BERANDA » KECANTIKAN » Cara mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam

Cara mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam

| LuviZhea Chandra

Zona T wajah berminyakKetika seseorang memasuki masa puber, biasanya akan rentan mengalami wajah berminyak, komedo, dan jerawat. Sebenarnya komedo maupun jerawat berawal dari kulit berminyak, selain itu kulit berminyak dapat membuat wajah terlihat kusam karena mudah dipenuhi oleh kotoran dan debu jika tidak sering dibersihkan. Bukan hanya itu saja, kulit wajah yang berminyak juga dapat menyulitkan bagi wanita dalam memilih make-up yang tepat.

Perlu anda ketahui, sebenarnya sebum atau kelenjar minyak pada wajah mempunyai nilai positif, selain berpotensi untuk membuat wajah terlihat awet muda dibandingkan jenis kulit lainnya, juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan juga polusi. Namun sayangnya sebum atau kelenjar minyak tersebut juga memiliki nilai negatifnya seperti yang Luvizhea.com sebutkan diawal, yakni membuat wajah kita jadi mudah kusam dan kotor, sehingga pada akhirnya akan memicu timbulnya komedo maupun jerawat.

Baca juga: Cara menghilangkan komedo hitam di hidung.

Pada wajah, ada bagian yang dikenal sebagai ‘Zona T’ dimana bagian wajah ini merupakan area yang memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan area wajah yang lain, yang terdiri atas kening, hidung dan dagu. Tentu saja area ini juga membutuhkan penanganan ekstra agar penampilan Anda tetap terjaga sepanjang hari.

Faktor penyebab kulit wajah kusam dan berminyak

Sebelum Luvizhea.com membahas mengenai cara merawat wajah berminyak dan kusam ini lebih lanjut, ada baiknya kita mengerti dulu apa saja penyebab wajah berminyak, di antaranya:

1. Genetik

Faktor genetik atau keturunan sangatlah mempengaruhi fisik dan sifat yang diturunkan oleh orang tua kapada anaknya, jadi jika salah satu orang tua Anda memiliki masalah wajah berminyak berarti Anda juga cenderung mengalami masalah tersebut. Coba perhatikan wajah orang tua dan anggota keluarga yang lain. Jika kebanyakan dari mereka memiliki wajah berminyak, bisa jadi penyebabnya adalah karena gen yang diturunkan.

2. Hormon

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang biasanya terjadi pada wanita selama hidupnya, dimana hal ini terjadi ketika menstruasi, hamil, dan menopause. Perubahan hormon itu pun memicu produksi minyak berlebih pada tubuh.

3. Pola Makan

Wajah berminyak juga dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi ataupun makanan bersantan sehingga dapat meningkatkan kadar minyak didalam tubuh Anda.

4. Kosmetik

Beberapa orang salah menggunakan produk kecantikan kulit karena kurang paham dengan kondisi kulitnya. Perlu Anda ketahui bahwa kosmetik sebenarnya dapat membuat kondisi kulit wajah Anda akan rusak dan bisa memicu produksi minyak berlebih jika salah dalam pemilihannya, Apalagi didalam kosmetik tersebut mengandung bahan atau zat kimia tertentu yang berbahaya.

Bukan hanya produk kecantikan saja yang dapat menyebabkan kulit berminyak, alat kecantikan juga berperan dalam penyebab wajah berminyak. Misalnya penggunaan sikat atau bantal bedak yang mengganggu kinerja kelembapan kulit.

5. Pergantian musim

Meningkatnya suhu dan kelembapan bisa mempengaruhi produksi minyak pada kulit wajah.

6. Stres

Sebagai bentuk respon terhadap stres, tubuh menghasilkan minyak berlebih dan membuat wajah tampak berkilau karena minyak tersebut.

Baca juga: Manfaat dan resiko tanam benang di wajah.

Perawatan untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab dari kulit berminyak, mungkin Anda sekarang bisa menentukan cara mana yang paling tepat untuk Anda gunakan dalam mengatasi kulit wajah berminyak dan terlihat kusam ini. Tetapi intinya yang bisa Anda lakukan untuk perawatan kulit wajah berminyak adalah seperti berikut:

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Mencuci wajah adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihan wajah dan menghilangkan minyak pada pori-pori wajah. Minyak dihasilkan oleh kelenjar sebaceous dan dikeluarkan melalui pori-pori pada kulit kita. Untuk menjaga produksi minyak tersebut agar tetap terkontrol Anda harus selalu menjaga wajah agar tetap bersih. Anda bisa menggunakan pembersih wajah dengan pH seimbang yang diformulasikan untuk kulit berminyak dalam setiap membersihkan wajah. Ini bisa Anda lakukan setiap pagi setelah Anda bangun tidur, karena tubuh mengeluarkan banyak minyak, terutama pada ‘Zona T’ wajah Anda. Biasakan juga untuk mencuci wajah disela-sela aktifitas Anda atau waktu istirahat Anda, karena biasanya banyak debu yang menempel walaupun Anda bekerja didalam ruangan ber-AC.

