BERANDA » KECANTIKAN » Tips mencegah dan mengatasi bau pada kaki

Tips mencegah dan mengatasi bau pada kaki

| LuviZhea Chandra

Bau kakiBau kaki yang tidak sedap merupakan masalah paling umum yang khususnya dialami oleh orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di luar rumah. Sama seperti halnya Bau Badan, masalah Bau Kaki juga sering membuat penderitanya merasa malu. Bau kaki memang indentik dengan pemakaian sepatu. Baik itu dimusim panas (kemarau) maupun dimusim hujan, masalah bau kaki ini tetap banyak yang mengalaminya. Kenapa demikian? Karena dimusim panas kelenjar keringat akan semakin aktif memproduksi keringat karena faktor “gerah”, sedangkan dimusim penghujan kaki akan semakin “lembab” sehingga membuat bakteri atau jamur semakin berkembang karena sepatu yang kurang kering misalnya.

Baca juga: Cara ampuh menghilangkan bau badan.

Apa penyebab bau tidak sedap pada kaki?

Seperti yang Luvizhea.com kutip dari berbagai sumber, bau kaki yang kurang sedap desebabkan oleh dua faktor, yaitu Bromhidrosis dan Hiperhidrosis.

Bromhidrosis adalah kelompok bakteri yang memproduksi aroma bau yang tidak sedap yang biasanya terdapat pada selah-selah kuku jari kaki. Sedangkan Hiperhidrosis adalah salah satu masalah produksi keringat yang berlebihan. Masalah kelebihan keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kaki ini bisa juga disebabkan oleh masalah sistem kerja tubuh yang kurang seimbang seperti anemia, lemah jantung atau kelenjar gondok yang terlalu aktif.

Dan apabila bakteri serta masalah keringat ini bertemu dan kemudian bercampur maka akan memproduksi Isovaleric acid, yaitu salah satu jenis zat yang menghasilkan bau tidak sedap dan bisa menimbulkan infeksi jamur serta sel-sel kulit mati pada kaki.

Baca juga: Mengatasi tumit kaki kering dan pecah-pecah.

Bagaimana cara mencegah bau kaki?

Kebiasaan menjaga kebersihan mulai dari hal yang sederhana biasanya mampu mengatasi masalah bau kaki ini. Berikut hal yang perlu Anda perhatikan dalam mencegah munculnya bau tidak sedap pada kaki:

  • Kenakan sepatu dengan ukuran yang pas dan jangan menggunakan sepatu tanpa kaos kaki.
  • Gunakan kaos kaki dengan bahan katun agar pori-pori kaki dapat bernafas dengan baik.
  • Jangan menggunakan kaos kaki yang sama selama beberapa hari, karena hal ini akan menimbulkan bau kurang sedap dan membuat bakteri penyebab bau kaki lebih mudah berkembang.
  • Jangan pakai sepatu dalam keadaan basah, sepatu dalam keadaan basah bisa membuat bakteri yang ada di dalamnya mengalami perkembangan dan menimbulkan bau kurang sedap.
  • Jangan biarkan kaki terlalu lama lembap di dalam sepatu. Setiap beberapa jam, buka sepatu, lalu semprotkan spray atau bedak antibau khusus untuk kaki.
  • Rutin dalam merarawat kuku serta menjaga kebersihan kaki.

Bagaimana cara menghilangkan bau kaki secara alami?

Selain hal dalam menjaga kebersihan sepatu dan kaos kaki yang Anda pakai sehari-hari ketika beraktifitas diluar rumah, dalam menghilangkan bau tidak sedap pada kaki ini harus mengatasi dari sumber penyebab bau kaki tersebut. Yaitu bagaimana “membunuh” bakteri penyebab bau tidak sedap pada kaki tersebut secara alami, dengan berbagai cara seperti yang Luvizhea.com sebutkan berikut ini:

  • Anda bisa merendam kaki ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan sabun anti bakteri (antiseptic). Saat ini sudah banyak produk sabun antiseptic yang bisa Anda beli ditoko atau minimarket terdekat dari tempat tinggal Anda.
  • Selain merendam kaki dengan air hangat yang telah dicampur dengan sabun anti bakteri (antiseptic), Anda juga bisa merendam kaki Anda pada air hangat yang dicampur dengan bahan alami seperti teh hijau atau jeruk nipis atau jeruk lemon. Bahan alami tersebut dipercaya mampu menghilangkan bau kaki dan infeksi karena jamur dikaki.
  • Anda juga bisa merendam kaki Anda dalam air garam dan gunakan batu apung untuk menggosok kaki Anda. Garam dapat mengontrol keringat berlebih dan teknik penggosokan akan membantu Anda menyingkirkan kulit mati dan infeksi jamur pada kaki.
  • Anda bisa menggunakan bubuk kopi murni untuk ditaburkan pada kaki. Lakukan pada malam sebelum tidur dan pada pagi hari. Bubuk kopi ini sudah terkenal ampuh untuk menghilangkan bau, seperti bau bekas bangkai tikus dan bau-bau tidak sedap lainnya. Baca juga: Manfaat kopi untuk kecantikan wanita.

Selain cara mencegah dan mengatasi bau kaki dari luar seperti yang Luvizhea.com sebutkan diatas, Anda juga bisa mencegah dan menghilangkan bau kaki ini dari dalam melalui makanan yang Anda konsumsi. Kekurangan asupan makanan yang mengandung mineral akan menimbulkan masalah salah satunya ya bau kaki ini. Maka dari itu untuk mengatasi bau kaki ini, Anda bisa mengkonsumsi yoghurt, ikan salmon, beras merah, kacang hitam, dan juga kacang almond karena makanan tersebut mengandung mineral-mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti seng dan magnesium. Mungkin Anda juga disarankan untuk bisa menghindari makanan yang memiliki rasa dan aroma yang kuat seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan paprika karena zat yang memberikan rasa dan aroma yang kuat dapat “berkonsentrasi” dalam keringat Anda sehingga membuat bau badan semakin menyengat.

Baca juga: Resiko menggunakan high heels bagi kesehatan wanita.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.