BERANDA » KECANTIKAN » Cara menghilangkan bulu pada tangan dan kaki

Cara menghilangkan bulu pada tangan dan kaki

| LuviZhea Chandra

Merontokan bulu secara permanenPada hakikatnya setiap manusia memiliki bulu, baik itu laki-laki maupun wanita, tetapi bulu yang dimiliki wanita jauh lebih halus dan kecil dari pada laki-laki. Namun bulu-bulu tersebut bisa saja tumbuh menjadi lebih panjang, tebal, dan hitam karena berbagai faktor seperti faktor hormonal, dan ini seringkali membuat wanita tidak percaya diri dan dinilai dapat merusak penampilan mereka. Wanita sangat peduli dengan penampilan fisik, salah satunya mempunyai kaki putih dan mulus merupakan dambaan setiap wanita. Maka tak heran bila banyak wanita yang rela mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya untuk mendapatkan penampilan diri yang sempurna.

Teknik penghilangan bulu pada bagian tubuh yang tidak dikehendaki ini, kini sudah berkembang seiring dengan meningkatnya kecanggihan teknologi, yang bermula dari mencukur, mencabut, waxing sampai menggunakan metode laser hair removal, serta bebargai cara lainnya, termasuk menggunakan obat perontok bulu secara permanen.

Baiklah, sekarang Luvizhea.com akan memberi penjelasan beberapa metode yang biasanya digunakan untuk menghilangkan bulu pada area tangan dan kaki, ini supaya Anda bisa memilih cara mana yang lebih tepat untuk Anda pakai, dan nantinya Anda tidak akan merasa kecewa dengan hasil dan efek yang di timbulkan setelah proses menghilangkan bulu tersebut.

Shaving

Shaving atau mencukur bulu merupakan salah satu cara yang paling praktis sekaligus tidak mengeluarkan biaya yang mahal dan bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Pisau cukur dan krim adalah alat dan bahan utama untuk mencukur. Pisau cukur yang digunakan haruslah tajam agar bulu tercukur dengan sempurna. Hasil dari teknik mencukur bulu kaki ini hanya dapat bertahan beberapa hari saja. Pasalnya bulu kaki yang telah Anda cukur akan tumbuh lagi hanya dalam beberapa hari atau minggu saja, Malahan, pertumbuhan bulu kaki pasca mencukur biasanya justru akan membuat bulu lebih tebal dan semakin tumbuh subur.

Tweezing

Tweezing adalah metode dengan mencabuti bulu satu persatu mengunakan pinset. Memang ini jarang dilakukan oleh wanita, karena selain sakit dan membuat kulit memerah, bagi wanita yang memiliki bulu kaki banyak akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Metode ini mungkin lebih baik dari cara mencukur, karena bulu kaki akan tercabut sampai ke akar-akarnya sehingga pertumbuhan bulu akan jauh lebih lama dan tumbuh lebih halus dibandingkan dengan cara mencukur. Sebenarnya metode tweezing ini lebih cocok untuk menghilangkan bulu ketiak.

Waxing

Waxing hampir sama dengan Tweezing, dimana metode yang digunakan untuk menghilangkan bulu adalah dengan cara mencabutnya. Meskipun terlihat ekstrim, waxing adalah metode yang sangat populer dalam menghilangkan bulu. Jika digunakan dengan benar maka cara ini sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit. Apalagi penggunaan teknik waxing ini sudah banyak ditawarkan pada salon-salon kecantikan atau Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Keunggulan teknik ini dapat lebih lama menekan pertumbuhan bulu kaki ketimbang dengan mencukur. Jika sering dilakukan, metode waxing ini membuat pertumbuhan bulu semakin jarang dan lebih halus.

Waxing sangat tepat digunakan untuk menghilangkan bulu kasar yang tubuh di tangan ataupun di kaki, bukan bulu-bulu halus seperti yang ada pada wajah.

Dalam prosesnya, waxing dilakukan menggunakan lilin, yaitu :

  • Lilin cair hangat dioleskan ke kulit secara merata
  • Kemudian klain flanel ditekankan ke hamparan lilin tersebut
  • Lembaran itu ditarik dengan cepat kearah yang berlawanan dalam satu sentakan untuk mencabut bulu-bulu bersamanya

Selain metode lilin, cara menghilangkan bulu juga bisa menggunakan gula pekat sebagai materi pengikat yang disebut dengan waxing sugaring. Berikut cara menggunakannya:

  • Campurkan 3 sendok makan gula pasir, 1/4 gelas perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, dan 1/4 gelas air
  • dalam satu wadah.
  • Kemudian masak semua bahan tersebut dengan menggunakan api kecil.
  • Lalu aduk campuran gula hingga menjadi karamel.
  • Dalam keadaan masih hangat, balurkan ramuan tersebut ke bagian kulit berbulu
  • Lalu tempelkan kain kasa, tekan hingga menempel dengan sempurna, lalu tarik ke arah berlawanan.

