BERANDA » KESEHATAN » Cara mengatasi insomnia susah tidur

Cara mengatasi insomnia susah tidur

| LuviZhea Chandra

Penyebab insomniaSusah tidur atau insomnia memang mengganggu. Sangat menjengkelkan apabila Anda berbaring dan menarik selimut, tapi mata tetap tak mau terpejam. Padahal keesokan harinya ada begitu banyak kegiatan yang memerlukan stamina dan energi menanti anda. Bagaimana Anda bisa tampil prima apabila susah tidur. Bisa jadi Anda terlambat bangun atau pusing sepanjang hari. Itu tentunya sangat mengganggu kesehatan dan kegiatan Anda.

Baca juga: Posisi tidur yang baik selama masa kehamilan.

Faktor penyebab susah tidur

Secara garis besar, umumnya faktor-faktor psikologis yang menyebabkan insomnia adalah kegelisahan, ketakutan, perasaan bersalah, dan perasaan cemas atau stress sebagai antisipasi terhadap peristiwa-peristiwa yang akan datang. Selain dari faktor psikologis tersebut diatas, susah tidur bisa karenakan oleh efek samping dari obat, kafein, nikotin dan alcohol yang merupakan zat stimulan yang dapat mengacaukan pola tidur Anda.

Tips dan cara menghilangkan kebiasaan susah tidur

Sekarang, Anda bisa mengucapkan “Selamat tinggal pada Insomnia” dengan mencoba mempraktekan cara-cara dari Luvizhea.com di bawah ini:

  • Hindari tidur siang untuk mengurangi rasa lelah. Tidur siang akan menumpuk energi dan membuat Anda semakin sulit tidur pada malam hari.
  • Pastikan ruangan Anda cukup sejuk dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Kamar tidur adalah ruang untuk beristirahat, tidak bijak meletakkan peralatan elektronik seperti tv atau komputer. Anda bisa tergoda untuk menyaksikan acara atau bermain game.
  • Kalaupun kamar Anda dipenuhi peralatan elektronik, matikan saja, kecuali Anda ingin memutar musik lembut sebagai pengantar tidur.
  • Jadwalkan tidur Anda pada waktu yang sama. Sekalipun Anda tidak ngantuk, usahakan untuk tidur pada jam yang sama. Ini akan membantu jam biologis Anda mengatur waktu tidur dan memudahkan tubuh Anda untuk terlelap di waktu yang sama.
  • Jangan menjadwalkan latihan atau olahraga sebelum tidur, lakukan 3 jam sebelumnya. Dengan begitu otot-otot Anda sudah tidak tegang dan telah siap untuk beristirahat.
  • Hindari makanan yang dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam, misalnya saja kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman penambah energi. Percayalah, minuman itu akan memperburuk kondisi Anda.
  • Pilih makanan dan minuman yang dapat membantu Anda segera terlelap. Misalnya segelas susu hangat berkalori rendah.
  • Hindari terlalu banyak minum sebelum tidur. Ini bisa memicu Anda untuk terbangun karena harus mengunjungi toilet untuk buang air kecil.
  • Sebelum tidur rileks-kan pikiran anda, tuliskan di atas kertas semua hal yang mengganggu pikiran Anda. Apakah bos marah-marah, bertengkar dengan kekasih, atau cuaca yang membuat mood Anda buyar.¬†Tulis juga harapan untuk keesokan harinya. Ini akan membantu Anda melepaskan beban pikiran yang bisa menghambat tidur Anda.
  • Jika tidak bisa tidur dengan lampu padam, tidak perlu memaksakan diri. Tidurlah dengan lampu temaram yang tidak akan membuat Anda kaget pada saat terbangun tengah malam. Penerangan yang berlebihan bisa membuat tubuh Anda terjaga sepanjang malam.

Selamat mencoba tips dan cara mengatasi susah tidur dari Luvizhea.com, semoga anda biasa tidur dengan nyenyak.

Baca juga: Posisi tidur yang baik untuk bayi dibawah 6 bulan.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.