BERANDA » KESEHATAN » Cara mengobati Kista Ovarium secara alami

Cara mengobati Kista Ovarium secara alami

| LuviZhea Chandra

Gambar KistaWanita memiliki Kelenjar kelamin yang disebut Ovarium yang terletak disebelah kanan dan kiri pinggul. Ovarium memiliki fungsi sebagai keluarnya sel telur ataupun keluarnya hormon-hormon wanita. Hormon yang diproduksi adalah Estrogen dan Progesterone yang berfungsi mengatur siklus haid dan kehamilan. Selain itu hormon tersebut mengatur bentuk tubuh, payudara dan rambut.

Namun suatu waktu bisa juga Ovarium ini mengalami gangguan seperti adanya tumor jinak yang sering kita kenal sebagai Kista Ovarium. Penyakit ini menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian wanita karena kehadirannya selain mengganggu sistem reproduksi (kehamilan) juga bisa berkembang menjadi kanker dan bersifat mematikan.

Namun, pada dasarnya Kista Ovarium tidaklah berbahaya. Yang membuatnya berkembang menjadi ganas adalah ketika kehadirannya tidak disadari dan tidak ditangani dengan benar. Hal ini karena hadirnya Kista di Ovarium memang sulit terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala. Biasanya Kista baru menampakkan gejala ketika telah berkembang.

Kista memang bukanlah satu-satunya tumor jinak yang sering menyerang organ reproduksi wanita. Ada juga Mioma (Myom), dimana untuk perbedaannya baik dari segi posisi, penyebab, gejala dan keluhan selengkapnya bisa Anda baca pada artikel: Perbedaan dan cara mengatasi tumor jinak antara Kista dan Mioma.

Karena pada kesempatan kali ini Luvizhea.com hanya akan membahas cara alami dalam mengobati Kista Ovarium. Namun, obat Alternatif ini juga efektif dalam mengatasi Miom, karena kedua penyakit ini masuk dalam ketegori tumor.

Mengobati Kista Ovarium dengan Kunyit putih dan Mahkota Dewa

Gambar Kunyit PutihMungkin selama ini kita hanya mengenal kunyit yang berwarna kuning yang sering kita gunakan sebagai bumbu masakan ketika didapur. Namun ada varian lain yaitu Kunyit Putih atau Temu mangga (Curcuma Mangga) yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional dalam mengobati berbagai penyakit, salah satunya Kista. Hal ini karena Kunyit Putih bersifat antioksidan dan anti-iflamasi yang lebih kuat dibanding dengan Hidrokortison. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada Kunyit Putih:

  • Ribozom Inacting Protein (RIP), yaitu zat yang bermanfaat untuk mencegah, merontokkan, memblokir dan juga menonaktifkan sel kanker tanpa merusak sel di sekitarnya.
  • Zat Anti Lipid Peroksida, yaitu zat yang dapat membantu pengobatan darah tinggi, asam urat, diabetes juga jantung koroner.
  • Zat Curcumin, Flavonoid Saponin, yaitu zat yang dapat mengatasi peradangan dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh (immunomodulator).

Gambar tanaman Mahkota DewaSedangkan tanaman obat Mahkota Dewa banyak mengandung zat aktif berupa Alkoid, Polifenol, Saponin yang mempunyai peranan sebagai antibakteri serta meningkatkan kekebalan dan vitalitas tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, adanya kandungan Flavonoid yang bersifat antiradang pada tanaman ini, juga dapat mengurangi rasa sakit pada pembengkakan.

Sehingga dari kandungan kedua tanaman obat ini dikenal sangat ampuh dalam mengobati berbagai penyakit seperti tumor maupun kanker. Maka dari itu banyak sekali obat-obatan herbal yang beredar menggunakan bahan utama dari kedua tanaman ini.

Untuk mendapat khasiat lebih dari tanaman ini, Anda bisa meramunya sendiri dirumah. Caranya siapkan 3o gram daun Mahkota Dewa dan 5 gram buah Mahkota Dewa kering beserta 50 gram Kunyit Putih. Kemudian rebus semua bahan tersebut dengan 800 cc air, hingga tersisa menjadi sekitar 400 cc. Langkah terakhir adalah saring rebusan ramuan tersebut dan minum secara teratur sebanyak 2 kali sehari masing-masing 200 cc.

Mengobati Kista Ovarium dengan Benalu Teh dan Rumput Mutiara

Gambar Benaluh TehBagi Anda yang tinggal dekat perkebunan Teh, Anda bisa memanfaatkan tanaman Benalu yang tumbuh dengan menempel pada pohon teh. Benalu Teh ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit tumor, kanker, reumatik, alergi, batu ginjal dan lain-lain. Karena tanaman ini kaya akan kandungan Flavonoid, Flavanones, Chalcones, C-Glycoflavonols dan Flavan3-ols yang memiliki banyak khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah pengumpalan darah, antialergi dan antikanker.