2. Menggunakan Pelembab

Banyak orang yang mengabaikan penggunaan pelembab karena takut akan membuat kulit semakin berminyak. Namun, pelembab merupakan ritual yang penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Pilihlah pelembab yang berbasis air dan tidak menyebabkan komedo. Selain itu Anda juga bisa menggunakan ‘Krim Malam’ sebelum tidur, karena ini termasuk kategori perawatan wajah semi alami untuk mengatasi wajah berminyak, karena pada malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

3. Menggunakan Kertas Penyerap Minyak

Jika Anda tidak sempat mencuci wajah, Anda bisa menggunakan produk tisu khusus untuk wajah yang dapat menyerap kelenjar minyak pada wajah. Nah jika tidak mau repot anda dapat menggunakan produk tersebut, namun sebaiknya gunakan dengan cara menepuk-nepukkanya secara perlahan dan jangan diusap karena dapat menyebabkan iritasi

Tidak hanya itu saja yang bisa Anda lakukan, untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi wajah berminyak dan kusam. Walaupun cara ini sekarang mungkin jarang diterapkan karena memang dimasa sekarang ini sudah banyak sekali produk yang dapat mengatasi kulit wajah berminyak tanpa harus repot. Tetapi sebenarnya cara alami jauh lebih aman dan lebih murah dibanding produk modern. Karena jika salah pilih dan kurang teliti, sekarang banyak produk kecantikan yang dipalsukan dan atau mengandung bahan kimia, jika ini digunakan secara terus menerus, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda, karena bisa terjadi iritasi ataupun alergi dan masalah kesehatan lainnya.

Masker alami untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak

Berikut Luvizhea.com berikan cara alami untuk mengatasi wajah berminyak, dengan menggunakan:

Masker buah untuk kulit berminyak1. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal untuk menyehatkan jaringan kulit dan juga membantu menjaga keseimbangan pH. Oleskan saja gel lidah buaya pada ‘Zona T’ wajah Anda, untuk mengontrol produksi minyak berlebih, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Masker Daun Seledri

Ambil daun seledri secukupnya, kemudian rajang sampai halus kemudian rendam dalam air hangat dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu saring air rendaman daun seledri tadi dan diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian oleskan air seledri yang dingin tadi pada wajah dan biarkan air seledri tersebut meresap dan mengering. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan aktifitas ini 2x sehari secara rutin agar wajah Anda terbebas dari minyak.

3. Masker Mentimun

Buah yang satu ini dapat anda gunakan untuk menghilangkan kelenjar minyak pada wajah. Caranya yakni cacah bagian dalam mentimun yang agak berbiji. Setelah itu gunakan cacahan mentimun tersebut dengan cara digosokan secara perlahan pada wajah anda kemudian diamkan 10-15 menit, setelah itu bisa Anda bilas dengan air hangat, lalu lap atau usap menggunakan handuk bersih, terakhir beri pelembab agar terasa efeknya.

4. Masker Bengkoang

Cara mengatasi wajah berminyak berikutnya bisa menggunakan bengkoang, selain bisa digunakan untuk memutihkan wajah, bengkoang juga bisa digunakan untuk mengatasi wajah berminyak. Caranya, ambil bengkoang secukupnya, lalu cuci bersih. Kemudian bengkoang tersebut bisa Anda blender atau hancurkan bengkoang menjadi bagian kecil. Gunakan bengkoang tadi sebagai masker sebelum tidur agar dapat bertahan lama di wajah. Selain dapat menghilangkan minyak pada wajah, bengkoang juga dapat mengecilkan pori-pori wajah.

5. Masker Pisang

Vitamin A, B, dan E yang terkandung dalam pisang bermanfaat dalam mencegah penuaan dini, selain itu masker pisang juga dapat mengatasi wajah berminyak. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan menghaluskan pisang dan bisa dengan di campur madu, lalu dioleskan pada wajah dan leher dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

6. Masker Lemon

Lemon memiliki vitamin C yang tinggi sehingga dapat membuat kulit tampak cerah dan menghilangkan bekas jerawat. Cara membuat masker dari lemon adalah dengan memerasnya, kemudian tambahkan madu, lalu gunakan untuk mengoles pada bagian wajah dan leher Anda. Agar lebih maksimal, disarankan anda meminum campuran air lemon hangat dengan madu setiap hari.

7. Masker Stroberi

Didalam stroberi banyak mengandung vitamin C yang dapat memberikan kesegaran pada wajah. Cara membuat masker stroberi adalah seperti berikut ini. Hancurkan sekitar 8-9 buah stroberi segar menggunakan garpu, jangan pakai blender. Lalu campurkan dengan 3 sendok makan madu. Saring cairan yang dihasilkan oleh campuran stroberi dan madu. Kemudian oleskan cairan tersebut ke seluruh wajah, dan diamkan sekitar 10 menit. Terakhir bilas menggunakan air dingin sampai bersih dan untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin seminggu 2 kali.

8. Masker Apel

Apel mengandung banyak antioksi dan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit. Selain itu, apel juga mengandung elastin dan kolagen. Kedua zat tersebut dapat membuat kulit tetap awet muda. Cara membuatnya, blender apel dan campurkan dengan madu serta air mawar, lalu aplikasikan pada wajah Anda. Kulit Anda pun akan nampak semakin cerah dan tampak muda.

9. Masker Pepaya

Sama seperti apel, papaya juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit. Pepaya juga mengandung zat yang bernama papain yang berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit semakin cerah. Caranya yaitu dengan menghaluskan pepaya kemudian aplikasikan pada kulit wajah dan leher Anda. Caranya yakni dengan menghaluskan pepaya yang sudah matang untuk dijadikan masker.

10. Masker Mangga

Mangga bukan hanya buah yang enak dimakan, tapi juga banyak manfaatnya. Sama halnya dengan beberapa buah lain seperti yang telah Luvizhea.com sebutkan diatas, mangga juga mengandung Vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah penuaan kulit, regenerasi kulit serta mengencangkan kulit. Cara penggunaannya sama, Anda tinggal menghaluskannya lalu digunakan sebagai masker, diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih.

Banyak juga ya, nah dari berbagai cara-cara yang sudah Luvizhea.com jelaskan di atas, Anda bisa memilih salah satunya yang dirasa cocok untuk Anda dalam mengatasi kulit wajah yang berminyak, bahan-bahan tersebut diatas juga sangat mudah ditemukan disekitar kita, jadi tunggu apalagi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.