BERANDA » KEHAMILAN » Mengenali ciri hamil anak laki-laki atau perempuan

Mengenali ciri hamil anak laki-laki atau perempuan

| LuviZhea Chandra

Apakah jenis kelamin anak yang sedang saya kandung?Saat Ibu sedang mengandung, tidak jarang ada teman atau saudara yang bilang jika anak yang dikandungnya adalah laki-laki atau perempuan. Dimana mereka menduga hal tersebut dari bentuk perut maupun kebiasaan dari si Ibu hamil. Memang untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung saat ini bukanlah sesuatu hal yang sulit, dimana Ibu bisa menggunakan teknologi Ultra Sonografi (USG) yang lebih modern untuk mengetahui jenis kelamin, panjang dan berat tubuh janin, kelainan pada janin, gerakan dan detak jantung janin, usia kehamilan bahkan sampai pada prediksi tanggal kelahiran. Dan USG ini 85% bisa dikatakan akurat, apalagi sekarang sudah berkembang USG 4 Dimensi yang dapat menampilkan janin kedalam bentuk yang lebih nyata dan real time.

Kembali kepembahasan awal, apakah ada ciri-ciri tertentu untuk kita bisa mengetahui apabila seorang Ibu sedang mengandung bayi laki-laki atau perempuan? Walaupun tidak seakurat USG, tetapi masyarakat umumnya percaya akan adanya ciri-ciri khusus yang menandakan bahwa seorang wanita sedang mengandung bayi laki-laki atau perempuan, hal ini tidak terlepas dari pengalaman orangtua zaman dahulu yang memprediksi kehamilan berdasar ciri atau tanda dari kehamilan tersebut sebelum ditemukannya USG.

Baca juga: Sering USG saat hamil, berbahayakah bagi janin?

Apa saja tanda agar dapat mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung?

Berikut Luvizhea.com berikan ciri atau tanda kehamilan dimana Anda nantinya bisa memprediksi kehamilan walaupun tanpa menggunakan USG. Tetapi apapun hasilnya nanti kita tetap kembalikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita cuma bisa menduga-duga dan Tuhan-lah yang menentukan semuanya.

1. Posisi kandungan

Banyak orang percaya, apabila Ibu hamil mengandung anak laki-laki cenderung kandungannya mengarah ke bawah perut. Sebaliknya, apabila Ibu hamil sedang mengandung anak perempuan, posisi kandungan Ibu hamil cenderung lebih tinggi.

2. Bentuk dari kandungan

Banyak orang percaya, apabila perut Ibu hamil tidak terlalu besar dan cenderung bebentuk bola basket, bisa jadi itu menjadi pertanda bahwa janin yang dikandungnya berjenis kelamin laki-laki. Namun apabila berbentuk agak lonjong seperti buah semangka, bisa jadi janin yang dikandung tersebut berjenis kelamin perempuan.

3. Munculnya garis Linea Nigra

Setiap ibu hamil seiring membesarnya perut muncul garis berwarna hitam yang disebut Linea Nigra yang muncul membujur dari daerah kemaluan sampai ke pusar. Banyak orang percaya, garis berwarna hitam tersebut muncul ketika Ibu sedang mengandung anak perempuan. Tetapi apabila warna garis hitam perlahan-lahan mulai memudar dan menghilang di akhir kehamilan, itu pertanda bahwa Ibu sedang mengandung bayi laki-laki.

Baca juga: Mengatasi Stretch Mark saat hamil dan setelah melahirkan

4. Pergerakan janin dalam perut

Banyak orang percaya bahwa saat Ibu mengandung bayi laki-laki, janin cenderung lebih aktif bergerak dibandingkan dengan janin bayi perempuan. Cara ini biasanya dipercaya oleh wanita-wanita zaman dahulu untuk memprediksi apakah bayi mereka laki-laki ataukah perempuan.

5. Berat bayi saat dalam kandungan

Apakah Ibu merasakan beban berat badan bayi cenderung berpusat di bagian depan perut? Jika iya, itu pertanda bayi yang sedang Ibu kandung adalah laki-laki. Namun jika berat beban dalam kandungan tersebut terpusat pada bagian tengah perut, bisa jadi Ibu sedang mengandung bayi perempuan.

6. Bentuk dan ukuran payudara

Hal yang paling menonjol saat Ibu hamil tentu adalah ukuran payudara yang semakin membesar. Hal ini dipengaruhi oleh hormon agar Ibu dapat menghasilkan ASI untuk anaknya ketika menyusui. Umumnya payudara wanita sebelah kiri lebih besar dari pada ukuran payudara sebelah kanan. Apabila Ibu merasakan ukuran payudara sebelah kanan lebih besar dari pada payudara sebelah kiri, hal tersebut dapat diartikan sebagai tanda bahwa Ibu sedang mengandung anak laki-laki.

Baca juga: Perawatan payudara saat hamil.

Prediksi janin laki-laki atau perempuan7. Kebiasaan berdandan dan merawat diri

Berkembang mitos dari orang jawa zaman dahulu sampai saat ini, apabila selama kehamilan Ibu senang merawat diri, merias wajah, menyisir rambut, dan sering berada didepan cermin maka dipercaya bahwa Ibu sedang mengandung anak perempuan. Namun sebaliknya, apabila Ibu malas merias dan merawat diri bisa jadi Ibu hamil sedang mengandung anak laki-laki.

8. Kebiasaan nyidam atau ingin makan sesuatu

Sebagian besar wanita hamil mengalami yang namanya mengidam (nyidam) atau ingin makan makanan tertentu , beredar mitos juga ditengah masyarakat bahwa apabila nyidam Ibu yang sedang hamil tidak keturutan maka bayi yang dilahirkan kelak akan suka ngiler. Tetapi tahukah Anda bahwa dari nyidam ini kita bisa tahu jenis kelamin anak yang sedang Ibu kandung? Banyak orang percaya bahwa apabila Ibu hamil lebih suka makanan asam atau asin saat nyidam menjadi tanda umum bayi yang Ibu kandung adalah laki-laki, sebaliknya apabila Ibu hamil lebih suka makanan manis bisa jadi itu merupakan ciri bahwa Ibu sedang mengandung anak perempuan.

Sebenarnya masih banyak ciri atau tanda yang lain dimana Ibu dapat mengenali jenis kelamin janin yang sedang dikandungnya. Untuk lebih pastinya seperti yang sudah Luvizhea.com jelaskan diawal tadi, Ibu bisa melakukan USG disaat kandungan memasuki usia diatas 6 bulan. Walaupun hasil tersebut belum tentu 100% pasti, tetapi sudah bisa menjawab rasa penasaran Ibu untuk jenis kelamin janin yang sedang dikandungnya.

Baca juga: Perkembangan janin pada trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh @LuviZhea.