BERANDA » FASHION » Cara merawat aksesoris terbuat dari bahan kulit

Cara merawat aksesoris terbuat dari bahan kulit

| LuviZhea Chandra

Tas kulitAneka aksesori, seperti tas, dompet, atau clutch dari kulit memang terlihat lebih elegan dan mewah, dibandingkan yang terbuat bukan dari kulit. Sayangnya, harga berbagai aksesori berbahan kulit ini memang cukup mahal. Karena harganya yang tidak murah inilah, tentu akan sangat sayang jika tas atau dompet kulit tersebut tidak dirawat dengan baik.

Baca juga: Cara jitu menghilangkan noda membandel pada pakaian Anda

Kebanyakan produk dari kulit ini memerlukan perhatian khusus agar kualitasnya tetap terjaga dan bertahan lama. Maka dari itu telatenlah merawat tas kulit Anda dengan cara yang tepat dan praktis. Berikut Luvizhea.com berikan beberapa bahan dan tips yang bisa digunakan untuk membersihkan dan menjaga kualitas aksesoris berbahan kulit kesayangan Anda:

1. Lap kering

Jika kebetulan tas kulit terkena minyak, lemak, dan noda, cara paling sederhana untuk membersihkan tas kulit adalah membersihkannya dengan lap kering yang terbuat dari kain katun. Bersihkan dengan lembut dan hati-hati, menggosok terlalu keras akan merusak bahan kulit.

2. Alkohol

Noda tinta adalah gangguan paling umum yang sering terjadi. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam alkohol, lalu oleskan di bagian terkena tinta tersebut. Selanjutnya, keringkan agar tidak berjamur.

3. Sabun

Tuangkan sedikit sabun tangan ke kain microfiber, kemudian usapkan sabun dengan gerakan melingkar ke koleksi kulit Anda. Gerakan melingkar tersebut berguna untuk mengangkat kotoran dari lapisan kulit. Gunakan sedikit air untuk membuatnya sedikit berbusa, namun jangan terlalu basah. Setelahnya, gunakan kain microfiber untuk membersihkan sabun (tidak perlu menggunakan air) dan lap hingga kering. Untuk material kulit seperti sepatu, jangan menggunakan sabun, tetapi gunakanlah cuka.

4. Lemon

Jus lemon juga merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan noda makanan atau bahkan noda darah pada aksesoris berbahan kulit. Campurkan satu bagian cream of tartar dengan jus lemon sampai terbentuk pasta. Gosokkan pasta ini ke bagian tas yang terkena noda, kemudian bersihkan dengan kain lembab.

Dalam membersihkan Aksesoris kulit Anda, sebaiknya hindarilah pemakaian produk yang mengandung minyak munk, minyak petrolium, pelarut petrolium, silikon atau minyak lain yang sejenis. Zat-zat yang terdapat dalam minyak tersebut dapat meninggalkan noda atau bahkan merusak bahan kulit.

Baca juga: Cara menguji perhiasan emas asli atau palsu.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.