BERANDA » KULINER » Cara membuat daging supaya empuk dan tidak alot

Cara membuat daging supaya empuk dan tidak alot

| LuviZhea Chandra

Resep memasak dagingDaging merupakan salah satu menu favorit keluarga yang tinggi akan protein, zat besi dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama saat masa pertumbuhan, dan juga untuk pemeliharaan otot-otot tubuh.

Ada beragam jenis daging yang bisa dikonsumsi, mulai dari daging kerbau, sapi, kambing, bebek, ayam kampung, dan lain sebagainya. Namun biasanya tantangan yang sering ditemui saat mengolah daging ini adalah, bagaimana cara membuat daging supaya empuk dan tidak alot?

Cara paling mudah dalam membuat daging empuk saat diolah adalah dengan membiarkannya layu dan menyimpannya di dalam freezer, mungkin kita berpikir bahwa membuatnya beku akan menyulitkan kita saat mengolah, namun ternyata daging beku yang sudah disimpan di dalam freezer lebih mudah empuk saat diolah ketimbang daging segar yang baru saja dipotong. Selain itu untuk mendapatkan daging yang empuk, ketika memasak Anda bisa memotong daging tersebut dengan ukuran kecil-kecil dan memasaknya dalam waktu lama atau bisa juga dengan cara menggunakan panci presto, tetapi tentu saja cara-cara tersebut akan berpengaruh pada cita rasa, tekstur, dan kelembutannya.

Ada baiknya Anda bisa mencoba beberapa cara alami dari Luvizhea.com untuk mendapatkan daging yang empuk, beberapa cara dibawah ini tidak hanya mengempukkan daging tersebut, tetapi juga menjadikan rasanya lebih gurih dan rasanya juga lebih kuat saat diolah.

Mengempukkan daging dengan pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengempukkan daging. Caranya mudah saja, cukup meremas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian gunakan untuk membungkus daging, diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu daging dicuci bersih, tiriskan, dan siap diolah. Cara ini cocok untuk masakan daging yang dibakar seperti sate atau steak.

Selain daun Anda bisa juga menggunakan buah papaya yang masih muda direbus bersamaan dengan daging.

Buat Anda yang tidak ingin repot, dewasa ini seiring perkembangan kuliner, sudah tersedia bubuk instant yang fungsinya untuk mengempukkan daging. Bubuk ini umumnya mengandung enzim papain yang diekstrak dari getah pohon pepaya. Cara penggunaannyapun cukup mudah, setelah daging dicuci bersih, daging cukup ditaburi dan diremas-remas dengan bubuk tersebut, dan diamkan selama beberapa saat, maka daging akan jauh lebih empuk. Bubuk papain ini dapat ditemukan di supermarket dalam bentuk kemasan.

Baca juga: Cara menghilangkan rasa pahit daun papaya.

Mengempukkan daging dengan nanas

Nanas mengandung enzim bromelin, yang cara kerjanya sama dengan enzim papain pada pepaya. Enzim bromelin ini dapat menguraikan serat-serat daging sehingga menjadi daging lebih empuk saat diolah. Sebenarnya kulit nanas terbukti cepat mengempukkan daging, tetapi apabila Anda ragu akan kehigienisannya, Anda bisa menggunakan parutan dari nanas muda. Untuk 1 kg daging biasanya cukup menggunakan sekitar 250 gr nanas yang telah diparut. Caranya parut nanas lalu balurkan ke daging, diamkan selama sekitar 45 menit, lalu bilas daging hingga bersih dengan air mengalir, tiriskan, dan daging siap diolah. Cara ini cocok untuk daging yang akan dimasak dengan cara ditumis atau dibuat sayur.

Mengempukkan daging dengan kiwi

Salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging adalah kiwi. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging menjadi cepat empuk. Caranya dengan meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kg daging biasanya diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi dan diamkan selama 1-2 jam sebelum diolah.

Mengempukkan daging dengan pisang

Alternatif lain untuk membuat daging empuk bisa dengan cara memanfaatkan kulit pisang. Kandungan bahan aktif alami di dalam kulit pisang ini ternyata bisa membantu menguraikan protein dalam daging sehingga daging bisa lebih cepat empuk. Hebatnya lagi, kulit pisang juga membuat daging yang diolah tidak kering dan tentu saja tidak merubah cita rasanya.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.