BERANDA » KESEHATAN » Mengobati sakit gigi secara alami

Mengobati sakit gigi secara alami

| LuviZhea Chandra

Luvizhea - Sakit gigiSakit gigi merupakan satu dari beberapa penyakit paling sering kita jumpai dan paling menyiksa. Rasa sakit akibat sakit gigi begitu nyata, gigi seakan terasa berdenyut, kadang ditambah sakit kepala, leher dan mengalami demam, kemudian para penderita sakit gigi menjadi sangat sensitif terhadap suara bising dan mudah marah. Menurut pepatah dari orang tua dahulu “sakit gigi hanya bisa ditandingi oleh sakit hati”.

Penyebab sakit gigi

Secara umum berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit gigi :

1. Karies Gigi

Karies adalah nama kolektif untuk kerusakan gigi di enamel, sementum, dan dentin yaitu zat di tengah antara mahkota dan akar. Biasanya gigi berlubang karena disebabkan bakteri tertentu yang memproduksi asam laktat dari hasil fermentasi karbohidrat seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Makanya jangan lupa untuk menggosok gigi secara teratur 2 kali sehari biar tidak menjadi sarang bakteri penyebab gigi berlubang.

2. Gigi Longgar

Banyak penyebab kenapa gigi menjadi longgar, diantaranya adalah penyakit pada gusi (gingivitis, periodontitis), benturan akibat kecelakaan, dan lain-lain sehingga menyebabkan gigi terasa sakit saat mengunyah makanan.

3. Erosi gusi

Apabila gusi anda mengalami erosi maka lama kelamaan akan mengekspos akarnya sehingga menjadi sensitif terhadap makanan/minuman panas, dingin dan asam. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkannya diantaranya karena terlalu keras menggosok gigi atau karena anda menderita penyakit gusi.

4. Infeksi kanal akar gigi

Kanal akar gigi yang terinfeksi bisa sangat menyakitkan dengan rasa nyeri yang menyebar ke daerah lain di wajah dan tengkorak. Infeksi kanal akar gigi dapat membuat gigi mati sehingga harus dicabut. Mempertahankan gigi mati anda berarti anda harus menanggung resiko sakit gigi kambuhan dan juga berisiko mengalami infeksi yang berikutnya bisa menjadi pemicu berbagai penyakit lain seperti kanker, jantung, reumatik, diabetes bahkan kelainan pada otak.

Meskipun bisa saja Anda pergi ke dokter dengan di beri obat sakit gigi atau pereda rasa sakit. Akan tetapi jika sakitnya datang di waktu yang tidak tepat sementara kita tidak memiliki persiapan pengobatan, maka Anda bisa mencoba resep alami dari Luvizhea.com untuk mengobati sakit gigi dengan bahan yang mudah kita jumpai di sekitar kita. Kalau dengan cara alami bisa sembuh kenapa harus dengan obat kimia?

Cara ampuh mengobati sakit gigi secara alami

Berikut ini beberapa obat alami untuk mengobati sakit gigi:

1. Bawang putih.

Bawang putih memang dikenal memiliki banyak manfaat sebagai bahan obat alami termasuk untuk mengobati sakit gigi. Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Jika gigi Anda berlubang taruh bawang putih pada lubang gigi tersebut. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

2. Daun Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah yang menjadi bahan dalam pembuatan rokok. Namun, daun cengkeh ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, cuci beberapa helai daun cengkeh, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit, atau bisa juga menggunakan minyak cengkeh yang tersedia di pasaran.

3. Getah Jarak

Tanaman jarak memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain minyak buah jarak yang sekarang sedang diupayakan sebagai bahan bakar alternatif, getah dari pohon jarak ini ternyata berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang. Tanaman jarak juga mudah di dapatkan karena banyak ditanam di pinggiran jalan atau pinggiran kebun. Caranya gampang, hanya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian masukkan kapas pada gigi yang berlubang.

4. Air Garam

Jika masih kesulitan menemukan bahan-bahan di atas, maka cara yang terakhir ini bisa dikatakan yang paling mudah dan tidak sulit dilakukan. bahan yang dibutuhkan pun masih berupa bahan dapur yang pastinya mudah di dapat. Caranya yaitu dengan melarutkan garam dengan air hangat, selanjutnya gunakan untuk berkumur. Perlu di ingat bahwa air tersebut jangan ditelan.

Kapan sakit gigi perlu dibawah ke dokter?

Perlu di perhatikan, jika sakit gigi yang di derita mengalami :

  • Tanda tanda infeksi seperti terjadi pembengkakan pada gusi disertai mengeluarkan nanah.
  • Nyeri saat mengunyah atau mengalami kesulitan bernapas maupun menelan.
  • Sakit gigi melebihi 2 hari disertai demam.

segera bawa ke dokter untuk segera mendapat penanganan medis seperti perawatan saluran akar, penambalan gigi, pembersihan karang gigi, ataupun pencabutan gigi.

Demikian beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi alami dan terbukti cukup ampuh yang Luvizhea.com kutip dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.