BERANDA » KECANTIKAN » Mengatasi tumit kaki kering dan pecah-pecah

Mengatasi tumit kaki kering dan pecah-pecah

| LuviZhea Chandra

Merawat telapak kakiMemiliki kaki yang lembut dan indah merupakan idaman bagi setiap wanita, tetapi karena banyak aktifitas wanita yang biasanya memakai high heels, terkadang menimbulkan masalah pada kesehatan kaki, salah satunya kulit telapak kaki, seperti mengalami pecah-pecah terutama pada bagian tumit.

Baca juga: Resiko menggunakan high heels bagi kesehatan wanita.

Faktor penyebab telapak kaki bisa kering dan pecah-pecah

Sebenarnya memakai high heels bukan satu-satunya penyebab telapak kaki pecah-pecah, karena masih banyak faktor lain seperti:

1. Kurangnya kelembaban tubuh

Kurangnya kadar air di dalam tubuh dapat mempengaruhi penampilan kulit secara keseluruhan salah satunya membuat kulit telapak kaki jadi kering dan kasar. Bukan hanya itu saja, bagian terluarnya bisa mengelupas dan membuat telapak kaki terlihat pecah-pecah. Kulit yang kering dan mengelupas atau pecah pecah bisa berakibat infeksi dan terasa perih jika tidak ditangani dengan cepat.

2. Bertelanjang kaki saat berjalan

Berjalan kaki setiap hari walaupun menggunakan alas kaki saja bisa membuat bagian telapak kaki menjadi kering dan pecah-pecah, apalagi berjalan tanpa alas kaki, tentu ini akan meningkatkan resiko telapak kaki bisa tergesek benda atau lantai yang keras, sehingga kulit telapak kaki terutama bagian tumit akan menjadi tergores, kering ataupun pecah-pecah.

3. Salah pilih alas kaki

Alas kaki yang keras dan kurang memberikan perlindungan pada kaki juga dapat meningkatkan resiko telapak kaki pecah-pecah.

4. Detergen

Detergen biasanya bersifat panas dapat mengakibatkan kulit telapak tangan maupun telapak kaki yang terkena akan terasa kasar, iritasi dan mengelupas seperti pergantian kulit, terutama jika kulit Anda sensitif.

5. Jamur dan Kutu Air

Jika kita berjalan ditempat yang becek terutama saat musim hujan, kelembaban kaki terutama pada bagian telapak kaki akan semakin tinggi, sehingga perkembangan jamur ataupun kutu air semakin meningkat dalam menjangkiti kulit bagian bawah telapak kaki ini, makanya setiap selesai berbecek-becekan kaki akan terasa gatal dan apabila dibiarkan juga dapat menyebabkan telapak kaki menjadi pecah-pecah.

Kulit telapak kaki memang berbeda dengan bagian kulit tubuh lainnya, teksturnya liat namun juga lembut serta lebih tebal untuk melindungi kaki saat berjalan, dan tentu juga memiliki sifat sangat lentur dalam mengikuti pergerakan kaki. Sayangnya bukan berarti ketebalan ini membuatnya selalu kuat dan nyaris tanpa luka maupun goresan. Karena beberapa penyebab seperti yang luvizhea.com sebutkan diatas, dapat menyebabkan telapak kaki bisa kering, kaku, pecah-pecah, gatal, serta perih di bagian telapak kaki, ini tentu akan sangat mengganggu saat Anda berjalan. Selain itu, memiliki tumit yang pecah atau kering ini tentu juga bisa menggangu penampilan Anda, walaupun masalah ini berada di bawah kaki akan tetapi hal ini sangat penting untuk di perhatikan.

Baca juga: Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar.

Bagaimana cara mengatasi telapak kaki ‘tumit’ kering dan pecah-pecah?

  • Cukupi kebutuhan air minum .
  • Gunakan lotion atau body butter khusus untuk perawatan telapak kaki kering dan pecah-pecah.
  • Pilihlah alas kaki yang nyaman dan dapat melindungi dengan maksimal.
  • Merendam kaki dengan air hangat kuku dicampur minyakmineral sebelum tidur selama 10 menit.
  • Anda juga bisa menggunakan batu apung untuk mengikis bagian kulit yang mengelupas sehingga membantu meregenerasi kulit.

Selain beberapa cara tersebut diatas, Anda bisa memanfaatkan beberapa buah-buahan untuk mengatasi kulit telapak kaki kering dan tumit pecah-pecah ini secara alami, seperti:

1. Mengatasi tumit kering pecah-pecah dengan Alpukat

Mengurangi mengobati masalah tumit pecah dengan menggunakan buah buahan bisa dilakukan dengan mudah dan salah satunya dengan menggunakan buah Alpukat. Caranya cukup mudah dengan menggunakan daging alpukat yang sudah dihaluskan dan dijadikan scrub bisa juga dicampur dengan madu. Gosokan pada tumit Anda yang kering dan pecah dengan pemijitan secara perlahan. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih, sebaiknya cara ini dilakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil dan khasiat yang maksimal.

2. Mengatasi tumit kering dan pecah-pecah dengan Labu Siam

Potonglah labu siam menjadi dua atau bisa juga menjadi beberapa bagian sampai keluar getahnya. Getah dari labu siam inilah yang digunakan untuk mengobati telapak kaki pecah-pecah. Caranya cukup mudah, bersihkan telapak kaki kemudian olesi dengan getah labu siam tersebut. Biarkan dulu sampai kering, kemudian cuci dengan air dingin sampai bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

3. Mengatasi tumit kering dan pecah-pecah dengan Kelapa

Parut setengah buah kelapa dengan teksur yang agak kasar. Kemudian campur dengan satu sendok teh garam. Untuk mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah, gosokkan campuran kepala parut dan garam tersebut ke tumit yang sudah dibersihkan. Setelah itu bersihkan. Perawatan ini bisa Anda lakukan sebelum tidur malam tiga kali seminggu.

Baca juga: Cara menghilangkan bulu pada tangan dan kaki.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.