BERANDA » KECANTIKAN » Makanan yang dapat membuat awet muda (Bagian#1)

Makanan yang dapat membuat awet muda (Bagian#1)

| LuviZhea Chandra

Awet mudaSetiap wanita pasti ingin terlihat cantik dan awet muda. Kendati proses penuaan adalah sesuatu yang alami dan tidak bisa dihindari, bukan berarti kita tidak dapat berbuat apapun untuk merawat kulit agar tetap selalu sehat dan awet muda.

Banyak orang yang melakukan berbagai macam cara agar kondisi fisiknya masih terlihat 10-20 tahun lebih muda dari usianya yang sekarang. Baik itu dengan operasi plastik, botox, tanam benang, terapi Platelet Rich Plasma (PRP), perawatan disalon, penggunaan kosmetik bermerk, mengkonsumsi multivitamin dan lain sebagainya hanya untuk terlihat cantik dan awet muda. Berapapun biayanya tidak menjadi suatu masalah untuk hal ini.

Sebenarnya untuk hal tersebut tidaklah sulit atau semahal yang dibayangkan, karena kita sebenarnya hanya harus menjadi lebih cermat dalam memilih makanan dan menjalani gaya hidup sehat. Kenapa demikian? Karena selama ini tanpa disadari kita cenderung mengkonsumsi makanan hanya sekedar untuk mengisi perut, tanpa memikirkan apakah makananan tersebut mencukupi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh kita, terutama dalam fungsinya merangsang dan meningkatkan produksi kolagen kulit dengan cara meningkatkan kemampuan perkembangbiakan sel fibroblas tua dermis.

Apalagi dimasa sekarang ini banyak diantara kita mengalami penuaan dini. Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah pada usia yang relatif masih muda, bahkan pada usia awal 20-an.

Baca juga: Cara cepat membuat kulit putih alami.

Untuk itu Luvizhea.com akan memberikan informasi tentang makanan apa saja yang bermanfaat dalam mengatasi penuaan dini dan membuat kita tanpak selalu awet muda walaupun usia kita sebenarnya sudah tidak muda lagi. Dengan demikian Anda bisa menambahkan makanan tersebut pada menu yang Anda konsumsi sehari-hari untuk mendapatkan kulit kencang, halus, bebas kerutan dan selalu tanpak awet muda.

Jenis buah-buahan yang dapat membuat awet muda

Berikut beberapa jenis buah yang memiliki nilai lebih dibanding jenis buah lainnya dalam mencegah penuaan dini, diantaranya:

1. Buah Alpukat

Manfaat buah alpukat untuk hipertensiAlpukat merupakan salah satu buah yang dianggap sebagai makanan diet terbaik bahkan untuk bayi. Di dalam buah alpukat mengandung lebih dari 25 nutrisi penting termasuk vitamin (A, B, C, E, dan K) dan senyawa seperti potasium, zat besi, magnesium, dan fosfor. Selain itu, buah alpukat juga mengandung protein esensial, serat, dan phytochemical yang berfungsi sebagai glutathione, lutein, dan beta-sitosterol.

Kandungan vitamin A dalam alpukat dapat membantu membersihkan setiap sel-sel kulit yang mati. Sedangkan Asam amino glutamin juga berguna untuk memberi perlindungan yang cukup pada kulit dari beberapa efek buruk akibat faktor lingkungan.

Antioksidan dalam buah alpukat mendetoksifikasi tubuh Anda agar mengeluarkan semua racun atau toksin yang cenderung membuat kulit Anda menjadi keriput atau kering saat usia dini. Hal ini juga dapat membantu menghilangkan kerutan pada kulit dan membuatnya lebih bercahaya. Selain itu Antioksidan memiliki kemampuan untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Alpukat juga kaya akan Biotin. Biotin adalah nama lain dari vitamin B7 yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang semuanya diperlukan untuk kesehatan kulit. Tubuh yang kurang mendapatkan asupan Biotin bisa menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, bahkan mengalami ruam merah.

Baca juga: Buah-buahan yang menjadi pantangan Ibu hamil.

2. Buah Jeruk

Manfaat buah jeruk untuk kulitJeruk merupakan salah satu buah yang mudah didapat dan kaya akan vitamin C. Vitamin C adalah salah satu kunci awet muda. Ia memperkuat daya tahan tubuh karena merupakan antioksidan penting untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan dini, sehingga buah jeruk ini sangat baik untuk kulit Anda terutama untuk meremajakan kulit. Dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi.

Buah jeruk juga mengandung Bioflavonoid, apabila Anda mengkonsumsi buah jeruk maka kandungan tersebut dapat menjaga kulit Anda agar terhindar dari efek buruk sinar UV yang dapat membuat sel-sel kulit Anda mati.

