BERANDA » KESEHATAN » Cara ampuh mengatasi diare ‘mencret’

Cara ampuh mengatasi diare ‘mencret’

| LuviZhea Chandra

Mengobati diareDiare atau mencret merupakan penyakit pada saluran pencernaan yang menyebabkan sakit perut ‘mulas’ serta buang air besar yang sangat sering dengan komposisi tinja atau feses lebih banyak berupa cairan, kadang juga disertai darah atau lendir. Diare ini bisa menjadi momok saat kita sedang beraktifitas karena membuat kita merasa lemas, tidak nyaman, dan merepotkan karena kita harus bolak balik ke kamar mandi untuk buang air besar.

Baca juga: Bagaimana cara tepat mengatasi diare pada bayi.

Penyebab diare “mencret” pada orang dewasa

Penyebab diare pada orang dewasa biasanya berbeda dengan anak-anak, pada anak-anak biasanya disebabkan oleh virus, sedangkan pada orang dewasa lebih disebabkan oleh bakteri dan faktor lain. Tetapi secara umum diare disebabkan oleh faktor makanan, cuaca, infeksi rotavirus, infeksi bakteri, parasit, jamur, pemakaiaan antibiotik, keracunan makanan, alergi, dan lain sebagainya hingga bisa juga disebabkan oleh faktor psikologis yaitu stres maupun sakit maag. Sedangkan untuk media penularannya yang paling umum bisa melalui 3F, yaitu Finger (jari), Food (makanan) dan Fly (lalat).

Secara medis diare terbagi menjadi dua yaitu akut dan kronik, jika Anda mengalami diare kurang dari 2 minggu biasanya disebut dengan diare akut, sedangkan diare yang dialami lebih dari 2 minggu disebut dengan diare kronik.

Dalam proses diare ini sebenarnya ada mekanisme tubuh mengeluarkan racun, bakteri, virus, dan kontaminasi lainnya terhadap makananan yang kita makan dari dalam usus. Jadi biasanya diare tersebut tidak boleh dihentikan, karena ibarat kata, “mencoba menghentikan diare dengan obat, sama saja seperti menyumbat saluran pipa, sehingga aliran yang akan keluar bisa berbalik dan bisa memperburuk saluran tersebut”. Oleh karena itu, cukup dengan penanganan yang tepat, diare akan berhenti dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Baca juga: Cara mengatasi sakit maag.

Tips dan cara mengobati diare “mencret” pada orang dewasa

Berikut cara mengatasi diare pada orang dewasa dari Luvizhea.com:

1. Banyak minum

Yang pertama yang harus Anda lakukan dalam mengatasi diare adalah banyak-banyak meminum air putih, hal ini untuk menghindari Anda dari dehidrasi karena semua cairan tubuh keluar bersamaan dengan buang air besar, jadinya tubuh akan menjadi lemas. Selain meminum air putih, Anda juga bisa meminum, teh hitam tawar atau larutan oralit untuk menghentikan diare, jangan susu. Walaupun susu adalah minuman sehat, tapi bila Anda dalam keadaan diare, lebih baik jangan mengkonsumsi susu atau produk olahan dari susu. Meminum susu ini justru akan memperburuk keadaan dari diare Anda. Namun hal ini tidak berlaku untuk susu yogurt, sebab yogurt mengandung bakteri sehat yang mampu menyehatkan pencernaan Anda.

2. Cuka apel

Cuka apel adalah ramuan tradisional yang ampuh mengatasi diare atau mencret, caranya sangat mudah, cukup mencampur beberapa tetes air cuka apel ke dalam air putih, dan meminumnya. Lakukan cara ini secara berkala untuk mengatasi diare.

3. Buah dan daun jambu biji

Tanaman jambu biji ini juga sudah terkenal ampuh dan manjur dalam mengobati diare secara alami dan cepat. Anda bisa memakan secara langsung buah jambu biji yang masih muda atau mengkonsumsi pucuk daun jambu biji tersebut bersama dengan garam dapur. Obat tradisional diare ini akan bekerja secara langsung untuk menghentikan rasa sakit di perut.

4. Kunyit dan kapur sirih

Kunyit sejak dulu dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diare. Caranya adalah 2 jari kunyit di iris tipis, kemudian direbus dalam 1 gelas air hingga tersisa 1/3 gelas. Tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih, aduk hingga rata. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum. Lakukan pengobatan ini tiga kali sehari.

Catatan :

  • Perbanyak istirahat.
  • Hindari buah-buahan berserat dan bersifat pencahar seperti buah mangga, minuman bersoda, kafein, dan alkohol.
  • Jangan menggunakan obat-obatan anti diare tanpa resep dokter, terutama saat Anda sedang hamil. Segera kedokter jika diare disertai berdarah, demam tinggi, atau tanda-tanda lain dari penyakit serius.
Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.