BERANDA » KECANTIKAN » Mengatasi iritasi pada wajah akibat kosmetik

Mengatasi iritasi pada wajah akibat kosmetik

| LuviZhea Chandra

Efek kosmetikKulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang paling sensitif. Apalagi bagi Anda yang memang memiliki jenis kulit yang sensitif, salah dalam perawatan saja, biasanya bisa menimbulkan masalah seperti iritasi kulit, jerawat, gatal-gatal, kulit kemerahan, ruam, luka, dan lain sebagainya.

Untuk itu sebagai wanita yang memiliki kulit wajah sensitif, Anda harus benar-benar ekstra hati-hati dalam melakukan perawatan wajah, dan harus pintar-pintar dalam memilih kosmetik supaya tidak terjadi iritasi pada kulit wajah Anda.

Apalagi iritasi pada kulit wajah akhir-akhir ini semakin sering ditemukan seiring banyaknya produk kosmetik yang beredar dipasaran. Apabila Anda salah dalam pemilihan kosmetik ini maka kulit wajah akan mengalami iritasi yang ditandai dengan adanya penipisan kulit, luka pada lapisan luar kulit, rasa perih yang cukup mengganggu, serta kemerahan pada area kulit tersebut.

Bagaimana memilih kosmetik yang baik supaya tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah?

Dalam memilih produk kosmetik dan perawatan kulit, sebaiknya Anda memilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda, karena biasanya produk kosmetik dibuat untuk tipe kulit tertentu saja. Agar tidak salah pilih, maka terlebih dahulu Anda harus mengenali jenis kulit Anda sendiri.

Sebelum membeli produk kosmetik, cari tahu bahan-bahan dasar yang digunakan dalam produk kosmetik tersebut. Bacalah dengan teliti kandungan bahan yang digunakan, biasanya tertulis pada kemasan. Jangan sampai menyalahkan produsen kosmetik yang sudah memberi peringatan, padahal secara genetis kulit kita sendiri yang Hipersensitif.

Dengan mencari tahu tentang produk tersebut, Anda juga bisa terhindar dari bahan kosmetik berbahaya seperti Merkuri dan Hidrokinon. Sekedar info, produk kecantikan yang paling sering menggunakan bahan berbahaya ini adalah Produk Walet (pemutih dan pencerah kulit). Meskipun sudah dilarang, bukan tidak mungkin bahan tersebut masih digunakan. Kenapa Merkuri dan Hidrokinon ini dilarang? Karena kedua bahan tersebut bekerja dengan membuat pengelupasan kulit “secara paksa”, serta mematikan sel melanin yang berguna dalam menjaga kulit dari terik sinar matarahari. Penggunaan kedua bahan ini hampir dapat dipastikan dapat merusak kulit Anda.

Selain itu, cek tanggal kadaluarsa kosmetik tersebut, penggunaan kosmetik yang telah kadaluarsa juga dapat meningkatkan resiko iritasi pada kulit Anda.

Untuk lebih amannya, Anda juga bisa tanyakan kepada orang-orang terdekat Anda yang sudah pernah menggunakan produk kosmetik tersebut, sehingga berdasarkan pengalaman mereka Anda bisa lebih yakin dalam menentukan produk kosmetik yang lebih tepat dan lebih aman tanpa takut kosmetik tersebut menimbulkan iritasi, jerawat, dan gejala lainnya.

Baca juga: Cara mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Bagaimana mencegah iritasi pada kulit wajah?

Seperti yang Luvizhea.com jelaskan diatas, hal yang pertama dilakukan dalam mencegah iritasi pada kulit wajah adalah dengan pintar-pintar memilih kosmetik yang aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu Anda juga bisa bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah iritasi, jerawat dan masalah lainnya pada kulit wajah Anda, seperti:

  • Jaga kebersihan kulit wajah Anda, bersihkan wajah menggunakan “facial wash” yang baik, atau Anda juga bisa mencuci muka dengan kain lembut yang telah direndam dengan air hangat, dan ingat! jangan tidur dengan kosmetik yang masih menempel diwajah.
  • Perbanyak minum air putih atau air mineral, minimal 8 gelas per hari. Banyak minum air putih baik untuk membantu menetralisir racun dan mengeluarkan “iritan” atau “alergen” yang terserap kulit dan beredar bersama aliran darah saat penggunaan produk kosmetik tersebut.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E. Vitamin-vitamin ini sangat bagus karena mampu melakukan detoksifikasi berbagai racun dalam tubuh. Selain itu, berfungsi sebagai meningkatkan produksi kolagen dan pembentukan jaringan kulit baru.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung dan debu yang bisa memperburuk iritasi kulit pada wajah Anda.

