BERANDA » KECANTIKAN » Cara efektif memutihkan ketiak

Cara efektif memutihkan ketiak

| LuviZhea Chandra

Perawatan ketiakMeski termasuk bagian tubuh yang jarang terlihat, ketiak juga perlu mendapatkan perawatan yang istimewa sama halnya seperti anggota tubuh lainnya. Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan ketiak maka ketiak anda akan tetap sehat dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Terlebih lagi jika kulit ketiak anda hitam, tentu anda akan merasa tidak percaya diri ketika menggunakan pakaian yang agak terbuka pada bagian ketiak.

Baca juga: Cara ampuh menghilangkan bau badan.

Faktor penyebab kulit ketiak menghitam

Kulit ketiak menghitam sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

1. Faktor genetik.

Sebagian besar masalah kecantikan memang tidak dapat dipisahkan dari faktor genetik atau keturunan. Coba cek apakah ada anggota keluarga Anda memiliki ketiak hita? Ayah atau ibu yang memiliki kulit ketiak hitam akan mewariskan gen tersebut pada anaknya.

2. Deodorant. 

Penggunaan produk deodoran juga menjadi pemicu utama mengapa kulit ketiak Anda yang putih mulus berubah menjadi gelap dan hitam. Ini dikhususkan jika Anda menggunakan produk deodoran dalam bentuk roll-on.

3. Pencukuran bulu ketiak.

Ketiak Anda berbulu? Bagaimana cara Anda mencukurnya? Mencabutnya atau menggunakan alat cukur? Dengan Anda mencukur berarti Anda menggesekkan suatu benda ke kulit atau permukaan ketiak. Tanpa disadari, hal ini menimbulkan warna hitam pada ketiak apalagi jika pencukuran cukup sering dilakukan.

4. Keringat berlebih.

Ketiak merupakan anggota tubuh manusia yangg menyimpan banyak kelenjar keringat, aktivitas sehari-hari di luar yang membuat Anda berkeringat juga menjadi penyebab timbulnya warna hitam pada ketiak. Apalagi jika mengenakan pakaian yang ketat karena gesekkan saat Anda melepas baju akan menimbulkan noda dan menempel dengan keringat.

Cara mengatasi kulit ketiak yang hitam

Untuk mengatasi masalah kulit ketiak yang hitam sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Namun pada umumnya orang-orang ingin segala hal yang praktis, maka mereka memilih Cara memutihkan ketiak secara instan menggunakan berbagai merk deodorant hingga pergi ke salon atau dokter kecantikan.

Baca juga: Manfaat kopi untuk kecantikan wanita.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk memutihkan ketiak hitam. Walaupun agak repot, sebaiknya Anda memilih cara yang alami karena aman dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut bisa Anda pilih salah satu dari beberapa bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ketiak hitam dan membuatnya putih adalah:

1. Lemon

Kandungan limonin yang terdapat pada lemon merupakan pelembab astrigen yang membantu mencegah kulit menjadi kusam dan mudah terinfeksi oleh jamur dan telah terbukti ampuh menghilangkan flek dan noda, termasuk ketiak hitam. Iris satu buah lemon dan kemudian irisan tersebut digosokkan secara perlahan hingga airnya menempel ke seluruh permukaan ketiak Anda. Pastikan ketiak dalam keadaan bersih sebelum Anda mengoleskannya.

2. Timun dan kunyit

Timun merupakan buah yang sangat ampuh untuk memberi kesegaran pada kulit ketiak dan dapat juga digunakan untuk memutihkan kulit ketiak. Kunyit sudah sangat terkenal dapat digunakan sebagai pemutih alami. Dengan menggunakan ketimun dan kunyit, noda hitam diketiak dapat disamarkan dengan cara menghaluskan ketimun dan mencampurnya dengan bubuk kunyit kemudian oleskan dikedua ketiak. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu.

3. Kentang

Sama halnya dengan Lemon dan mentimun dan kunyit seperti yang Luvizhea.com jelaskan diatas, parutan kentang juga bisa Anda gunakan untuk membasmi noda hitam pada ketiak. Oleskan parutan kentang tersebut secara rutin hingga mendapatkan hasil yang baik.

4. Pasta Gigi

Ambil pasta gigi dan oleskan pada ujung jari Anda. Kemudian oleskan pasta gigi pada daerah kulit ketiak sampai rata dan gosok selama kurang lebih 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Minyak kelapa dan kulit jeruk

Minyak kelapa kaya akan kandungan vitamin E yang cukup banyak dan bermanfaat untuk kecantikan. Vitamin E dapat bermnafaat untuk melembabkan kulit. Apabila vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C maka efeknya akan lebih bagus karena dapat digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan kulit ketiak. Pertama blender kulit jeruk yang sebelumnya telah diberikan sedikit tetesan minyak kelapa. Usahakan untuk tidak diblender sampai halus, biarkan butirannya masih tersisa dan terasa kasar. Kemudian gosokkan pada kulit ketiak Anda.

6. Baking soda

Bukan hanya untuk membuat kue, baking soda juga ampuh untuk dijadikan scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit ketiak, karena sifat basa pada soda. Buatlah pasta dari baking soda dan gunakan untuk scrub diketiak. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Apabila ketiak sudah tampak lebih putih, sebaiknya jangan lagi menggunakan baking soda karena terlalu sering menggunakan baking soda dapat menyebabkan iritasi.

Cara mencegah kulit ketiak menghitam

Ada hal yang harus diperhatikan untuk menghindri kulit ketiak menghitam, diantanya:

  • Alangkah baiknya Anda lebih berhati-hati ketika mencukur bulu ketiak, jangan sampai tergores dan melukai kulit ketiak Anda.
  • Anda bisa mencoba waxing. Waxing adalah metode yang ampuh untuk menghilangkan bulu tanpa pencukuran. Untuk penggunaannya pada ketiak, waxing juga mampu membasmi noda hitam dan menghilangkan sel kulit mati penyebab noda hitam. Lakukan waxing secara rutin baik oleh diri sendiri atau oleh ahli kulit.
  • Usahakan kulit ketiak untuk selalu tetap bersih meskipun sedang beraktifitas.
  • Pakailah deodorant yang mengandung asam linolenat dari minyak biji bunga matahari. Kandungan asam linolenat tersebut dapat bermanfaat untuk mengurangi warna hitam pada kulit ketiak.

Itulah beberapa tips dari Luvizhea.com mengenai cara memutihkan ketiak dengan mudah dan murah.

Baca juga: Cara ampuh memutihkan siku dan lutut yang hitam.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.