Cara efektif melatih anak yang terlambat bicara

Keterlambatan bicara pada balita merupakan salah satu masalah umum yang dialami beberapa orang tua. Keterlambatan bicara adalah suatu kondisi ketika balita Anda tidak bisa berbicara sama sekali atau hanya bisa mengucapkan beberapa kata saja.

Kebanyakan kasus anak terlambat berbicara karena kurangnya dari mendapatkan masukan kosakata baru dan kesalahan metode dalam melatih pemahaman arti dari kata-kata tersebut. Dan hanya beberapa kasus saja dalam masalah ini, disebabkan oleh gangguan pendengaran, penglihatan maupun gangguan-gangguan lainnya seperti Retardasi Mental atau Gangguan Autistik (autisme).

Untuk melatih kemampuan bicara pada anak yang terlambat bicara, peranan orang tua, kakek, nenek, pengasuh dan anggota keluarga lainnya sangat penting. Kita harus bisa berinteraksi aktif secara verbal atau sering mengajak anak bicara dengan nada yang tepat untuk melatih anak tersebut dalam berbicara.

Tetapi, jika ditemukan gangguan pada si anak, maka yang pertama dilakukan adalah dengan memperbaiki dahulu gangguan tersebut. Misal pada kasus gangguan pendengaran, solusinya bisa dengan memberikan alat bantu pendengaran, setelah itu baru melatih anak belajar untuk berbicara.

Karena pada prinsipnya, sebelum anak mulai bicara. Terlebih dahulu anak melalui yang namanya proses pemahaman. Sedangkan proses ini bermula jika proses mendengar berkembang dengan baik.

Benarkah lebih cepat anak perempuan dalam belajar berbicara?

Perkembangan bahasa pada setiap anak memang berbeda. Statistik menunjukkan selama 2 tahun pertama, anak perempuan menguasai rata-rata 120 kata sedangkan anak laki-laki hanya 90 kata. Tetapi pada usia pra-sekolah, anak perempuan biasanya kehilangan minatnya pada pelajaran dibandingkan anak laki-laki. Alasan yang mendasari ini belum jelas, kemungkinan besar karena adanya proses hormonal yang berperan penting sehingga otak pada anak perempuan matang lebih cepat dibandingkan anak laki-laki. Inilah yang menyebabkan anak perempuan lebih mudah memahami bahasa yang abstrak. Dibandingkan anak laki-laki yang membutuhkan kombinasi antara ungkapan akustis dan optis.

Prinsip yang sebaiknya dipegang adalah keterlambatan bicara dapat ditoleransi apabila anak mengerti semua yang diucapkan padanya. Apabila anak tidak mengerti ucapan orang lain, anak cuek, tidak mau menatap mata orang, sulit menoleh ketika dipanggil, bicara bahasa yang tidak dimengerti sama sekali, dan hiperaktif maka segeralah dibawa ke dokter anak.

Teknik untuk melatih dan merangsang bicara pada anak yang terlambat bicara

Selain itu, Anda bisa menggunakan tips dan metode dari Luvizhea.com yang didapat dari berbagai sumber tentang teknik untuk melatih dan merangsang bicara pada balita, sehingga setiap ibu bisa menerapkannya untuk meningkatkan kemampuan balita yang terlambat berbicara. Seperti:

Baca juga: Hati-hati, ucapan Anda bisa membentuk karakter anak, dan Anak belajar menyalahkan orang lain dari sikap kita.

Categories:
Tags: , , ,
Berbagi artikel di: