BERANDA » FASHION » Cara mengembalikan kilau perhiasan Emas yang memudar

Cara mengembalikan kilau perhiasan Emas yang memudar

| LuviZhea Chandra

Agar emas awet kinclongSaat kilau Emas mulai memudar, biasanya yang sering kita lakukan adalah membawa perhiasan Emas yang kita miliki ke toko Emas untuk dibersihkan atau disepuh ulang sehingga kilau Emas dapat kembali seperti semula.

Namun jangan salah, Emas tidak seperti perhiasan perak yang dapat memudar atau menjadi kusam seiring berjalannya waktu. Kusamnya perhiasan Emas asli biasanya lebih dikarenakan adanya timbunan kotoran dan debu akibat pemakaian normal.

Bagaimana cara efektif membersihkan perhiasan Emas dirumah?

Sebenarnya cara membersihkan Emas sendiri dirumah sangat mudah, hanya saja belum terbayangkan oleh kita. Anda bisa mengembalikan kilau pada cincin, gelang, kalung dan perhiasan Emas lainnya dengan beberapa metode yang bisa Anda pilih, diantaranya:

Membersihkan perhiasan Emas dengan sabun cuci piring

Proses mencuci perhiasan emasSabun cuci piring mengandung Surfaktan yang merupakan bahan aktif yang berfungsi menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel pada permukaan bahan yang dicuci.

Selain itu, sabun cuci piring juga mengandungĀ Builder (pembentuk) yang berfungsi meningkatkan efisiensi pencuci dari Surfaktan dengan cara menon-aktifkan mineral penyebab kesadahan air.

Berikut proses mencuci perhiasan Emas dengan menggunakan sabun cuci piring:

  • Teteskan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam mangkuk berisi air hangat. Jangan menggunakan air panas atau air mendidih terutama apabila perhiasan tersebut terpasang batu mulia seperti opal, yang bisa retak apabila mengalami perubahan suhu yang cepat dan drastis. Penggunaan air panas atau air mendidih sebenarnya bisa digunakan dan tidak akan berpengaruh pada perhiasan Emas Anda, apabila perhiasan Emas tersebut tidak ada tempelan aksesoris seperti batu permata.
  • Selanjutnya, Anda bisa merendam perhiasan Emas pada larutan yang telah Anda buat, dan diamkan sekitar 15 menit. Rendaman ini akan melonggarkan akumulasi kotoran terutama pada bagian atau celah yang sulit terjangkau.
  • Kemudian bersihkan menggunakan sikat lembut untuk mengangkat kotoran pada setiap sisi dan celah perhiasan Emas tersebut. Semakin lembut sikatnya semakin baik agar tidak meninggalkan bekas goresan pada perhiasan emas Anda.
  • Langkah terakhir adalah bilas perhiasan tersebut dengan air hingga bersih dan kemudian keringkan menggunakan lap atau kain yang lembut.

Membersihkan perhiasan Emas dengan Amonia

Proses membersihkan emas dengan AmoniaAmonia dikenal efektif dalam membersihkan perhiasan Emas dan mengembalikan kilau-nya kembali seperti semula. Namun penggunaan Amonia untuk membersihkan perhiasan Emas ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, karena biar bagaimanapun Amonia bersifat korosif, sehingga penggunaan yang berlebihan akan mengikis permukaan perhiasan Emas tersebut. Dan ingat, penggunaan Amonia ini juga tidak disarankan untuk membersihkan Emas yang mengandung platinum atau mutiara.

Berikut cara pemakaiaan Amonia dalam membersihkan perhiasan Emas:

  • Campurkan cairan Amonia dengan air pada sebuah mangkuk. Gunakan perbandingan 1:6, yaitu 1 takar Amonia dicampur dengan 6 takar air.
  • Setelah itu Anda bisa merendam perhiasan Emas pada larutan yang Anda buat, dan diamkan selama 1 menit. Seperti yang telah Luvizhea jelaskan diawal karena Amonia bersifat korosif, maka sebaiknya jangan merendam perhiasan Emas lebih lama dari yang disarankan.
  • Setelah perhiasan Emas diangkat dari perendaman, Anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih, dan kemudian dikeringkan menggunakan lap atau kain yang lembut.

Sebaiknya proses demi proses yang dilakukan diatas usahakan agar cairan tidak terkena kulit atau tangan. Untuk menghindari iritasi kulit seperti gatal-gatal terutama pada kulit yang sensitif. Anda bisa menggunakan alat tertentu untuk mengangkat perhiasan Emas dari rendaman cairan Amonia yang digunakan.

Membersihkan perhiasan Emas dengan Odol (Pasta Gigi)

Proses membersihkan emas dengan odol

Pasta gigi tidak hanya baik untuk menjaga kebersihan gigi dan membuat gigi lebih putih bersinar. NamunĀ juga cukup ampuh untuk menjaga kilau segala jenis perhiasan, kecuali mutiara.

Pasta gigi sebagai zat abrasif ringan juga bisa dimanfaatkan untuk melonggarkan akumulasi kotoran yang menempel pada perhiasan Emas Anda sehingga perhiasan bisa kembali kinclong seperti semula.

Berikut cara menggunakan odol (pasta gigi) untuk membersihkan perhiasan Emas:

  • Campurkan 2,5 cm pasta gigi dengan sedikit air agar pasta tidak terlelu kental.
  • Kemudian gosok permukan perhiasan Emas dengan sikat lembut menggunakan pasta yang telah dicampur air tersebut, sehingga bisa membersihkan seluruh bagian permukaan perhiasan Emas termasuk celah-celah yang sulit terjangkau.
  • Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih dan keringkan menggunakan lap atau kain lembut.

Cara ini efektif digunakan untuk membersikan perhiasan Emas yang menggunakan aksesoris batu permata yang ditempelkan menggunakan lem (seperti kebanyakan pada perhiasan anting atau liontin) karena tidak perlu dilakukan proses perendaman. Seperti yang kita ketahui proses perendaman (terutama menggunakan air hangat) dapat mengendurkan lem sehingga bisa menyebabkan batu permata pada perhiasan Emas tersebut terlepas.

Baca juga: Cara sederhana menguji keaslian dari Berlian.

Hal yang pelu Anda perhatikan dalam membersikan perhiasan Emas adalah jangan menggunakan pemutih atau bahan yang mengandung Klorin (Klorin bisa terbentuk dari reaksi zat pemutih dan detergent), karena bahan-bahan tersebut dapat memudarkan atau menghitamkan perhiasan Emas Anda secara permanen.

Bagaimana cara agar kilau Emas selalu terjaga?

Agar kilau Emas selalu terjaga (awet kinclong) dari waktu ke waktu sebaiknya bersihkan perhiasan Emas yang Anda miliki minimal enam kali dalam setahun, yaitu dengan menggunakan cara yang telah Luvizhea.com jelaskan diatas. Ini berlaku apabila perhiasan Emas dipakai setiap hari, setiap saat.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • Pertama, perhatikan dari segi pemakaian, berhati-hatilah dengan kosmetik, parfum, dan krim atau cairan yang dapat menyebabkan efek kimia, seperti oksidasi.
  • Kedua, apabila harus disimpan sebagai investasi, sebaiknya perhiasan Emas (terutama Emas murni 24 karat) harus disimpan terpisah dari aksesoris lain dan dibungkus dalam kain lembut untuk menghindari goresan dari perhiasan atau benda lain disekitarnya.

Baca juga: Cara menguji apakah Emas yang Anda miliki asli atau palsu.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh @LuviZhea.