BERANDA » KECANTIKAN » Cara ampuh menghilangkan bau badan

Cara ampuh menghilangkan bau badan

| LuviZhea Chandra

bau-badanBau badan tidak hanya akan mengurangi rasa percaya diri, tetapi juga membuat reputasi kita berkurang di mata orang lain. Bau badan disebabkan oleh bakteri dan keringat. Walaupun keringat tidak menimbulkan bau, tapi keringat dapat membantu memperbanyak jumlah bakteri pada tubuh penyebab bau badan. Terlebih saat aktivitas yang kita lakukan sedang sangat tinggi, terkadang untuk mengatasi hal ini banyak diantara kita memakai deodoran.

Baca juga: Manfaat kopi untuk kecantikan wanita.

Membuat deodorant yang aman tanpa iritasi pada kulit secara alami

Dewasa ini memang deodoran merupakan bahan yang banyak digunakan karena penggunaannya yang sangat mudah dan praktis yaitu tinggal di oleskan pada ketiak dan ketiak menjadi harum dan bisa mengurangi produksi keringat berlebih pada ketiak. Deodoran ini banyak dijual di pasaran dengan berbagai macam merk. Tetapi jika Anda ragu dalam menggunakan deodoran kimia tersebut dalam jangka panjang, Anda bisa mencoba membuat sendiri deodoran alami yang juga efektif untuk menghilangkan bau badan dan tentunya lebih aman, seperti:

1. Membuat deodoran dari buah kelengkeng

Selama ini mungkin Anda mengenal kelengkeng hanya sebagai buah yang enak dimakan dan sebagai campuran minuman. Padahal ternyata di dalam kelengkeng terdapat kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat yang sangat penting adalah buah kelengkeng bisa menjadi bahan deodoran alami untuk menjaga bau badan agar tetap segar, tidak asam apalagi berbau kurang sedap.

Cara untuk menjadikan kelengkeng sebagai deodoran alami juga sangat mudah sekali. Ambil 25 gr biji kelengkeng, tambah dengan 9 gram cabe hitam. Tumbuk kedua bahan sampai hancur, kemudian oleskan pada ketiak. Lakukan perawatan ini setiap hari, dan bau badan yang kurang sedap akan menghilang. Cara ini adalah salah satu alternatif untuk Anda yang takut memakai deodoran kimia. Deodoran yang satu ini juga tidak akan meninggalkan bekas putih atau kuning pada baju, sehingga tidak akan mengganggu penampilan saat memakai pakaian kesayangan Anda.

2. Mengunakan Baking Soda sebagai deodoran

Ternyata baking soda bukan hanya untuk bahan campuran pembuatan kue saja. Selain bermanfaat untuk mengobati jerawat, ternyata sifat basa pada baking soda juga dapat menghilangkan bau badan yang cenderung bersifat asam, terutama pada bagian ketiak. Cara penggunaanya adalah cukup dengan mengoleskan baking soda pada ketiak sebelum Anda melakukan aktifitas. Atau Anda bisa mencampur baking soda dengan beberapa tetes minyak essential yang Anda sukai, lalu oleskan sebagai pengganti deodoran, ini cara paling ampuh untuk menghilangkan bau badan Anda.

Perawatan dari “dalam” untuk menghilangkan bau badan

Biasanya, perawatan dan cara mengatasi bau badan dari luar seperti memakai deodoran saja tidak cukup, Anda juga bisa memilih salah satu perawatan dari dalam untuk hasil yang lebih efektif dalam menjaga bau badan Anda agar tetap segar meski banyak berkeringat, seperti yang Luvizhea.com berikan dibawah ini:

1. Mengkonsumsi jamu kunyit asam.

Jamu kunyit asam sudah terkenal turun temuran sebagai obat alami untuk menghilangkan bau badan, terutama orang jawa. Tidak perlu bingung kalau di kompleks rumah tidak ada yang menjualnya, karena kita bisa membuat jamu ini sendiri di rumah.

Siapkan ½ kg kunyit, ¼ gula jawa, ½ kg asam jawa, 2 liter air dan sepucuk teh garam. Parut kunyit lalu ambil sarinya, kemudian rebus perasan kunyit dan tambahkan dengan asam, gula jawa dan garam. Aduk hingga rata dan masak hingga mendidih. Setelah itu, minumlah ramuan ini setidaknya sehari sekali. Kalau masih tersisa, bisa disimpan di dalam lemari es dan diminum keesokan harinya.

2. Mengkonsumsi buah sawo kecik

Jika Anda sudah berusaha dengan berbagai cara untuk menghilangkan bau badan dari mulai mandi sampai sering memakai deodaran, tetapi bau badan masih tetap muncul. Selain buah kelengkeng yang telah Luvizhea.com jelaskan diatas, Ada bisa menggunakan buah sawo kecik atau yang sering disebut sawo Jawa. Buah yang satu ini juga memiliki khasiat yang sangat penting, karena dipercaya mempunyai khasiat sebagai pengharum tubuh yang alami.

Apabila mengonsumsi sawo kecik, tubuh akan menjadi harum. Keringat, nafas, bahkan air kencing orang yang memakan buah ini akan tercium harum. Itulah mengapa putri-putri keraton pada jaman dahulu sangat menggemari buah sawo kecik ini. Sehingga tidak heran jika ditemukan banyak pohon sawo kecik di kompleks keraton yang berada di Solo atau Yogjakarta.

3. Mengkonsumsi buah burahol

Buah burahol atau yang lebih dikenal dengan nama buah kepel, adalah salah satu tanaman khas Jawa. Selain buah sawo kecik, buah ini juga terkenal di kalangan putri keraton karena khasiatnya yang sangat baik untuk menjaga kecantikan.

Salah satu khasiat dari burahol adalah menyegarkan bau badan. Di dalam buah ini juga mengandung banyak antioksidan yang akan membuat kulit tetap awet muda, dan kesegarannya senantiasa terjaga dengan baik. Seperti diketahui, antioksidan adalah salah satu penangkal radikal bebas, sehingga tidak hanya kulit yang awet muda, tetapi tubuh pun akan terjauh dari kanker.

Buah ini memiliki bau yang sangat harum, beberapa menyebutkan bahwa harumnya mirip dengan bunga mawar yang tercampur sawo. Keharuman inilah yang akan keluar dari tubuh usai menyantap buah yang satu ini.

Namun sayangnya, buah ini sudah jarang dijumpai. Salah satu sebabnya adalah karena dulunya buah ini dianggap sebagai buah keraton, sehingga masyarakat awam takut untuk menanamnya. Dan kini orang malas menanamnya karena dianggap tidak memberikan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

4. Mengkonsumsi daun kemangi

Daun kemangi kaya akan kandungan minyak atsiri dan kaya akan kandungan bahan antiseptik yang bisa sangat membantu meghilangkan bau badan kita. Caranya dengan perbanyak konsumsi daun kemangi sebagai lalapan ketika kita makan. Daun kemangi ini juga cocok di konsumsi bagi wanita yang sedang datang bulan, karena daun kemangi sangat efektif untuk mengurangi bau yang kurang sedap pada area kewanitaan.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan secara alami dan tanpa menggunakan parfum. Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan mandi yang teratur minimal 2x sehari di pagi dan sore hari dan gunakan pakaian yang nyaman sehingga Anda bisa lebih percaya diri tanpa bau badan lagi.

Baca juga: Cara efektif memutihkan ketiak yang hitam.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.