BERANDA » KECANTIKAN » Pengembalian bentuk tubuh pasca melahirkan

Pengembalian bentuk tubuh pasca melahirkan

| LuviZhea Chandra

Luvizhea (24)Masalah menurunkan berat badan pasca melahirkan merupakan masalah yang paling banyak di keluhkan oleh wanita. Biasanya setelah melahirkan bentuk perut dan pinggul akan membesar. Sebenarnya hal ini sudah sewajarnya terjadi pada setiap wanita, lalu bagaimana cara mengembalikan bentuk tubuh seperti semula pasca melahirkan? Fatloss atau menurunkan berat badan untuk wanita pasca melahirkan sebenarnya tidak terlalu sulit asal Anda berniat untuk mendapatkan tubuh ideal Anda kembali. nah berikut ini ada sedikit tips dari Luvizhea.com untuk para Ibu yang ingin menurunkan dengan cepat berat badan secara alami pasca melahirkan.

1. Menyusui

Beberapa penelitian mengungakapkan bahwa aktifitas menyusui bayi bisa membantu ibu untuk menurunkan berat badannya secara bertahap, setidaknya selama 6 bulan setelah kelahiran.

Menyusui dapat membuat jaringan-jaringan tubuh Anda berkontraksi, dan sejumlah hormon juga akan dilepaskan dari dalam tubuh. Proses inilah yang akan membantu tubuh Anda kembali ke bentuk semula seperti sebelum hamil. Kenapa demikian? karena dengan menyusui rahim akan berkontraksi sehingga dapat memperkuat otot-otot perut.

Sebagai informasi juga, ketika Ibu menyusui, itu berarti sama dengan ia membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari. Jumlah kalori yang sama jika Anda berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam.

Baca juga: Cara meningkatkan produksi ASI saat menyusui.

2. Olahraga

Seperti yang kita ketahui, dengan berolahraga tubuh bisa membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Konsultasikan dengan dokter Anda, olahraga apa yang aman dilakukan oleh Anda pasca melahirkan, atau tanyakan juga kapan Anda mulai bisa melakukan olahraga tersebut? Ini penting terutama bagi ibu yang melahirkan melalui operasi Caesar.

3. Bercengkerama dengan Bayi

Salah satu cara yang menyenangkan adalah beraktifitas dengan bayi, misalnya dengan jalan-jalan santai dipagi hari bersama si kecil. Selain menyehatkan karena bisa menghirup udara segar, secara tidak langsung ini akan membakar lemak dalam tubuh Anda.

4. Menjaga pola makan

Pasca melahirkan, biasanya Anda akan melakukan diet untuk mengembalikan tubuh kembali seperti sedia kala. Sebaiknya Anda menghindari diet keras, karena itu berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Lebih baik makan tiga kali sehari dengan menu komplit daripada makan satu kali tetapi di tambah cemilan yang manis dan kurang menyehatkan. Terutama untuk ibu yang masih menyusui jangan lupa memperhatikan kecukupan gizi dalam makanan yang dikonsumsi sehingga memperlancar ASI. Ingat pada poin satu yang disebutkan Luvizhea.com diatas, dengan menyusui Anda juga bisa menurunkan berat badan.

Anda juga bisa memperbanyak mengkonsumsi air putih karena sangat penting bagi metabolisme dalam tubuh dan juga membantu melangsingkan tubuh karena dengan minum banyak air putih juga dapat menekan rasa lapar.

5. Cukup istirahat

Mungkin Anda tidak bisa tidur penuh selama 8 jam setiap malam karena harus terjaga dimalam hari ketika si kecil menangis (minta susu/mengompol). Namun, dengan kurang tidur ini sebenarnya bisa menghalangi usaha Anda dalam menurunkan berat badan.

Kenapa demikian? Karena ketika Anda merasa kelelahan, Anda cenderung malas melakukan aktifitas fisik. Begitupun dengan urusan makan, Anda akan lebih memilih makanan cepat saji (instan) karena tidak perlu repot memasak. Jadi ini yang bisa memicu penambahan berat badan Anda.

Baca juga: Posisi tidur yang baik untuk bayi dibawah 6 bulan.

Mungkin yang bisa Anda lakukan adalah memaksimal waktu istirahat, dengan tidur lebih awal menjelang malam atau ikut tidur disaat bayi Anda tertidur disiang hari, sehingga waktu istirahat Anda yang tersita dapat tergantikan.

Semoga tips diatas mampu membantu Anda dalam menurunkan berat badan pasca melahirkan.

Baca juga: Sedot lemak dan tummy tuck pasca melahirkan.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.