Gambar Rumput MutiaraSedangkan Rumput Mutiara (Hedyotis Corymbosa) merupakan tanaman perdu yang tumbuh liar terutama pada daerah atau tempat yang lembab. Seluruh bagian rumput mutiara dapat digunakan sebagai obat, baik dalam segar maupun melalui proses pengeringan. Di Cina, Rumput ini cukup populer sebagai salah satu obat herbal penyambuh untuk penyakit Kista dan Radang Panggul. Hal ini karena Rumput Mutiara kaya akan kandungan senyawa Ursolic Acid, Stigmasterol, Hentriacontane, Beta-Sitosferol, dan Flavonoid Glycosides.

Untuk mendapatkan Khasiat yang lebih, Anda bisa meramunya sendiri dirumah. Caranya Anda bisa menyiapkan 60 gram Tanaman Benalu Teh, dicampur dengan 30 gram Rumput Mutiara. Rebus kedua bahan tersebut dengan 800cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian saring air rebusan ramuan tersebut dan minum secara teratur sebanyak 2 kali sehari masing-masing 200 cc.

Mengobati Kista Ovarium dengan daun Sirsat

Gambar daun SirsatDaun Sirsat juga dikenal sebagai obat antikanker alami yang sering direkomendasikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Health Sciences Institute, Amerika Serikat di bawah pengawasan the National Cancer Institute, menyebutkan di dalam daun sirsak terkandung zat bernama Annonaceous Acetogenins semacam zat antikanker yang berfungsi membunuh berbagai jenis tumor dan kanker, seperti kanker usus, tiroid, prostat, paru-paru, payudara, serviks dan pancreas. Di dalam daun sirsak juga terkandung anti oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan beberapa zat lainya yakni Saponin, Polifenol, Bioflavonoid, Annocatacin, Annocatalin, Asam Gentisit, Asam Lonoleat dan Caclourin yang tentunya sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia terutama dalam membasmi berbagai penyakit. Untuk lebih lengkapnya tentang manfaat tanaman Sirsat ini Anda juga bisa membaca artikel: Mengobati Kanker Serviks dengan daun sirsak.

Untuk mendapatkan Khasiat yang lebih, Anda bisa meramunya sendiri dirumah. Caranya Anda bisa menyiapkan 10 lembar daun Sirsat, pilih daun yang sudah tua. Bersihkan daun sirsak yang sudah kita siapkan menggunakan air bersih. Selanjutnya rebus dengan 3 gelas air, hingga tersisa 1 gelas air dan kemudian air rebusan tersebut disaring. Minum secara teratur sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari. Dan lihat hasilnya dalam seminggu, apabila keluhan semakin berkurang, lanjutkan hingga Anda benar-benar sembuh.

Mengobati Kista Ovarium dengan Teripang (Gamat)

Gambar TeripangTidak hanya ramuan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan saja yang dapat mengobati Kista Ovarium secara alami. Ternyata Teripang hewan invertebrata golongan Timun Laut (Sea Cucumber ) yang hidup di dasar perairan laut dangkal ini juga bisa digunakan sebagai obat alternatif dalam mengatasi tumor jinak seperti Kista Ovarium.

Dr. Florinia Merca dari Fakultas Kimia, University of the Philippines, menemukan senyawa aktif penghambat pertumbuhan sel kanker pada Teripang ini. Senyawa ini bernama Lektin. Penelitian ini mengungkap, teripang pada konsentrasi 50 mikrogram dapat menggumpalkan dan menghadang pertumbuhan sel tumor maupun kanker. Hal serupa juga dibuktikan oleh Jaime Rodriguez, Universidad de Santiago de Compostela, Spanyol.

Menurut Dr.Ir.M. Ahkam Subroto, M.App.Sc., Periset Bioteknologi LIPI, juga mengungkapkan kandungan protein tinggi pada Teripang yang mencapai 82%, sangat baik diberikan kepada penderita Diabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta Pankreas yang bertugas memproduksi insulin. Sehingga produksi insulin yang mengatur kadar gula dalam darah dapat meningkat.

Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada teripang, yaitu: Protein 86,8%, Kolagen, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaninoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Chondroitin, Omega-3/6/9, dan Asam Amino.

Teripang dapat dikonsumsi langsung (dimakan mentah) dengan cara dicuci bersih dan dibuang bagian organ dalamnya. Atau dapat juga diolah sebagai masakan atau direbus dengan air kemudiannya airnya diminum sebagai obat alami Kista Ovarium. Untuk Anda yang tidak ingin repot, Sekarang banyak beredar ekstrak Teripang dalam bentuk obat herbal.

Baca juga: Cara efektif mengatasi nyeri haid

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.