Cara alami mengatasi iritasi kulit wajah yang sensitif

Selain dapat mengganggu penampilan, iritasi kulit juga dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, sehingga harus segera ditangani secara cepat dan benar. Apabila Anda mengalami iritasi wajah akibat pemakaian kosmetik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan sementara waktu pemakaian kosmetik tersebut, mungkin saja iritasi itu sebagai reaksi sesaat, sebagai bentuk adaptasi kulit terhadap penggunaan kosmetik baru. Tetapi apabila iritasi tetap berlanjut setelah pemakaian berikutnya, hentikan pemakaian kosmetik tersebut selamanya.

Untuk mengobati keluhan gatal atau bengkak pada kulit akibat iritasi, biasanya Anda akan disarankan untuk meminum Antihistamin atau bisa juga dengan menggunakan krim anti iritasi Hydrocortisone. Namun penggunaan krim Hydrocortisone ini harus dengan resep dan pengawasan dokter.

Baca juga: Cara mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam.

Berikut Luvizhea.com berikan cara alami untuk meringankan dan mengatasi gejala iritasi yang juga ampuh dalam mengobati iritasi yang sedang Anda alami saat ini, dengan menggunakan:

1. Masker Mentimun dengan madu

Masker mentimun dapat berguna untuk memberikan sensasi dingin pada kulit, sehingga mengurangi rasa perih yang timbul saat terjadi iritasi. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan masker Mentimun ini dengan sedikit madu. Madu sudah sejak lama dikenal sebagai moisturizer dan anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga membantu mempercepat penyembuhan iritasi yang sedang Anda alami.

2. Masker Bengkoang dengan minyak Zaitun

Masker bengkoang juga dapat menjadi alternatif untuk membantu mengurangi rasa perih saat terjadinya iritasi pada kulit. Saat penggunaan masker bengkoang biasanya kulit akan terasa dingin sama halnya dengan penggunaan Mentimun. Vitamin C yang banyak terdapat pada bengkoang ini juga dapat membantu proses penyembuhan luka iritasi, dan dapat membuat kulit tanpak lebih putih secara alami.

Untuk meningkatkan khasiat dari masker bengkoang, dapat dicampurkan dengan minyak Zaitun, karena minyak Zaitun juga dapat berperan sebagai anti inflamasi atau obat peradangan dan moisturizer alami untuk kulit. Kandungan vitamin E yang cukup tinggi pada minyak zaitun sangat berkhasiat untuk membantu regenerasi sel kulit. Pada kulit sensitif yang terjadi iritasi, penggunaan vitamin E sangat dibutuhkan untuk memperbarui sel-sel kulit di sekitar area yang teriritasi, sehingga proses penyembuhan iritasi bisa berjalan lebih cepat.

Manfaat lain dari minyak Zaitun yang perlu Anda ketahui bagi wajah adalah dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah, mengatasi keriput, menghilangkan flek dan menjaga kelembaban kulit dengan memaksimalkan kerja kelenjar minyak di bawah kulit agar produksi minyak alami kulit tetap terjaga.

Selain menggunakan dua masker alami pereda iritasi tersebut diatas, Anda juga bisa memanfaatkan Baking Soda, Gel Lidah Buaya (Aloe Vera), Minyak Atsiri Chamomile, Sari Apel, Kayu Manis yang juga terbukti mengurangi kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal akibat alergi.

Tips terakhir dari Luvizhea.com setelah Anda mengalami iritasi akibat kosmetik ini, untuk pemilihan dan pemakaian kosmetik selanjutnya, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit Anda untuk meminta saran tentang kosmetik apa yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Baca juga: Cara mengatasi masalah jerawat akibat hormon dan Cara menghilangkan komedo hitam di hidung.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.