3. Buah Stroberi

Manfaat buah stroberi untuk kulitBuah yang sering dijadikan lambang cinta ini mengandung zat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Zat antioksidan seperti fenol dan zat antosianin pada buah stroberi dapat mencegah rusaknya sel -sel pada kulit anda.

Zat lain yang penting pada buah stroberi dalam mengatasi penuaan dini adalah asam Elagik. Asam Elagik dapat mengurangi kerusakan pada DNA (Deoxyribonucleic acid) yang memicu timbulnya kerutan.

Kandungan vitamin B1, B2, C dan provitamin A pada stroberi juga bermanfaat bagi kulit karena dapat menghaluskan kulit dan membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah. Mengkonsumsinya secara rutin akan mengencangkan kulit serta mencegah proses penuaan dini sehingga membuat awet muda.

Tahukah Anda bahwa hampir semua obat jerawat di pasaran mengandung asam salisilat. Asam ini ternyata ada di stroberi. Oleh karena itu, stroberi bisa dijadikan obat alami untuk menghilangkan jerawat dengan menjadikannya sebagai bahan masker.

Baca juga: Buah untuk mengobati hipertensi secara alami.

4. Buah Anggur

Manfaat buah anggur untuk kulitDidalam buah Anggur yang lezat terdapat kandungan zat dan senyawa yang sangat bermanfaat seperti kalsium, potassium, trace mineral, magnesium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6 , C dan E dan beberapa kandungan lainnya. Seperti yang kita diketahui vitamin E sangat bermanfaat untuk membantu pergantian sel kulit yang mati atau rusak, sehingga baik sekali bagi kulit-kulit yang kusam atau kering. Tidak hanya itu buah anggur juga ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang dibutuhkan oleh kulit kita.

Kandungan antosianin (anthocyanin) pada buah anggur menurut beberapa studi yang Luvizhea.com kutip dari Wikipedia menyebutkan bahwa senyawa antosianin mampu mencegah obesitas dan diabetes, meningkatkan kemampuan memori otak dan mencegah penyakit neurologis, serta menangkal radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan penuaan dini.

Anggur juga mengandung resveratrol. Pada banyak penelitian, zat resveratrol menunjukkan pengaruh positif terhadap perkembangan sel kanker. Resveratrol memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan sinar UVB dari matahari, sehingga memberikan perlawanan terhadap kanker kulit.

Untuk menghilangkan kerutan pada wajah, minyak biji anggur juga bisa menjadi solusi. Jadi bukan hanya mengkonsumsi buahnya saja, ternyata biji anggur juga kaya akan manfaat dalam melakukan perawatan kecantikan. Caranya, dengan mengoleskannya di area wajah yang mulai berkerut sebelum tidur, sebagaimana dilansir dari Health.com. Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membuat wajah Anda tampak awet muda.

Baca juga: Mengatasi iritasi pada wajah akibat kosmetik.

Mengkonsumsi Coklat Hitam dapat membuat awet muda

A5MR1FCoklat Hitam atau sering disebut Dark Chocolate kaya akan Flavonoid, yang merupakan jenis antioksidan yang mengandung senyawa Epicatechins. Komponen ini memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang melindungi kulit dari kerusakan, yang disebabkan karena polusi dan bahan kimia berbahaya. Kandungan flavonoid dalam Dark Chocolate ini juga telah terbukti untuk meredakan kulit yang terbakar paparan sinar matahari.

Kolagen dan elastin memainkan peran kunci dalam mencegah keriput dan perubahan warna kulit. Coklat merupakan sumber yang kaya flavanol yang membantu dalam memperbaiki sel-sel yang rusak, membuat kulit sehat dan bebas noda.

Coklat yang terbuat dari biji tanaman kakao ini diketahui dapat meringankan stres. Ini dikarenakan saat Anda makan Dark Chocolate, hormon stres dalam tubuh yang disebut kortisol jadi menurun. Hal ini membantu memperkuat kolagen dan menunda tanda-tanda penuaan seperti keriput, kulit kendur, bintik-bintik gelap, serta membantu memperlancar tekstur kulit dan mengontrol sekresi sebum.

Kandungan Zat tembaga, seng, dan besi dan beberapa mineral dalam Dark Chocolate juga merangsang pertumbuhan rambut. Jadi mengonsumsi dark chocolate setiap hari secara tidak langsung akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan membuat rambut tumbuh lebih subur. Biar bagaimanapun kerontokan rambut dapat membuat Anda tanpak lebih tua.

Baca selanjutnya: Beberapa makanan yang dapat membuat awet muda (Bagian#2).

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.