Elektrolisis

Elektrolisis adalah teknik untuk menghilangkan bulu dengan menghancurkan sumber pertumbuhan bulu tersebut, metodenya menggunakan jarum kecil yang dimasukan ke dalam pori-pori bulu kaki. Kemudian arus listrik dialirkan ke dalam melalui jarum tersebut. Bulu-bulu tersebut kemudian diangkat menggunakan pinset. Terlihat menyakitkan memang, untuk itu penggunaan teknik ini tidak baik dan tidak dianjurkan, meskipun cara ini sebenarnya dapat menghilangkan bulu secara permanen. Selain itu metode ini cukup mahal dan memerlukan beberapa kali penanganan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Laser hair removal

Metode laser juga dinilai ampuh dalam menghilangkan bulu kaki dan tangan. Proses yang dilakukan adalah dengan cara menyinari bagian yang akan dihilangkan bulunya, energi dari sinar laser tersebut diubah menjadi panas sehingga membakar akar rambut. Proses tersebut akan membuat bagian yang dilaser tidak akan ditumbuhi rambut kembali. Menghilangkan bulu kaki dengan laser harus dilakukan oleh dokter yang sudah ahli. Semakin berkembangnya teknologi, laser yang digunakan pun sekarang semakin bervariasi.

Namun, efektivitas dan keampuhan yang dimiliki oleh laser, akan meninggalkan efek samping pada kulit Anda. Dalam jangka pendek saja, Anda akan mengalami pembengkakan pada bagian-bagian yang terkena sinar laser, karena laser menimbulkan kelebihan cairan pada kelenjar rambut di kulit. Selain itu, masih banyak efek samping yang akan Anda alami setelah melakukan penghilangan bulu dengan menggunakan laser, diantaranya adalah:

  • Sakit pada kulit, walaupun energi yang digunakan berkekuatan rendah, laser yang ditembakkan ke kulit tetap mengandung panas sehingga kulit merasa kepanasan karenanya. Mereka yang menggunakan metode sinar laser untuk menghilangkan bulu, akan merasakan sakit pada daerah kulit yang terkena sinar laser tersebut. Untuk meredakan rasa sakitnya, disarankan untuk menggunakan kantong es.
  • Kulit kemerahan dan melepuh, Efek yang diperoleh dikarenakan panas yang dikeluarkan oleh laser. Keadaannya sama seperti terbakarnya kulit ketika sedang berjemur tanpa menggunakan sunblock. Untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan salep khusus perawatan kulit atau dengan vitamin kulit yang dioleskan secara langsung.
  • Dampak yang ditimbulkan secara langsung oleh laser adalah merangsang pertumbuhan pigmen secara instan di balik kulit Anda. Dalam jangka waktu yang relatif lama, Anda bisa saja mengalami pigmen berlebih pada bagian yang dilaser. Bagian dengan pigmen berlebihan kerap terlihat seperti memar. Memilih terapis yang berpengalaman dan mengetahui soal kulit dan rambut sangat direkomendasikan oleh Dokter agar mereka dapat mengurangi efek ini.

Ramuan dan Obat perontok bulu

Saat ini, banyak ditawarkan berbagai produk yang mampu menghilangkan bulu secara instan. Namun Anda perlu waspada terhadap kandungan bahan kimia di dalamnya. Bisa-bisa, setelah bulu Anda hilang, akan timbul masalah baru dari efek samping yang ditimbulkan seperti terjadinya iritasi pada kulit.

Untuk itu mungkin Anda bisa membuat ramuan sendiri dirumah untuk menghindari obat kimia, seperti membuat ramuan untuk menghilangkan bulu tangan dan kaki secara alami, seperti dengan menggunakan:

  • Ramuan kunyit dan kapur sirih, ramuan yang terdiri dari parutan kunyit dan kapur sirih ini juga dinilai ampuh sebagai bahan olesan untuk menghilangkan bulu secara permanen. Namun, jangan menggunakan kapur sirih terlalu banyak, gunakan secukupnya saja, pemakaian kapur sirih yang terlalu banyak akan membuat kulit terasa panas.
  • Anda juga bisa menggunakan campuran merica dan kapur barus yang ditumbuk hingga halus merata dan diberi beberapa tetes minyak tanah. Setelah jadi, bisa Anda usapkan pada bagian kaki yang ditumbuhi bulu. Dengan sendirinya bulu-bulu kaki tersebut akan rontok secara permanen. Tetapi ingat metode ini juga akan membuat kulit terasa panas efek dari merica tersebut dan berhati-hati untuk tipe kulit sensitif karena dapat menimbulkan iritasi.

Baca juga: Cara ampuh memutihkan siku dan lutut yang hitam.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.