BERANDA » KESEHATAN » Cara alami mengobati asam urat

Cara alami mengobati asam urat

| LuviZhea Chandra

Luvizhea - Asam uratPenyakit asam urat adalah jenis Artritis yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku. Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan.

Pantangan untuk penderita asam urat

Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan aterosklerosis. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. Bila dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal. Perubahan gaya hidup, konsumsi obat tertentu dan menghindari makanan yang berkadar purin tinggi dapat mengendalikan asam urat.

Berikut adalah makanan tinggi purin yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Ingat bahwa masing-masing orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan. Makanan yang sangat cepat menimbulkan serangan asam urat pada satu orang belum tentu menimbulkan efek yang sama pada yang lainnya.

  • Alkohol dan softdrinks
  • Melinjo dan emping
  • Kacang-kacangan
  • Jamur, bayam matang, dan sawi
  • Daging kambing
  • Jeroan dan lemak
  • Kerang-kerangan
  • Bebek dan kalkun
  • Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, dan beberapa ikan lainnya
  • Krim dan Es krim
  • Coklat

Beberapa hal berikut dianjurkan untuk mengurangi asam urat:

  • Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang rasa sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya)
  • Perbanyak minum air putih– terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.
  • Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti: Sayuran dan buah- buahan, Kentang, Alpukat, Susu dan yogurt, Pisang.
  • Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry.
  • Aktif secara seksual (Berita bagus! Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat).
  • Konsumsi salah satu Obat alami yang dapat menyembuhkan asam urat.

Mengobati asam urat secara tradisional

Berikut ini Luvizhea.com hadirkan beberapa Obat Asam Urat Tradisional yang bisa anda Anda pilih dan Anda coba, dimana tanaman tersebut mudah ditemukan di sekitar Anda, Lebih aman tanpa bahan kimia buatan dan tanpa efek samping. Mudah-mudahan informasi ini nantinya dapat bermanfaat bagi Anda, khususnya untuk menyembuhkan penyakit Asam Urat yang sedang Anda atau keluarga Anda derita.

1. Obat Asam Urat Tradisional Dengan Sidaguri ( Sida rhombifolia )

Gambar Daun SidaguriDikenal dengan nama daerah Guri, Siliguri, Kahindu, Sadagori, Otok-otok atau Bitumu. Kandungan kimia yang sudah diketahui adalah Alkaloid, Kalsium Oksalat, Tannin, Saponin, Fenol, Asam Amino, minyak Atsiri, zat Phlegmatic untuk Ekspektoran, dan Lubrikan. Akarnya mengandung Alkaloid, Steroid dan Aphredine. Sidaguri memiliki rasa manis, sedikit panas dan sejuk. Dalam pengobatan, Sidaguri digunakan sebagai antiradang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit. Bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya.

Cara meramu Sidaguri menjadi Obat Asam Urat:

Rebus 15-30 gram herba kering atau 30-60 gram herba basah Sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, minum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas. Apabila menggunakan akar, dosisnya 10-15 gram.

2. Obat Asam Urat Tradisional Dengan Sambiloto ( Adrographis panniculata )

Gambar Daun SambilotoAslinya merupakan tanaman dari India . Di beberapa daerah sambiloto dikenal juga dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh bagian tanaman.

Cara meramu Sambiloto menjadi Obat Asam Urat:

Cuci bersih dan rebus Seluruh bagian tanaman Sambiloto kering 10 gram, rimpang Temulawak kering 10 gram, daun Komfrey 5-10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

3. Obat Asam Urat Tradisional Dengan Kumis kucing ( Orthosiphon aristatus )

Gambar Daun Kumis KucingJuga telah lama dikenal sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokan dan anak sungai, namun sekarang tidak sedikit orang yang gemar menanamnya di pekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan Sinsetin-nya bersifat sebagai Antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa Orthosiphonin Glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Cara meramu Kumis Kucing menjadi Obat Asam Urat:

Cuci bersih 10 gram daun Kumis Kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram Meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram Sawi Tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram Jahe Merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram Kapulaga kering. Memarkan Jahe Merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing 3/4 gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

4. Obat Asam Urat Tradisional Dengan Daun Salam (Eugenia polyanta)

Gambar Daun SalamDikenal masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak karena memiliki keharuman yang khas yang bisa menambah kelezatan kuliner nusantara. Daun salam rasanya kelat dan bersifat astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak Atsiri, Tannin dan Flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya juga berkhasiat sebagai obat.

Cara meramu Daun salam menjadi Obat Asam Urat:

Rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Baca juga: Cara mengobati sakit gigi.

Bagikan ini ke:
Silahkan klik
untuk selalu terhubung dengan kami via Facebook, sehingga apabila ada pertanyaan dari Anda disini, akan dijawab langsung oleh LuviZhea.