulit kan? menghilangkan noda membandel yang tidak mau pergi pada pakaian. Biar lebih sempurna, jemur pakaian yang telah Anda cuci di bawah sinar matahari langsung, hindari pengering pakaian pada mesin cuci agar noda tidak semakin kuat menempel pada serat kain pakaian Anda.

Baca juga: Cara merawat sweater agar tidak terurai atau berbulu.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.