BERANDA » KECANTIKAN » Cara mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat

Cara mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat

| LuviZhea Chandra

Luvizhea (3)Sebenarnya yang namanya jerawat itu adalah alamiah sebab hampir semua orang mengalaminya. Walaupun sudah banyak pakar obat-obatan yang telah memproduksi obat penghilang jerawat akan tetapi masih banyak orang yang belum mampu menghilangkan jerawat seratus persen dari mukanya. Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat memang gampang-gampang susah.

Baca juga: Cara mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam.

Kali ini Luvizhea.com akan mencoba membagikan sedikit tips mengenai cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara cepat dan alami. Mungkin dengan mengikuti tips dari kami ini bisa membuahkan hasil yang maksimal. Kalau menurut kami pribadi semua tips itu bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika kita lakukan secara rutin. Walaupun kita mencoba berbagai cara tetapi hanya sekali praktek sama juga bohong.

Cara Mencegah Jerawat muncul

1. Memilih kosmetik yang cocok untuk kulit wajah Anda

Jangan salah memilih kosmetik, karena kalau salah maka tidak hanya menimbulkan jerawat tapi juga akan menimbulkan iritasi pada kulit wajah Anda. Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit Anda. Jika kulit Anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak. dan sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak, karena secara alami wajah kita akan menmproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.

2. Sering membersihkan muka pakai air hangat

Muka remaja banyak berminyak. Minyak yang tidak pernah dibersihkan akan menyumbat pori-pori wajah dan akhirnya timbul jerawat. Airnya ya jangan terlalu panas karena air panas dapat memecahkan pori-pori di wajah. Nanti malah kulit wajah jadi merah-merah setengah melepuh kalau dibasuh dengan air yang panas. Jangan terlalu kasar waktu membilas pada wajah yang terdapat jerawat, jika dibilas dengan kasar akan menimbulkan luka dan akhirnya menimbulkan bopeng lalu muncul noda-noda hitam pada wajah. Yang juga penting untuk dilakukan adalah selalu pastikan kulit Anda bersih sebelum tidur, selalu cuci muka Anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.

3. Berusaha sebisa mungkin tidak kena asap kendaraan dan debu

Kalau Anda memakai motor pakailah cadar atau helm yang tertutup kaca. Lebih bagus Anda memakai keduanya pada saat berpergian.

4. Timbul jerawat biasanya karena alergi pada makanan

Kebanyakan orang yang berjerawat itu di karena alergi sama kacang – kacangan maupun daging ayam dan telur. Coba di uji dulu untuk mencoba beberapa makanan tersebut. jika Anda memang alergi dengan kedua makanan tersebut, coba hindarilah makan-makanan daging dan ayam.

Usahakan tidak makan-makanan yang pedas, makan makanan yang pedas ini bisa menimbulkan jerawat. Jangan banyak makan-makan yang berlemak (sedikit saja,namun jangan terlalu sedikit, sebab lemak selain untuk pelumas persendian, lemak diperlukan dalam pembentukan sel pada paru-paru dan otak, kekurangan lemak bisa membahayakan kedua organ tersebut.

5. Kalau berjerawat jangan di pencet

Ini yang sering tidak bisa kita hindari, karena terlalu jengkel dengan adanya jerawat kita sering pencet, walaupun itu disengaja maupun tidak disengaja. Kalau jerawat dipencet-pencet biasanya meninggalkan noda-noda hitam dan bopeng pada wajah.

6. Jangan stres dan jangan banyak pikiran

Menurut sumber terpercaya stres dapat memicu timbulnya jerawat.

7. Sering Olahraga

Panas pada tubuh akan membuka pori-pori dalam wajah dan mengeluarkan kotoran dari pori-pori di wajah.

8. Kalau keramas diusahakan jangan mengenai wajah

Banyak sebagaian shampoo (terutama yang memakai shampoo protein itu jika mengenai kulit akan menimbulkan jerawat.

9. Tidur yang cukup dan teratur

Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.

Cara Mengobati jerawat secara alami

Untuk pengobatan jerawatnnya sendiri seperti yang Luvizhea.com dapatkan dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang bisa di pilih untuk pengobatan jerawat, semisalnya jerawat batu. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling bandel dan paling di benci sebab walaupun cuma satu saja karena bentuknya yang agak menonjol sehingga membuat wajah kurang sedap di pandang. Berikut beberapa resep menghilamgkan jerawat :

  • Baking soda dikenal sangat berguna dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat. Campur ½ sendok teh baking soda dengan air untuk membuat pasta tebal. Terapkan ini ke daerah yang terkena dan biarkan selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air dingin. Hal ini membantu menghilangkan kelebihan minyak dari daerah tersebut dan mencegah jerawat lebih lanjut. Pengobatan lain yang baik adalah untuk mencampur ½ sdt baking soda dengan sedikit garam dan air untuk membuat pasta tebal. Oleskan campuran ini ke daerah yang terkena dampak dari jerawat yang menonjol.
  • Oleskan campuran madu dan kunyit bersama dengan beberapa perasan air jeruk nipis adalah cara yang baik untuk mengobati jerawat batu dewasa. Hal ini membantu mengurangi peradangan dan juga memiliki efek menenangkan pada kulit.
  • Kombinasi madu dan aspirin dapat digunakan sebagai pengobatan yang efektif. Hancurkan 2 atau 3 tablet aspirin, dan campur dengan satu sendok makan madu untuk membuat pasta. Terapkan ini ke daerah yang berjerawat, biarkan selama sekitar 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca juga: Mengatasi masalah jerawat akibat hormon.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

  • Jangan memencet jerawat Anda, apalagi jika tangan Anda tidak bersih karena hanya akan semakin meperparah jerawat anda bahkan bisa menimbulkan luka lain ataupun infeksi.
  • Jika timbul luka, Anda dapat mengoleskan obat merah untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.
  • Hindari makanan berlemak dan perbanyaklah konsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc, untuk mencegah kulit berminyak penyebab jerawat, sehingga kulit akan menjadi mulus dan berseri.
  • Agar hasilnya lebih maksimal Anda juga bisa memilih salah satu ramuan alami tanpa efek samping berikut ini :
    • Manfaatkan telur sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air bersih. Lakukan dua kali dalam seminggu.
    • Cobalah menggunakan ramuan belimbing wuluh yang di tumbuk sampai halus seperti bubur lalu dicampur air garam secukupnya, Lulur ini juga berfungsi sebagai astringen yang akan membantu memperkecil pori-pori yang terbuka terlalu lebar.
    • Noda jerawat juga bisa diatasi dengan nanas. Cukup haluskan nanas dan jadikan masker wajah. Setelah itu, bersihkan dengan air.
    • Selain bermanfaat bagi tubuh, madu dapat juga sebagai obat oles untuk mengurangi noda jerawat. Oleskan ke bekas jerawat tiap hari, atau campurkan ke masker buah.
    • Noda jerawat bisa diatasi juga dengan asam jawa dan kunyit. Tumbuk kunyit hingga halus, lalu tambahkan asam jawa dan sedikit air. Pakailah sebagai masker.

Demikianlah info cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami dari Luvizhea.com, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara menghilangkan komedo hitam di hidung.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.