BERANDA » KESEHATAN » Makanan yang dapat membuat awet muda (Bagian#2)

Makanan yang dapat membuat awet muda (Bagian#2)

| LuviZhea Chandra

Penuaan diniMelanjutkan dari artikel Luvizhea.com sebelumnya, Beberapa makanan yang dapat membuat kita awet muda (Bagian#1). Pada artikel kali ini kita akan membahas makanan apa saja yang juga bisa membuat kita awet muda dari kategori sayuran.

Mengapa sayuran itu sangat penting untuk dikonsumsi dan bermanfaat dalam mengatasi penuaan dini?

Alasan pertama karena sayuran adalah jenis makanan bergizi tinggi namun rendah lemak. Sama halnya seperti buah,s emua jenis sayuran, seperti sayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta – karoten, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin A , dan vitamin K.

Disamping itu, sayuran adalah sumber terbesar zat antioksidan. Yaitu zat yang memiliki peran penting terutama dalam membantu melindungi tubuh manusia dari penyakit (kekebalan tubuh), mengurangi resiko kanker, dan menyingkirkan Oksidan (radikal bebas).

Selain itu sayuran juga merupakan sumber yang tinggi akan serat sehingga berguna untuk menyerap kelebihan air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban dalam kotoran, dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh. Dengan demikian, asupan serat yang cukup menawarkan perlindungan dari wasir, kanker usus besar, sembelit kronis, dan fisura.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari sayuran ini, intinya sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita serta bermanfaat dalam mencegah penuaan dini. Karena dengan kita mengkonsumsi sayuran maka sirkulasi darah akan mencapai tingkatan yang maksimal, dan sel-sel tubuh akan menjadi lebih sehat. Dengan demikian kulit kita akan menjadi bersih, penglihatan menjadi tajam, dan rambut menjadi lebih mengkilap. Tampak segar dan cantik serta awet muda adalah hasil akhirnya, sebagai kebalikan dari tampak pucat, lemah, tua dan sakit-sakitan karena kekurangan asupan dari sayur-sayuran ini.

Baca juga: Makanan sehat untuk pasien Diabetes.

Jenis sayuran yang dapat membuat awet muda

Berikut beberapa jenis sayuran yang memiliki nilai lebih dibanding jenis sayuran lainnya dalam mencegah penuaan dini, diantaranya:.

1. Brokoli

Manfaat brokoli untuk kulitBeberapa penelitian menemukan brokoli mengandung senyawa anti kanker (Fitonutrien ) yang dapat mengatasi kanker paru-paru serta kanker lambung, Brokoli juga dapat mencegah asma serta gangguan pernapasan lainnya. Zat gizi yang terkandung dalam brokoli diantaranya serat, antioksidan, vitamin A, B, C, E, K, dan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti senyawa beta-karoten dan glucoraphanin yang sangat bermanfaat dalam membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan.

kandungan lutein di dalamnya dapat melindungi kulit dari bintik hitam dan peradangan. Sekarang banyak orang yang memasukan sayuran hijau seperti Brokoli pada menu makannya agar tetap awet muda. Namun selain dapat membuat awet muda mengkonsumsi Brokoli juga merupakan salah satu metode diet sehat.

Biasanya, brokoli dikonsumsi dengan cara dimasak sebagai tumisan. Namun, untuk mendapatkan khasiat yang lebih sehat orang-orang memasaknya hanya dengan dikukus saja dan dijadikan sebagai lalapan. Bahkan, sekarang ini cukup populer jus brokoli.

2. Paprika merah

Manfaat paprika untuk kulitTanaman dari Amerika Selatan ini kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Selain kandungan vitamin yang bervariasi, paprika mengandung zat besi, karbohidrat, fosfor, beta-karoten, asam folat, kalsium serta beta-cryptoxanthin.

Vitamin E dan C baik untuk pembentukan kolagen yang secara alami mengencangkan kulit. Manfaat paprika dalam membantu menjaga kesehatan kulit digunakan dengan cara konsumsi. Kalau bahan yang lain bisa dipakai langsung di kulit sebagai masker, paprika merah ini membantu menjaga kulit dari dalam.

Diketahui, paprika mengandung beta-karoten dari vitamin A yang dapat mencegah ruam dan jerawat pada wajah. Bahkan paprika juga bisa membantu mengatasi keriput dan kulit kering.

Baca juga: Cara mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam.

3. Wortel

Manfaat wortel untuk kulitWortel termasuk dalam kategori sayuran berupa umbi-umbian yang sarat dengan vitamin dan antioksidan alami yang dapat memperlambat proses penuaan dan melawan kerusakan kulit. Salah satu zat yang sangat bermanfaat yang terkandung dalam wortel adalah “Beta-karoten”.

Beta-karoten merupakan senyawa yang dapat menjaga pH kulit agar tetap seimbang. Manfaat lain dari Betakaroten adalah adalah mempercepat regenerasi kulit dan melawan kulit kering serta melindungi kulit dari sinar matahari (Ultraviolet)

Sehingga apabila Anda sering mengkonsumsi wortel baik dalam bentuk sayur maupun jus, Anda akan mendapatkan kulit yang sehat, halus dan tampak awet muda.

4. Kentang

Manfaat kentang untuk kulitHampir sama dengan wortel, kentang termasuk kategori sayuran berbentuk umbi-umbian yang bermanfaat dalam mengatasi penuaan dini. Kandungan mineral pada kentang seperti Sulfur, Kalium, Fosfor yang sangat baik untuk perawatan kulit wajah Anda, khususnya wajah berjerawat. Mineral tersebut dapat berfungsi untuk menstimulasi produk elastin dan kolagen agar membuat kulit terasa lebih kencang dan awet muda.

Selain itu kandungan vitamin C pada kentang mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan mempercepat penyembuhan infeksi akibat jerawat. Apalagi Kentang memiliki mineral natrium dengan kadar alkalin tinggi yang berguna sebagai bahan alami penghilang jerawat akibat banyaknya kandungan sebum pada pori-pori wajah Anda. Selain itu zat ini apabila dikonsumsi juga bermanfaat memperbaiki aktivitas hati sehingga jaringan menjadi elastis dan membuat otot lebih lentur.

Tidak hanya itu saja, kandungan antibakteri pada kentang dapat membantu Anda agar jerawat tidak muncul lagi. Karena dapat melawan bakteri-bakteri penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Maka dari itu kentang sangat cocok digunakan sebagai masker, sayuran maupun dikonsumsi dalam bentuk jus.

Baca juga: Cara mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh @LuviZhea.